window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Awas Crankcase Bisa Rusak, Begini Cara Hindari Baut Tap Oli Slek

Harry · 13 Mar, 2023 09:00

Awas Crankcase Bisa Rusak, Begini Cara Hindari Baut Tap Oli Slek 01

Baut tap oli mesin.
  • Baut slek karena pemasangan miring.
  • Drat rusak harus dibuat ulang.
  • Ganti oli mesin wajib rutin.

Lebih suka ganti oli motor sendiri di rumah? Awas, jangan sampai baut tap oli slek ya! Merawat dan menjaga kondisi motor andalan selain dicuci rutin, servis dan ganti oli mesin teratur jadi salah satu wujud bersyukur.

Selain itu kita juga jadi bisa mengetahui karakter dari si motor, dan tentunya motor andalan selalu dalam kondisi prima. Nah, balik lagi, ganti oli motor secara rutin jadi salah satu hal yang penting.

Dan untuk yang sering ganti oli mesin motornya sendiri di rumah, harus hati-hati ketika membuka bautnya! Modal kunci ring dan tang sudah bisa melakukan penggantian oli mandiri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda wilayah Jawa Barat, Ade Rohman menjelaskan, kalau hal itu sering jadi masalah ketika melakukan penggantian oli secara mandiri.

Biasanya kepala baut mengalami slek yang disebabkan salah memutar baut, yang harusnya membuka malah memutar untuk mengencangkan. "Biasanya ini terjadi pada pemilik sepeda motor yang baru belajar mengganti oli sendiri," kata Ade.

Baca juga : Deretan Pelumas Baru AHM Oil, Makin Pas Buat Mesin Honda Beat 2023

Awas Crankcase Bisa Rusak, Begini Cara Hindari Baut Tap Oli Slek 01

Merawat motor jadi salah satu wujud bersyukur.

Hal tersebut juga bisa karena posisi memasukan kunci ke baut yang tidak presisi atau kualitas kunci sok atau kunci ring yang kurang baik. Ada juga yang mengalami slek di bagian ulir baut tap oli.

Biasanya karena pemasangan baut tap oli miring, sehingga tak bisa menutup sempurna. Kalau pun bisa, akhirnya tetap akan ada oli menetes karena ulir baut atau crankcase yang sudah kemakan.

Jika hal tersebut terjadi solusinya harus ganti crankcase mesin atau dibubut sehingga menjadikan pengeluaran biaya perbaikan yang lebih besar. Duh! Makanya, baca dulu deh tips ganti oli sendiri di rumah di bawah ini.

Bersihkan Baut Tap Oli

Saat mengganti oli, simpan tutup oli di tempat yang bersih. Jika disimpan di lantai biasanya nantinya terdapat kotoran yang menempel. Selanjutnya bersihkan baut oli menggunakan bensin dan sikat sampai bersih, jangan sampai ada kotoran yang menempel terutama di bagian ulirnya.

Baca juga : Motor Habis Terabas Banjir Jangan Dicuekin, Salah-Salah Mesin Bisa Pecah!

Pasang Baut Tap Oli Pakai Tangan

Awas Crankcase Bisa Rusak, Begini Cara Hindari Baut Tap Oli Slek 02

Setelahnya bersihkan area baut tap dari sisa oli.

Saat menutup baut oli, jangan langsung menggunakan kunci ring, tapi menggunakan tangan terlebih dahulu. Untuk bisa meraba posisi yang pas dan presisi sehingga tidak miring.

Jangan Miring

Pastikan saat mengganti oli, posisi sepeda motor dalam keadaan tegak menggunakan standar tengah. Dan saat membuka dan menutup baut oli harus dalam keadaan tegak lurus dan jangan sampai miring.

Jangan Terlalu Kencang

Jangan terlalu kencang saat menutup baut oli karena bisa menyebabkan kerusakan di bagian baut dan juga crankcase, dan ring yang biasanya menyatu dengan baut jangan sampai tertinggal karena berfungsi untuk mencegah kerusakan tersebut.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });