window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

5 Hal Menarik Kawasaki Versys X 250, Lawan Tangguh KTM 250 Adventure

Ary · 30 Agu, 2021 16:30

KTM 250 Adventure 2022 segera meluncur di Tanah Air. Tentu saja bukan sebagai pemain tunggal, mengingat Honda CRF 250 Rally sudah siap menantikan kedatangannya. Namun, perlu diingat juga bahwa segmentasi yang diterapkan pada motor KTM (adventure) itu juga diaplikasi oleh Kawasaki Versys-X 250 2022. 

Jikapun disandingkan, Kawasaki Versys-X 250 lah yang paling ideal diadu dengan KTM 250 Adventure 2022. Lantas, apa yang membuat pemain lama ini layak diselisik? Berikut 5 hal menarik Kawasaki Versys-X 250 2022, lawan tangguh KTM 250 Adventure. 

Kawasaki Versys-X 250 2022

Kawasaki Versys-X 250 2022 menantikan kedatangan KTM 250 Adventure 2022.

Baca juga: Torsinya Galak, KTM 250 Adventure Cocok Lawan Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys-X 250

1. Desain khas motor adventure

Seperti penyebutan di awal, kepantasan menarungkannya dengan KTM 250 Adventure terlihat dari perawakan Versys-X 250 2022 yang memiliki desain khas motor adventure. Tengok saja bagian penggunaan desain bodi depan yang tebal. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pihak pabrikan juga melengkapinya dengan windscreen menjulang, hand guard serta bracket untuk menaruh menaruh boks motor. Bukan cuma itu. Pada bagian depan juga tampak adanya crash bar. Item itu bukan saja bertugas melindungi bagian mesin dari benturan benda keras. Keberadaannya juga ditujukan untuk mengamankan kaki si pengendara. 

2. Posisi berkendara bersahabat

Orientasi penggarapan Kawasaki Versys-X 250 2022 untuk pasar Tanah Air pun dipertegas lewat posisi berkendara yang bersahabat. Di atas kertas, ketinggian joknya hanya 815 mm, sementara ground clearance terhitung 180 mm saja. 

Sedangkan pada KTM 250 Adventure 2022, jok pengendara diatur hingga 855 mm. Jarak kolongnya pun ikut jenjang karena disetel 200 mm. Yap, motor KTM memang terkesan lebih aman saat melewati medan dengan bebatuan terjal. penghitungan kedua hal pada Kawasaki Versys-X 250 itu, rasanya sudah lebih dari cukup bukan? 

Posisi Berkendara Kawasaki Versys-X 250 2022

Kawasaki Versys-X 250 2022 memiliki jok dan ground clearance lebih rendah.

Baca juga: Plus-Minus KTM 250 Adventure 2022, Calon Pendatang Baru Yang Lebih Murah dari Honda CRF 250 Rally 2022

3. Tangki bensin lebih besar

Memang ada konsekuensi. Walau punya jarak pijak lebih rendah, Kawasaki Versys-X 250 punya bobot lebih berat. Dari data spesifikasi, motor adventure Kawasaki ini memiliki timbangan mencapai 173 kg. Berat tubuhnya itu terpaut lumayan banyak dari KTM 250 Adventure yang cuma 156 kg. 

Akan tetapi, keunggulan Kawasaki Versys-X-250 2022 terletak pada kapasitas tangki bensin yang lebih banyak. Dirinya mampu menampung BBM sebanyak 17 liter, sementara KTM 25 Adventure cuma 14,5 liter saja. 

4. Tenaga Kawasaki Versys-X 250 lebih besar

Performa mesin Kawasaki Versys-X 250 2022 mengandalkan mesin DOHC 8 katup dua silinder berkapasitas 249 cc. Dari mesin tersebut Kawasakiu Versys-X 250 sanggup menorehkan tenaga sebesar 34 PS @11.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal, tercatat 21,7 Nm pada putaran 10.000 rpm. 

Mesin Kawasaki Versys-X 250 2022

Dengan mesin dua silindernya, Kawasaki Versys-X 250 2022 diuntungkan karena memiliki tenaga lebih besar.

Baca juga: KTM 250 Adventure 2022 Dijual lebih Murah, Sanggup Lawan Honda CRF250 Rally?

Dibandingkan sang rival, Kawasaki Versys-X 250 2022 memiliki catatan tenaga lebih besar. Namun, KTM 250 Adventure 2022 dengan mesin satu silindernya, diunggulkan dalam hal torsi yang lebih membuncah. Dari sisi performa ini, baik Kawasaki Versys-X 250 maupun KTM 250 Adventure sama-sama memiliki plus-minus. Namun pencapaian output keduanya juga dioptimasi oleh ketersediaan assist and slipper clutch. 

5. Harga tak semahal KTM 250 Adventure 2022

Menilik dari situs resmi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Kawasaki Versys-X 250 2022 dijual dengan banderol Rp69,8 juta (on the road Jakarta). Harga ini tak semahal KTM 250 Adventure yang diperkirakan bakal dilego Rp 77 juta.

Perlu diingat juga, meski lebih murah Rp7,2 juta, pembeli Kawasaki Versys-X 250 tidak mendapatkan fitur ABS (antilock braking system) seperti kelengkapan standar KTM 250 Adventure 2022. Tapi, apakah pecinta cross country membutuhkan sensor pengereman tersebut? 

Kesimpulan

Lantaran punya desain selevel, Kawasaki Versys-X 250 tetap bisa menjadi pilihan kendati KTM 250 Adventure datang. Toh dari posisi berkendara, ia lebih ramah untuk pengendara di Tanah Air. Tenaga dari mesin dua silindernya pun lebih besar ketimbang si kompetitor baru. Dan yang pasti, harganya tidak semahal KTM 250 Adventure. 

Spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 2022
Dimensi
P x L x T 2.170 x 940 x 860 mm
Sumbu Roda 1.450 mm
Jarak Terendah 180 mm
Tinggi Jok 815 mm
Berat Isi 173 kg
Kapasitas Tangki 17 liter
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 8 katup, injeksi
Kapasitas 249 mm
Diameter x Langkah 62.0 x 41.2 mm
Rasio kompresi 11,3 : 1
Tipe Pendingin Cairan
Tenaga Maksimal 34 PS  @11.500 rpm
Torsi Maksimal 21.7 Nm @10.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone
Suspensi Depan 41 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock
Rem Depan Single 290 mm petal disc
Rem Belakang Single 220 mm petal disc
Ban Depan 100/90-19M/C 57S
Ban Belakang 130/80-17M/C 65S

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });