Ditilang Polisi karena Knalpot Bising, Pemotor Ducati Sambangi Polda Metro Jaya

Belakangan ini, pihak kepolisian terus menggalakkan penertiban penggunaan knalpot racing pada kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan dari knalpot tersebut menimbulkan kebisingan saat digunakan.

Di tengah gencarnya giat tersebut, ada kejadian menarik di lapangan dan terjadi pada akhir pekan lalu (6/6). Seorang pengendara sepeda motor Ducati di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat ditilang oleh polisi lantaran dianggap menggunakan knalpot racing. Padahal, knalpot yang digunakan merupakan standar dari pabrikan alias belum diganti dengan produk aftermarket.

Bikin heboh! Polisi tilang Pengguna Ducati dengan knalpot standar. Foto: Istimewa

Apa yang dilakukan petugas kepolisian di lapangan hanya sebatas menjalankan regulasi dan aturan yang berlaku sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas No.22 Tahun 2009. Namun, untuk beberapa hal memang masih ada kesimpangsiuran informasi antara regulasi dan penerapan di lapangan.

Polisi Tilang Pengguna Knalpot Standar

Namun, apa mau dikata. kejadian itu pun langsung heboh di jagad dunia maya. Pasalnya, pihak kepolisian menindak pemotor Ducati SF V4S yang notabene menggunakan knalpot motor asli bawaan pabrik. Meski sempat menolak, sang pengendara yang diketahui bernama Ricky menerima 'surat cinta' dari polisi tersebut. 

Setelah itu, Ricky mendatangi Satuan Patroli Pengawalan (Satpatwal) Polda Metro Jaya. Di sana, bikers ini menjelaskan bahwa apa yang disangkakan oleh petugas di lapangan tidak benar dan motor Ducati yang dikendarai masih menggunakan knalpot standar.

Pemilik Ducati mendatangi Satpatwal Polda Metro Jaya dan menyatakan keberatan atas penilangan tersebut.

“Pembelajaran bagi semua pihak bahwa kejadian tilang di lapangan yang dirasa kurang sesuai,dapat diselesaikan dengan mendatangi kantor petugas yang menilang,” tulis Ricky dalam postingan di media sosialnya, Senin (7/6/2021).

Selain itu, menurutnya jika memang ada kejadian seperti itu bikers tidak perlu berapi-api untuk berdebat dengan petugas di lapangan. Jika memang tidak sesuai, hal yang harus dilakukan menurut Ricky adalah mencari kejelasan serta memberikan informasi sebenar-benarnya terkait apa yang terjadi saat itu.

“Jelaskan kronologi, tak perlu berapi-api, santai saja, pasti dilayani. Apabila terbukti bahwa ada penindakan yang luput dari petugas, maka ganjarannya adalah penghapusan sanksi atau denda,” tambah Ricky.

Begini Penjelasan Pihak Satpatwal 

Setelah mendatangi markas polisi tersebut, akhirnya menurut penuturan Ricky permasalahan pun selesai. Adapun pihak dari Satpatwal ini diwakilkan oleh Kompol Harnas, yang memberikan penjelasan bahwa jika memang ada yang tidak beres, maka bisa diklarifikasi secara langsung di markas Satpatwal Polda Metro Jaya.

“Boleh sekali datang, datanya dibawa dan kendaraannya dibawa. Dan melakukan klarifikasi dengan kita, apa yang perlu disampaikan, silakan disampaikan. Kalau memang ada yang luput dari kami, bisa kita selesaikan dengan baik,” jelas Kompol Harnas, dalam video yang diunggah oleh Ricky di sosial medianya.

Waspada Terhadap Tilang Elektronik

Anda juga harus paham kamera ETLE memantau gerak gerik Anda di jalan raya. 

Tak melulu soal razia knalpot, pemotor juga mesti waspada dengan penerapan tilang elektronik. Oleh karena itu, biasakan diri untuk patuh terhadap rambu-rambu dan peraturan lalu lintas yang berlaku. Jika pun kedapatan melakukan pelanggaran via kamera pengawas, pihak kepolisian akan mengirimkan surat tilang ke alamat tertera di STNK (surat tanda nomor kendaraan). 

Surat akan disertai dengan foto bukti pelanggaran, jenis pasal yang dilanggar, lokasi serta waktu kejadiannya. Anda juga mendapatkan link dan kode referensi hingga pemberitahuan mengenai tenggang waktu untuk melakukan konfirmasi. 

Harus dipahami juga. Posko Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) buka mulai dari Senin – Sabtu. Meski demikian, untuk jam operasionalnya sendiri, Senin sampai Jumat loket buka mulai pukul 08:00 sampai 16:00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, loket akan tutup lebih cepat karena hanya beroperasi sampai pukul 14:00 WIB.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor