window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cara Benar Mengecek Kondisi Kampas Rem Honda Vario 150

Nussa · 10 Jan, 2021 09:32

Cara Benar Mengecek Kondisi Kampas Rem Honda Vario 150 01

Honda Vario 150 dibekali mesin dengan performa yang tinggi. Untuk itu, penting sekali memiliki sistem pengereman yang baik untuk bisa mengimbangi performa mesin. Rem merupakan komponen keselamatan pada sepeda motor yang berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju putaran roda.

Sehingga, kendaraan bisa melambat dan berhenti saat diperlukan. Rem yang digunakan pada Honda Vario ada dua, yakni rem cakram untuk bagian depan dan rem tromol untuk bagian belakang.

Baik rem cakram atau rem tromol, sama-sama bergantung pada kondisi kampas rem. Pada rem cakram, laju putaran roda diperlambat dengan cara menjepit cakram dengan kampas rem. Sementara pada rem tromol, kampas rem akan menekan dinding tromol pada pelek.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Cara Benar Mengecek Kondisi Kampas Rem Honda Vario 150 01

Rem yang termasuk komponen keselamatan ini perlu diperhatikan kondisinya. Seiring usia pakai, tentu performa pengereman juga akan berkurang. Maka itu, pemilik Honda Vario juga perlu mengetahui bagaimana cara mengecek kondisi kampas rem. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Muncul Suara Berdecit saat Melakukan Pengereman

Suara decit bisa saja muncul saat terjadi gesekan kampas dengan cakram, jika kondisi kampas sudah mulai menipis atau bahkan habis. Selain itu, suara berdecit juga bisa muncul saat permukaan kampas rem kotor atau basah atau bisa juga saat kampas rem mulai mengeras.

2. Jarak Tarik Tuas Rem Jadi Lebih Dalam

Tuas rem akan lebih dalam saat ditarik jika kampas rem sudah mulai menipis. Kondisi ini terjadi pada rem tromol. Kampas rem pada Honda Vario yang sudah menipis akan membuat jarak kampas rem dengan dinding tromol semakin besar. Sehingga, tuas rem akan semakin jauh saat ditarik.

3. Sudah Melewati Batas Indikator Keausan

Pada rem cakram, kampas rem yang sudah aus tapi tetap dipakai akan dapat mengurangi volume minyak rem. Jika minyak rem berada di bawah batas minimum, maka sistem pengereman akan tidak maksimal. Bahkan, kondisi ini juga berpotensi menimbulkan terjadinya rem blong.

Untuk memertahankan kinerja dan performa pengereman tetap optimal, penting untuk melakukan perawatan pada setiap komponen pengereman, baik rem depan maupun rem belakang, baik rem cakram maupun rem tromol.

Kesimpulan

Merawat piranti rem menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan bagi setiap pemilik sepeda motor. Hal ini karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara dan fungsinya sangat vital. Lebih baik keluar biaya untuk mengganti komponen ketimbang terlibat kecelakaan karena rem tak berfungsi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });