window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Balapan Pertama di Sirkuit Mandalika Hari Ini Batal! Gara-Gara Kekurangan Marshal?

Ilham · 14 Nov, 2021 16:49

Nyaris! Sekali lagi, nyaris. Kata yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti 'hampir saja terjadi' tersebut cocok disematkan pada ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup 2021 yang sejatinya sebagai balapan internasional pertama sekaligus ajang balap pembuka di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Namun balapan yang seharusnya berjalan pada hari Minggu ini, 14 November 2021 ini terpaksa dibatalkan. Dikabarkan, penghentian balapan tersebut dilakukan akibat minimnya jumlah personel marshal, atau penjaga lintasan di sana.

Balapan Pertama di Sirkuit Mandalika Hari Ini Batal! Gara-Gara Kekurangan Marshal? 01

Balapan IATC 2021 Mandalika terpaksa batal

Dalam regulasinya, jumlah tiap pos jaga seharusnya diisi oleh delapan orang. Tetapi fakta di lapangan berbeda, karena personel Pertamina Mandalika International Street Circuit, belum memenuhi angka tersebut. Sehingga aksi pembalap muda yang mengadu kemampuan dengan motor satu merek (One Make Race) dari Honda tersebut terpaksa batal.

Dilaporkan Rockfmlombok yang diunggah akun Instagram mgpindonesia, Dorna meminta setidaknya delapan orang marshal untuk setiap pos. Tugas marshal sendiri merupakan petugas yang akan membantu evakuasi jika ada rider crash atau saat terjadi kondisi darurat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Padahal disebutkan sebelumnya saat jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu, pihak pengelola sirkuit telah melatih 400 orang sebagai marshal, yang merupakan penduduk sekitar.

Semoga pekan depan saat kejuaraan World Superbike berlangsung, semuanya sudah siap. Kalau tidak sih, duh....Bisa runyam urusan!

Baca Juga: Gelaran MotoGP Mandalika Tak Boleh Ada Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan, Kok Bisa?

Pembalap Indonesia Sudah Jalani Sesi Kualifikasi

Bukan sekadar balapan internasional, ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 juga menghadirkan sederet talenta muda Indonesia yang bertanding dengan sesama pembalap Asia. Tercatat ada enam pembalap Indonesia yang turun di kelas tersebut.

Di seri ini, Indonesia diwakili oleh Herlian Dandi, Herjun Atna Firdaus, Dheyo Wahyu dan Fadillah Arbi yang turun di kelas ini sejak 2020. Kemudian ada juga pembalap berstatus wild card yang khusus turun di seri Mandalika, yakni Veda Ega Pratama dan Reykat Yusuf Fadillah. Pembalap berusia 12 dan 13 tahun ini jebolan Astra Honda Racing School.

Balapan Pertama di Sirkuit Mandalika Hari Ini Batal! Gara-Gara Kekurangan Marshal? 01

Ada beberapa pembalap Indonesia

Catatan apiknya, di saat sesi kualifikasi keenam pembalap Indonesia tersebut semuanya masuk di posisi 15 besar. Seluruh pembalap tersebut saling mencatat waktu tercepat yang bahkan hanya berselisih satu detik saja dari posisi terdepan yang direbut pembalap Malaysia, Sharil Danial.

Motor Balap Memakai Satu Tipe

Sebagai catatan, Idemitsu Asia Talent Cup 2021 selain mengadu para pembalap muda, juga hanya melombakan satu tipe motor yaitu Honda NSF250R. Tunggangan yang dikhususkan untuk balap ini dibekali mesin silinder tunggal, 250 cc 4 katup DOHC pendingin cairan. Tenaganya 48,2 PS pada putaran 13.000 rpm serta torsi hingga 28 Nm di 10.500 rpm.

Balapan Pertama di Sirkuit Mandalika Hari Ini Batal! Gara-Gara Kekurangan Marshal? 02

Memakai satu tipe motor

Honda NSF250R ini memiliki transmisi manual 6 percepatan, dan sudah injeksi PGM-FI dnegan throttle body 50 mm. Sistem injeksi PGM-FI juga dilengkapi tombol mode dan limiter kecepatan saat melintasi area pit.

Sirkuit Mandalika Sudah Diresmikan Presiden Jokowi

Sebelum menghelat balap yang nyaris digelar 14 November ini, pada Jumat (12/11/2021) Sirkuit Mandalika sudah diresmikan terlebih dulu oleh Presiden Joko Widodo. Saat itu pria yang akrab disapa Jokowi itu menjajal area trek dengan menggeber Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi dengan gaya cafe racer oleh Katros Garage.

Baca Juga: Tenaganya Ngalahin Honda CBR250RR SP QS, Ini Motor Yang Akan Balap Pertama Kali di Mandalika

Saat itu, bukan hanya motor berkelir hijau yang jadi tunggangan Jokowi. Namun juga apparel dan perlengkapan riding Jokowi yang menjadi perhatian karena memakai produk lokal.

Semoga kesiapan sirkuit juga jadi perhatian pihak pengelola sebelum gelaran WSBK dan IATC pekan depan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });