Berburu Motor Bebek Termurah di Tanah Air, Ini Dia Pilihannya

Segmen motor bebek, mungkin saja kian tenggelam diantara penyebaran skutik dan juga motor sport. Meski begitu, kategori ini tidaklah benar-benar terpuruk di bagian terbawah. Ketersediaan si produk di etalase pabrikan, menandakan bahwa pasar motor bebek masih ada kendatipun sedikit. 

Hampir setiap pabrikan menghadirkan motor bebek untuk dipilih masyarakat. 

Honda Revo Fit

Dari PT Astra Honda Motor (AHM) misalnya. Terdapat enam model motor bebek Honda yang ditawarkan kepada masyarakat. Sebut saja Honda Revo Fit, Honda Revo X, Honda Supra X, Honda Supra GTR, Honda Super Cub C 125 hingga Honda CT125. 

Ketika mengerucut ihwal harga, Honda Revo Fit tercatat punya banderol paling murah. Oleh pihak pabrikan, harga motor bebek Honda ini dituliskan Rp15,110 juta (on the road Jakarta).

Sebagaimana yang terlihat sekarang, produk ini tetap eksis meski sudah diproduksi sejak 2007 silam. Honda Revo Fit sendiri sejatinya edisi termurah dari Honda Revo X. Secara desain, keduanya diramu serupa. Begitu pula mengenai sistem penerangan berupa bohlam. Namun, kesan konservatif Honda Revo Fit lebih kental lantaran menggunakan pelek jari-jari sebagai rumah roda depan dan belakang. 

Honda Revo Fit melengkapi dirinya dengan panel meter full analog dan sistem kunci berpengaman magnet saja. Sesuatu yang memang tak bisa dibilang istimewa. Tapi, jangan ragukan soal utilitasnya. Pelek jari-jari padanya itu tentu memiliki durabilitas lebih baik ketimbang pelek palang. Kaki-kaki Honda Revo Fit kemudian didukung fork teleskopik dan sepasang shock absorber.

Baca juga: Honda Revo 2021 Kena Update Total di Thailand, Pakai Mesin Baru Iritnya Tembus 76,9 Km/liter!

Honda Revo Fit menjadi lini terbawah di kategori motor bebek Honda.

Satu-satunya modernitas pada Honda Revo Fit ialah usungan mesin injeksi berkapasitas 109,17 cc. Jantung mekanis dengan racikan bore x stroke: 50 x 55,6 mm dan rasio kompresi 9,3:1 menyemburkan performa cukup moderat. Tenaga yang dihasilkannya 8,91 PS @7.500 rpm dan torsi 8,76 Nm @6.000 rpm. Keseluruhan ouput tersebut tersalur ke roda belakang via transmisi empat percepatan.

Bukan saja soal performa, Honda Revo Fit juga diklaim punya konsumsi bahan bakar yang irit. Efisiensinya dikatakan mencapai 59,8 kpl. Tangki bensin Honda Revo Fit sendiri dipatok 4 liter. Sementara bagasi yang bersanding di sebelahnya bermuatan maksimal 7 liter. 

Yamaha Vega Force

Yamaha Vega Force menjadi motor bebek termurah dibanding Yamaha Jupiter Z1, Yamaha Jupiter MX 150 dan Yamaha MX King. Serupa dengan Honda Revo Fit, motor ini juga masih diniagakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Harga Yamaha Vega Force dipatok Rp16,955 juta, lebih mahal ketimbang kompetitor. 

Secara tampilan, Yamaha Vega Force punya komposisi peneerangan serupa dengan sang rival. Menyematkan lampu utama pada batok setang dan lampu sein di bodi depan yang sepenuhnya masih bohlam. 

Namun, bebek kepunyaan Yamaha punya desain lebih sporty berkat pengaplikasian pelek palang. Yap, itu saja perbedaan pada struktur kaki-kaki. Serupa Honda Revo Fit, Yamaha Vega Force juga memakai suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang ganda. 

Yamaha Vega Force sudah menggunakan pelek racing sebagai perlengkapan standar. 

Baca juga: Cek Harga Motor Bebek Awal Tahun, Dari Rp 10 Jutaan Sampai Rp 75 Juta

Lain hal kala merujuk ke ranah jantung mekanis. Mesin Yamaha Vega Force punya kapasitas total 114 cc dan sudah injeksi. Diameter dan langkah piston disetel 50 x 57,9 mm serta rasio kompresi 9,3:1. Alhasil, tenaga yang dihasilkannya mencapai 8,7 PS @7.000 rpm dan torsi 9,53 Nm pada putaran 5.500 rpm (via transmisi empat percepatan). 

Kelebihan lain Yamah Vega Force juga terletak pada kapasitas bagasi. Ruang penyimpanan di bawah joknya mampu menampung barang bawaan maksimal sebanyak 9,2 liter. Ya, terpaut 2,2 liter dari kemampuan bagasi Honda Revo Fit. 

Suzuki Smash R FI

Tak hanya Honda dan Yamaha, Suzuki pun memiliki motor bebek termurah yaitu Suzuki Smash R FI. Motor ini dilegonya dengan harga Rp16,1 juta. Seperti para jenama Jepang lainnya, Suzuki Smash ini juga mengusung pola penerangan serupa. Begitu pula dengan rancang kaki-kaki. 

Kendati begitu, Suzuki Smash R FI punya desain tubuh lebih aerodinamis. Hal ini terlihat pada cover bodi depan yang cenderung landai. Lantaran menjadi versi termurah dari Suzuki Smash SR FI, pelek Suzuki Smash R FI hanyalah berupa jari-jari. 

Suzuki Smash R FI juga mengedepankan mesin SOHC 4-tak dengan pengabutan injeksi berkapasitas 113 cc. Output dari masing-masing pencapaian sebesar 9,3 PS pada 8.000 rpm dan 9,1 Nm di putaran 6.000 rpm. Torehan tersebut dicapainya melalui transmisi empat percepatan. 

Suzuki Smash R FI memiliki kapasitas tangki bensin paling kecil.

Baca juga: Honda Supra X 125 dan Sejenisnya Mulai Dilupakan, Simak Keunggulan Motor Bebek Dibandingkan Skutik

Ketimbang Honda Revo Fit, Suzuki Smash R FI punya bagasi lebih besar yaitu 8 liter. Hanya saja, produk buata PT Suzuki Indomobil Sales ini cuma punya tangki bensin bermuatan 3,7 liter. Yap, paling kecil dibanding Honda Revo Fit maupun Yamaha Vega Force. 

Viar Star-NX

Dibanding ketiga pabrikan sebelumnya, Viar Star-NX ternyata menjadi motor bebek paling murah di Tanah Air. Secara eksistensi masih tergolong baru karena Viar Star-NX baru dirilis 2020 lalu. Salah satu penggoda utama Brand dari Semarang, Jawa Tengah terlihat dari harga yang ditetapkan. Bagaimana tidak, Viar Star-NX dijual dengan harga Rp10 jutaan saja. 

Tampang Viar Star-NX boleh dibilang paling sporty ketimbang motor bebek di atas. Tengok saja bentuk tubuh serta padanan sistem penerangan di bagian wajahnya. Kesan tersebut lantas difinalisasi pelek palang sebagai pendongkrak tampilan. 

Viar Star-NX, motor bebek termurah namun punya mesin paling kecil.

Baca juga: Kena Potongan Rp7 Jutaan, Ini Lima Alasan Membeli Honda Super Cub C125

Sayang, Viar Star-NX menjadi pemilik mesin terkecil yaitu 100 cc saja. Di atas kertas, mesin SOHC dengan ramuan bore x stroke: 50 x 49,5 mm itu hanya sanggup menorehkan daya 6,7 PS @8.000 rpm dan torsi puncak 6,7 Nm pada putaran 5.500 rpm. Meski secara spesifikasi mesin kalah, setidaknya harga termurah ini menjadi penggoda untuk masyarakat. 

Kesimpulan

Meski sekarang ini bukan produk populer, motor bebek tetap memiliki tempat di hati masyarakat. Utamanya bagi mereka yang memerhatikan betul utilitas dari sebuah kendaraan. Dengan rancang bangun yang dimiliki, kebutuhan tersebut dapat diakomodasi oleh motor bebek. 

Bukan cuma itu, kemudahan perawatan juga menjadi nilai tambah atas pemilihan sebuah motor bebek. Belum lagi soal durabilitas yang terkenal bandel, namun efisien. Dari pemilihan motor bebek termurah di atas, mana yang menjadi pilihan Anda?  


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Revo
Lihat