window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda?

Ary · 2 Feb, 2021 20:00

Pertarungan di segmen skutik medium kian menggugah. Apalagi kalau bukan karena Honda PCX 160 yang dikabarkan mengaspal pekan ini. Walau begitu, hal itu rasanya tak mengurangi ketertarikan para peminat Yamaha NMax 2021. Toh, produk Yamaha Indonesia memang punya lima hal menarik guna memikat calon pembelinya.

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 01

All New Yamaha NMax membawa beragam kebaruan.

Seperti saat peluncurannya di akhir 2019 silam, generasi terbaru Yamaha NMax datang dengan kebaruan terbilang masif. Bagaimana tidak, diferensiasi pada model ini sangat signifikan. Maka, wajar jika penawaran impresinya pun berbeda jauh ketimbang model pendahulu.

Desain Yamaha NMax 2021 Impresif

Dari sisi desain, Anda tentu sepakat jika Yamaha NMax 2021 lebih impresif. Meski wajahnya masih identik dengan NMax sebelumnya, fasad NMax baru jelas dibuat semakin berkarakter. Bukan semata bentuk rumah lampu yang lebih kecil, di dalamnya pun sudah diimbuhi list guna menegaskan sorot tajam dari lampu berjenis LED-nya.

Tampilan tak ubahnya Maxi Series teratas seperti Yamaha XMax atau Yamaha T-Max DX pun diamini lewat bentuk seinnya. Ya, bukan lagi bersarang di bagian atas. Melainkan sudah berpindah ke area tebeng bawah. Sayang, sinyal belok ini masih berupa bohlam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 01

Desain baru Yamaha NMax terjadi pada bagian depan hingga belakang.

Tidak hanya pada bagian depan, lampu non LED pun masih digunakan pada sein belakang. Tapi, perubahan desain lampu belakang ini rasanya sudah cukup untuk mengobati kekecewaan tersebut. Apalagi, secara bentuk pun jauh agresif ketimbang dua NMax lama. Kesan Yamaha NMax terbaru jua lebih sporty dengan penyajian sepatbor yang sarat akan tarikan garis tajam ini.

Kokpit Berkelas

Sajian panel meter digital masih jadi hal utama yang disuguhkan All New Yamaha NMax. Boleh kami bilang penyajiannya lebih berkelas. Cover bulat yang sebelumnya dipakai model lama tak ditemui lagi pada NMax baru. Alhasil, membuat tampilan bagian ini tampak lebih lapang. 

Kebaruan juga terlihat karena terdapat beberapa informasi tambahan. Selain informasi dasar, pada panel meter kedapatan indikator seperti lambang VVA (variable valve actuation). Tanda itu bakal muncul ketika teknologi pada jantung mekanis itu aktif. Di situ pula Anda dapat melihat, keterhubungan antara smartphone dengan NMax. Ditandai oleh munculnya logo baterai smartphone dan App. 

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 02

Tampilan panel meter Yamaha Nmax lebih berkelas dari model pendahulu.

Sementara indikator yang ditandai dengan lampu, berpindah ke bagian atas layar utama. Ada juga penambahan di sini. Selain lambang engine check, ada pula indikator Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Stop & Start System (SSS) hingga lambang telepon. 

Bisa Anda lihat sendiri pula, di bagian ini tak ada lagi tombol untuk mengatur tampilan layar seperti di NMax lama. Bukannya dihilangkan, karena tombol pengatur pada NMax terbaru itu sekarang berpindah ke area setang sebelah kiri. Simple dan efektif karena memudahkan pengendara dalam mengganti informasi, tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi. 

Sedang di sebelah kanan, terdapat tombol untuk mengaktifkan SSS. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Ketika aktif, maka mesin bakal mati otomatis saat bertemu dalam kondisi idle antara 3-5 detik. 

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 03

Fitur Stop & Start System tersedia di Yamaha NMax 2021.

Fitur Yamaha NMax 2021 semakin Kaya

Seperti pamaparan di atas, fitur Yamaha NMax 2021 kini semakin kaya. Bukan sekadar ABS lagi, terapan berupa kontrol traksi otomatis pun terintegrasi menjadi keamanan tambahan NMax. Lalu keberadaan lambang telepon, baterai smartphone dan App, menjadi identitas soal konektivitas gawai yang dibawanya. 

Ya, inilah salah satu fitur utama yang ditawarkan Yamaha Indonesia kepada konsumen Yamaha NMax di Indonesia. Pasalnya, melalui panel meter inilah Anda dapat mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan atau email yang masuk ke smartphone.  

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 04

Konektivitas gawai, salah satu fitur unggulan Yamaha NMax.

Tak cuma itu. Ketika sudah terhubung via jaringan Bluetooth, pemilik Yamaha NMax bisa memanfaatkan aplikasi bernama Y-Connect untuk mengetahui panduan rekomendasi perawatan secara berkala. Termasuk pula soal data penggunaan bahan bakar, revs dashboard hingga pemberitahuan jika ada malfungsi pada motor. Namun dengan catatan, perlengkapan ini bisa Anda rasakan ketika membeli unit tertinggi (All New Yamaha NMax Connected ABS). Dan, lewat pembelian varian ini juga Anda akan mendapatkan sistem kunci pintar Smart Key System. 

Handling Yamaha NMax Sempurna

Untuk diketahui, terdapat selisih antara NMax baru dan lama. Apalagi saat menilik ke area diantara kaki. Cukup wajar karena tangki bensin NMax baru kini memiliki kapasitas mencapai 7,1 liter. Sementara di model sebelumnya hanya 6,6 liter saja. 

Revisi inilah yang membuat pijakan kakinya tak seluas NMax terdahulu. Bukan kekurangan, menurut kami justru dari sinilah pergerakan kaki menjadi lebih efisien. Lantaran cover tangki ikut membesar pula, kaki pengendara dapat lebih mudah mengapitnya. 

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 05

Posisi berkendara Yamaha NMax bisa tetap rileks.

Pengendalian terhadap All New NMax pun semakin sempurna. Pasalnya, terjadi perubahan dalam sisi geometri. Bobotnya memang bertambah dari sebelumnya 127 kg menjadi 132 kg. Tapi, ground clearance-nya ikut diturunkan dari 135 mm ke 124 mm saja. Secara logika, handlingnya akan lebih mantap. Terlebih ada sokongan suspensi belakang subtank yang kini sudah diperkaya setelan preload. 

Dengan begitu, Anda bisa lebih percaya diri saat mengeksplorasi kemampuan sesungguhnya dari Maxi Yamaha satu ini. Sebagaimana kita tahu, hal baru juga dapat ditemui pada mesin NMax 2021. Sebagai contoh soal pengaplikasian piston yang notabene kepunyaan motor sport, Yamaha R15.    

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 06

Performa Yamaha NMax lebih baik daripada kompetitor.

Tentu diikuti pula dengan peningkatan rasio kompresi. Alhasil, menorehkan daya 15,3 PS @8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm di putaran 6.500 rpm. Memang ada yang terkoreksi, terutama pada akselerasi karena momen puntir NMax baru lebih rendah dari NMax lama. Tapi hal ini rasanya masih bisa ditoleransi. Toh, dampak positifnya membuat tarikan awal NMax baru menjadi lebih smooth.

Harga Relatif Murah

Dengan sederet pengembangannya, All New Yamaha NMax 2021 sudah pasti dijual lebih mahal dari NMax lawas. Tapi, coba tilik lagi perbandingan harganya. Sebagai contoh pada varian tertinggi. Di katalog resmi Yamaha Indonesia, Yamaha NMax 155 ABS dipasarkan Rp 32,265 juta. Sementara All New Yamaha NMax Connected ABS dilego Rp 33,750 juta. Hanya berselisih Rp 1,494 juta saja. 

Lima Hal Menarik dari Yamaha NMax 2021, Mana Paling Memikat Buat Anda? 07

Varian Yamaha NMax 2021.

Nominal yang tentu tidak sebanding dengan hal baru yang kini disediakan Yamaha NMax. Lantas ketika pun harus disandingkan dengan kompetitornya saat ini yaitu Honda PCX 150. Varian tertinggi skutik Honda dipatok Rp 32,842 juta. NMax 2021 cuma lebih mahal Rp 908 ribu saja. Namun seperti Anda ketahui, NMax 2021 punya bekalan berupa sistem ABS dua kanal. Ada juga TCS, konektivitas gawai hingga performa lebih baik ketimbang Honda PCX. 

Kesimpulan

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) cukup yakin bahwa penawaran terbaru semisal konektivitas gawai dapat menggaet calon pembeli Yamaha NMax. Toh, keberadaannya cukup punya manfaat. Termasuk juga impresi pada sisi pengendalian maupun output. Terbukti, performa Yamaha NMax saat ini masih lebih baik dari rivalnya tadi. 

Memang ketangguhan NMax bakal terancam jika PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda PCX 160. Akan tetapi, perlu dilihat lagi, apakah suksesor PCX 150 itu punya banderol kompetitif seperti NMax. 
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });