Baju Baru Yamaha WR 155 R 2022 Kuatkan Karakter Offroad, Harga Tetap Rp 37 Jutaan
Harry · 8 Okt, 2021 14:30
0
0
Dikenalkan sejak akhir tahun 2019, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya merilis pembaruan untuk Yamaha WR 155 R 2022. Motor ini mendapatkan baju baru dengan penampilan yang perkuat karakter offroad.
Meski opsi warna yang ditawarkan tetap sama yakni biru dan hitam, namun penampilannya lebih tegas dan tak ada lagi paduan warna putih yang cukup dominan seperti sebelumnya. Kini warnanya disebut Yamaha Blue dan Yamaha Black.
Mengusung konsep Sporty Serious Prestige, line up WR 155 R ini merepresentasikan motor yang memiliki karakter offroad yang sangat kuat, dengan tampilan warna yang agresif untuk menjadi partner bertualang bagi para offroad enthusiast.
Yamaha kerap menghadirkan warna-warna dari motor ternama mereka, termasuk warna Yamaha Blue untuk Yamaha WR 155 R 2022 yang ternyata terinspirasi dari Yamaha YZF450F. Sebuah motor special engine yang digunakan pabrikan garpu tala ini pada ajang garuk tanah kelas dunia.
Sedangkan untuk Yamaha Black, sengaja diciptakan dengan penyematan grafis tajam yang agresif dan dinamis dengan sentuhan modern sporty yang cocok untuk yang berjiwa muda.
Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA and Community YIMM dalam keterangannya menyebutkan, jika produk satu ini telah terbuktimendapatkan respon positif dari pasar nasional. Dan kehadiran warna baru ini bisa semakin menggairahkan aktivitas offroad.
"Tampilan ini turut memperkuat karakter offroad sehingga penggunanya makin enjoy berkendara dengan motor sport adventure terbaik di kelasnya ini," katanya.
Hadirnya 2 opsi kelir baru untuk Yamaha WR 155 R tak membuat harganya terkerek naik. YIMM masih membanderolnya dengan nominal Rp 37,725 juta on the road Jakarta.
Sekilas Tentang Yamaha WR 155 R 2022
Secara tampilan Yamaha WR 155 R 2022 terinspirasi dari Yamaha YZ, dengan styling bodi ala motor dual purpose yang ramping. Garis-garis tajamnya jelas sesuai dengan selera kebanyakan konsumen Indonesia.
Tapi yang harus diketahui, desainnya ini sudah lebih dulu digunakan untuk Yamaha WR 125 R yang beredar di Eropa. Hanya saja YIMM menyematkan mesin berbeda, menyesuaikan kebutuhan pasar nasional.
Perkara mesin, Yamaha membuatnya punya performa tinggi dengan menyematkan mesin 155 cc yang sama dengan milik Yamaha MT-15, Yamaha R15 dan Yamaha Vixion R, dengan katup Variable Valve Actuation (VVA).
Keluaran tenaganya mencapai 16,72 PS pada 10.000 rpm, dengan capaian torsi maksimal 14,3 Nm di 6.500 rpm. Tak heran selain dipakai untuk offroad, motor ini juga lincah dan cepat dipakai sehari-hari di jalanan aspal.
Salah satu faktor yang membuat Yamaha WR 155 R 2022 juga menyenangkan dipakai di jalan aspal, adalah transmisi enam percepatan yang membuat nafas mesin terasa panjang, dan topspeed yang bisa dicapai juga lebih tinggi.
Bagian mesin ini juga jadi pembeda dari saudaranya yang bermesin 155 cc lainnya, yakni absennya fitur Assist & Slipper Clutch. Untuk motor on road, fitur tersebut justru berguna, tapi untuk offroad justru tak diperlukan.
Fitur yang disematkan pada motor ini terhitung lengkap dan bisa dikatakan paling canggih diantara motor trail sekelas. Lihat panel meter LCD yang memberikan informasi lengkap, seperti spidometer, takometer, odometer, trip meter, konsumsi bensin rata-rata, posisi gigi transmisi, jam, fuel meter dan indikator VVA.
Kemudian hadirnya lampu hazard satu-satunya disegmennya, engine cut off, pendinginan mesin sudah pakai cairan dan kapasitas tangki paling besar, mencapai 8,1 liter. Untuk trabasan tak perlu takut kehabisan bensin.
Pelek yang dipakai sudah ringan berkat bahan alumunium. Lingkar pelek depan 21 inci berbungkus ban 2,75 - 21. Sedangkan pelek belakang 18 inci, diballut ban berukuran 4.10 - 18.
Paling Cocok Untuk Supermoto
Dengan keunggulannya dari sisi performa dan juga fitur, tak mengherankan kalau Yamaha WR 155 R 2022 ini paling cocok untuk dijadikan supermoto. Sudah banyak konsumen yang melakukan modifikasi dengan ban aspal.
Performa motor trail yang biasanya hanya kuat pada putaran rendah sampai tengah, bisa diatasi oleh Yamaha dengan membawa teknologi VVA pada motor trail ini. Ada yang tertarik mau ikutan modifikasi jadi supermoto?
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil