window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya

Ilham · 4 Des, 2021 10:30

Pekan ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis dua tipe Yamaha R15 2022, yakni Yamaha R15 Connected 2022 dan Yamaha R15M Connected-ABS 2022. Sebelumnya, diprediksi motor tersebut akan mengusung nama Yamaha R15 V4 2022.

Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya 01

Nama Yamaha R15 V4 2022 dipakai di India

Ada alasan kenapa Yamaha R15 V4 2022 sering disebut oleh para penggemarnya. Tentu bukan karena motor berjenis sport fairing tersebut mengusung mesin berkonfigurasi V4. Ditilik dari generasi yang hadir di Indonesia pun, Yamaha R15 2022 baru memasuki versi ke-3. Lalu bagaimana sejarah singkatnya?

Berawal Dari India

Ternyata istilah Yamaha R15 V4 2022 merujuk pada model yang hadir lebih dulu di India. Karena India adalah negara pertama yang menjual Yamaha R15 di dunia.

Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya 02

Di India, Yamaha R15 sudah masuk versi ke-4

Dan di sana, selain menjadi nama resmi, istilah Yamaha R15 V4 2022 juga menjadi simbol jika motor tersebut sudah memasuki versi ke-4 dari keluarga Yamaha R15. Karena itu tersemat istilah 'Version 4.0' yang disingkat menjadi V4.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Cek Daftar Perubahan Yamaha R15 2022, Makin Berteknologi Tak Cuma Ganti Bodi

Generasi Pertama Tidak Dijual Di Indonesia

Generasi pertama Yamaha R15 dijual di India mulai tahun 2008, atau setahun setelah kelahiran naked bike Yamaha V-Ixion di Indonesia. Keduanya ternyata saling berkaitan.

Di mana basis sasis, mesin, kaki-kaki hingga bodi Yamaha R15 generasi pertama, atau Yamaha R15 V1.0 saling berbagi dengan Yamaha V-Ixion. Seperti bisa dilihat dari bentuk sasis deltabox bahkan bodi dan lampu belakangnya pun identik dengan kepunyaan Yamaha V-Ixion, termasuk joknya yang panjang.

Sedangkan perbedaan jelas terlihat dari penggunaan fairing yang menampilkan headlamp split besar bersudut tajam yang modelnya mengikuti aksen dari moge Yamaha R6. Selain itu, velg palang lima yang masih mirip Yamaha V-Ixion sudah dibekali rem cakram di kedua roda. Sementara Yamaha V-Ixion rem belakangnya masih tromol.

Mesin Yamaha R15 V1.0 pun persis dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia. Yaitu 150 cc SOHC berpendingin cair yang dilengkapi dengan sistem injeksi. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 17 PS di 8.500 rpm sedangkan torsi maksimalnya mencapai 14,5 Nm di kitiran 7.500 rpm.

Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya 01

Yamaha R15 V1.0 tidak hadir di Indonesia

Mesin empat katup tersebut memiliki sedikit perbedaan di transmisinya. Di mana Yamaha R15 V1.0 sudah memakai 6-speed dan Yamaha V-Ixion lawas masih setia dengan 5-speed.

Sayangnya saat itu Yamaha Indonesia masih enggan menghadirkan Yamaha R15 V1.0 di Tanah Air karena masih memiliki jagoan di segmen motor sport, yakni Yamaha Scorpio 225 dan tentu Yamaha RX-King sebagai wakil di kelas 2-tak.

Baca Juga: Biar Tak Penasaran, Ini Bedanya Yamaha R15 2022 Indonesia Dengan Versi India

Evolusi Yamaha R15 Di India

Menilik evolusi Yamaha R15 pasca generasi ke-2, atau Yamaha R15 V2.0 di India, maka waktu penyegarannya tak jauh beda dari Indonesia, yang saat itu hadir tahun 2014.

Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya 02

Yamaha R15 V3 di India tanpa suspensi depan up side down

Ubahan kala itu berkutat pada bagian buntut yang sudah menganut bodi berundak dan jok terpisah. Bagian kaki-kaki juga lebih kekar dengan palang lima ganda. Meski demikian spek mesinnya tetap sama seperti pendahulunya.

Kemudian ada Yamaha R15 V3 yang justru lahir lebih dulu di Indonesia pada tahun 2017. Hal ini cukup membuat penggemar Yamaha di India gerah. Karena selain telat mengaspal sekitar satu tahun dari di Indonesia, versi di sana juga belum dibekali dengan suspensi depan up side down.

Hal ini dibalas oleh produk Yamaha R15 V4 2022 yang mengaspal bulan September 2021 di India. Baru pada bulan Desember 2021 ini, Yamaha Indonesia merilis produk tersebut dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dari di India.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });