Dari sekian banyak motor tipe sport yang ada di Indonesia, Yamaha Vixion jadi salah satu model yang berusia panjang. Motor ini pertama kali hadir tahun 2007 dengan membawa beragam hal baru untuk konsumen.
Pertama, Yamaha Vixion adalah motor sport injeksi pertama yang dijual resmi di Indonesia. Kemudian teknologi mesin berkubikasi 150 cc miliknya, disokong empat buah katup dan andalkan pendingin cairan.
Hingga tahun 2021 ini, Yamaha Vixion masih jadi andalan Yamaha untuk segmen motor sport 150 cc. Terlebih mereka juga memiliki varian baru yakni Yamaha Vixion R 2021.
Yamaha Vixion R 2021 ibarat serigala berbulu domba. Penampilannya terlihat elegan, kalem dan juga sporty. Namun motor ini ibarat serigala kala melihat spesifikasi mesin yang digunakan.
Yup, sebuah jantung mekanis yang sama dengan milik Yamaha R15. Tampang lembutnya menipu mata karena ini adalah sebuah motor sport tulen dengan balitan baju berbeda.
Sosok Yamaha Vixion R sejatinya merupakan pengembangan dari generasi kelima Yamaha Vixion. Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, ingin memberikan sesuatu yang berbeda untuk konsumen lewat sosok Yamaha Vixion R ini.
Maka jika dilihat, memang tak ada beda fisik dari Yamaha Vixion tanpa R. Sosoknya terlihat elegan dan modern. Garis cover bodi samping sampai tangki bahan bakarnya yang seperti anak panah menjadi ciri khas.
Buritan yang menekuk manis dan tipis memanjakan mata. Tapi saat melihat emblem jelas ini adalah motor yang berbeda, terlebih melihat sektor kaki-kaki yang lebih gagah dengan lengan ayun alumunium serta pelek multi spoke.
Yamaha Vixion R 2021 dilepas dengan harga Rp 31,63 juta on the road Jakarta. Pilihan warnanya tak terlalu banyak, cukup dua saja yakni matter red dan matte grey.
Spesifikasi Yamaha Vixion R 2021 | |
Dimensi (PxLxT) | 1.990 x 725 x 1.135 mm |
Sumbu Roda | 1.325 mm |
Jarak Terendah | 155 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 815 mm |
Berat Isi | 137 kg |
Kapasitas Tangki | 11 liter |
Tipe Rangka | Deltabox |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Monosok |
Ban Depan | 100/80-17 |
Ban Belakang | 140/70-17 |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Cakram |
Berbeda jauh dengan generasi sebelumnya, Yamaha Vixion R yang masuk generasi kelima ini membawa desain yang lebih elegan dan nampak lembut. Bukan lagi dengan garis agresif dengan banyak lekuk tajam nan gagah.
Siluet bodi menekuk lembut dan nampak jinak, seperti seekor domba. Kesan modern ditonjolkan lewat penggunaan lampu depan yang sudah LED, dengan shape batok lampu yang keren.
Tangki bahan bakar nampak besar dengan shroud tangki serta cover bodi samping yang seolah menjadi satu kesatuan. Jangan lupakan rangka jenis deltabox yang ditonjolkan ikut memberi kesan kokoh.
Mengarah menuju buritan, bagian ini dibuat menekuk naik tanpa ada patahan garis bodi. Paduan cover bodi halus dan bodi kasar menghiasi buritan motor, dengan kawalan lampu belakang LED yang ramping.
Yamaha secara pintar mampu menempatkan assist grip atau biasa disebut behel secara tersembunyi, sehingga memberikan kesan clean pada bagian belakang motor. Trik seperti ini juga terdapat pada Yamaha Aerox 155 Connected 2021.
Motor ini sudah memiliki panel instrumen digital yang identik dengan Yamaha R15 dengan beragam informasi lengkap, termasuk sapaan 'Hi Bro' saat kunci kontak diputar ke posisi ON. Jangan lupakan shift light untuk pengingat menaikkan gigi transmisi.
Kunci kontak masih mengandalkan pengaman magnet dan tak ada opsi dengan kunci keyless. Di area setang Anda akan menemukan switch untuk lampu hazard. Untuk lampu depan-belakang sudah LED, kecuali lampu sein masih andalkan bohlam.
Penampilan mewah dari Yamaha Vixion R justru berbanding terbalik saat melongok area kaki-kaki. Bagian ini secara gamblang menginformasikan kalau ini bukan Yamaha Vixion biasa.
Penggunaan pelek multi spoke, rem cakram ganda, dan lengan ayun alumunium yang besar dan kokoh menggambarkan ini adalah Yamaha R15 2021 tanpa balutan cover bodi. Ya, komponen ini memang identik dengan motor sport fairing Yamaha tersebut.
Terkait desain ini memanglah soal selera, ada yang suka ada pula yang tidak. Namun dengan penampilannya yang elegan dan modern, menggunakan motor ini untuk sehari-hari rasanya bisa dicoba.
Kinerja mesin optimal bisa dirasakan pengguna Yamaha Vixion R berkat mesin 155 cc, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan. Jantung mekanis ini mengandalan forged piston dan diasil cylinder yang lebih awet, kuat dan ringan.
Jantung pacu ini andalkan piston ukuran 58 mm dan langlah piston 58,7 mm. Karakter mesin ini square yang memiliki output tenaga dan torsi rata dari putaran rendah, tengah sampai tinggi.
Keluaran tenaganya diangka 19,3 PS @ 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @ 8.500 rpm. Katup VVA (variable valve actuation) akan menjaga performa mesin tetap stabil disetiap putaran mesin.
Tidak ada pengurangan tenaga dan torsi mesin untuk Yamaha Vixion R dari Yamaha R15. Jangan lupakan juga paduan transmisi enam percepatan dan sematan Assist & Slipper Clutch yang memudahkan pengendara mengendalikan motor.
Atas dasar itulah kenapa kami menyebutkan Yamaha Vixion R ini serigala berbulu domba, karena dibalik sosoknya yang elegan terdapat performa luar biasa. Untuk penggunaan harian dan touring, tentu akan sangat menyenangkan.
Lawan paling pantas untuk motor ini adalah Honda CB150R Streetfire 2021, karena berada disegmen yang sama meski secara harga Yamaha Vixion R lebih tinggi, dengan Rp 31,63 juta berbanding Rp 29,227 juta (tipe tertinggi).
Menyoal penampilan, kembali kepada selera Anda sebagai calon pembeli pastinya. Namun mari kita lihat dari sisi performa, dimana bagian ini merupakan faktor penting untuk sebagian orang.
Seperti disebutkan di atas, Yamaha Vixion R menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha R15, yang memiliki output 19,3 PS @ 10.000 rpm serta torsi 14,7 Nm @ 8.500 rpm. Sedangkan Honda CB150R Streetfire memiliki tenaga 16,9 PS @ 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm @ 7.000 rpm.
Perbandingan spesifikasi mesin kedua motor ini bisa Anda lihat pada tabel di bawah.
Yamaha Vixion R 2021 | Honda CB150R Streetfire 2021 | |
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan | 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan |
Jumlah Silinder | 1 | 1 |
Kapasitas Mesin | 155,1 cc | 149,6 cc |
Diameter x Langkah | 58 x 58,7 mm | 57,3 x 57,8 mm |
Rasio Kompresi | 11,6 : 1 | 11,3 : 1 |
Tenaga Maksimal | 19,3 PS @ 10.000 rpm | 16,9 PS @ 9.000 rpm |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 8.500 rpm | 13,8 Nm @ 7.000 rpm |
Transmisi | Manual, 6 speed | Manual, 6 speed |
Untuk motor sport yang bisa dipakai sehari-hari Yamaha Vixion R 2021 bisa menjadi pilihan bijak. Handling yang ringan dan lincah akan sangat membantu untuk menyelinap di jalanan kota yang padat.
Performa mesin yang stabil dan kuat juga pastinya menyenangkan untuk digunakan. Bahkan jika sesekali Anda melakukan perjalanan jauh dapur pacu bawaan motor masih sangat mumpuni.
Namun semuanya harus ditebus dengan nominal yang sedikit lebih mahal dari kompetitor. Tapi pastinya ada harga ada rupa, dan uang tentu tak akan pernah bohong bukan?