window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Perpanjang SIM Online Segera Berlaku, Bisa Nunggu Sambil Rebahan di Rumah!

Harry · 6 Apr, 2021 10:00

Tak lama lagi perpajangan SIM (Surat Izin Mengemudi) sudah bisa dilakukan secara online. Pemohon tak perlu antre lama untuk bisa mendapatkan SIM yang baru, alias bisa sambil rebahan di rumah loh.

Kemudahan ini rencananya bisa dilakukan melalui aplikasi SINAR yang akan dikenalkan pada bulan April 2021 ini. Aplikasi tersebut merupakan salah satu program 100 hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Perpanjang SIM Online Segera Berlaku, Bisa Nunggu Sambil Rebahan di Rumah! 01

Contoh SIM A dan C model terbaru.

Perpanjang SIM A dan C

Lewat aplikasi tersebut, nantinya pemohon perpanjangan SIM cukup mengikuti instruksi dan SIM yang baru akan dikirimkan menuju alamat pemohon, seperti dikatakan Kakorlantas Irjen Pol Istiono, melalui akun facebook Divisi Humas Polri.

Baca juga : Polisi Gencar Razia Motor Pakai Knalpot Racing, Produsen Harap Peraturan Lebih Jelas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Nanti cukup diakses dengan aplikasi yang cukup di rumah saja dan bisa diantar ke rumah," jelas Istiono. Aplikasi tersebut bisa melayani perpanjangan SIM A dan SIM C, termasuk pembuatan SIM baru.

Nantinya biaya yang dikeluarkan untuk perpanjangan atau pembuatan SIM baru, tercantum pada aplikasi tersebut berikut nomor rekeningnya. Biaya yang dikeluarkan akan kembali otomatis dalam waktu 14 hari, jika permohonan ditolak.

Perpanjang SIM Online Segera Berlaku, Bisa Nunggu Sambil Rebahan di Rumah! 01

Proses perpanjangan SIM.

Jika perpanjangan SIM cukup dilakukan dari rumah, maka untuk proses pengajuan SIM baru akan sedikit berbeda. Pasalnya meski ujian teori bisa dilakukan online, namun untuk ujian praktek pemohon tetap harus mendatangi Satpas terdekat.

Alur Perpanjangan SIM A dan SIM C

1. Pemohon mengunduh aplikasi
2. Verifikasi Nomor handphone melalui OTP (One Time Password)
3. Registrasi (NIK, SIM, foto KTP, SIM dan foto selfie)
4. Verifikasi NIK dan SIM
5. Pilih Jenis SIM dan lokasi Satpas
6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
7. Isi rekening pengembalian (jika permohonan ditolak)
8. Pilih metode pengiriman
9. Upload pas foto dan tanda tangan
10. Pembayaran PNBP dan ongkos kirim
11. Cetak SIM
12. Pengiriman SIM baru
13. SIM baru diterima pemohon

Baca juga : Razia Masih Marak, Produsen Knalpot Aftermarket Putar Otak Supaya Memenuhi Standar

Perpanjang SIM Online Segera Berlaku, Bisa Nunggu Sambil Rebahan di Rumah! 02

Antrean masyarakat di layanan SIM Keliling.

Lebih Mudah

Kehadiran layanan SIM secara online ini nantinya akan semakin memudahkan masyarakat. Terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini, layanan secara online bisa menghindari terjadinya kerumunan antrean pemohon SIM.

Pemohon hanya perlu mengisi data diri dan melakukan verifikasi secara otomatis lewat aplikasi. Disamping itu, layanan secara online juga bisa menghindari pungli yang kerap terjadi.

Sudah jadi rahasia umum, jika pengajuan ditolak, masyarakat kerap memberikan 'selipan' agar permohonannya diloloskan. Atau bisa juga pengurusan SIM dilakukan melalui perantara atau calo. Kedua hal tersebut akan bisa diminimalisir.

Baca juga : Viral Video Razia Knalpot Racing Langsung Dirusak di Tempat, Bagaimana Aturan Sebenarnya?

Perpanjang SIM Online Segera Berlaku, Bisa Nunggu Sambil Rebahan di Rumah! 03

Besaran biaya pembuatan dan perpanjangan SIM.

Biaya Permohonan SIM

Sejauh ini belum ada informasi adanya perubahan biaya untuk perpanjangan atau pun pembuatan SIM baru secara online. Namun akan ada tambahan biaya ongkos kirim, selain biaya pembuatan SIM.

Terkait biaya  pembuatan SIM, untuk SIM A perpanjangan dikenakan Rp 80 ribu dan pembuatan baru Rp 120 ribu. Begitu pula dengan biaya untuk SIM C yang tak ada perubahan. Untuk pembuatan SIM C baru dikenakan Rp 100 ribu, sedangkan untuk perpanjangan sebesar Rp 75 ribu saja.

Yang wajib diingat, SIM yang telah lewat masa berlaku satu hari saja, wajib mengajukan permohonan SIM baru. Kemudian masa berlaku SIM tetap selama lima tahun, terhitung dari tanggal SIM dikeluarkan.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });