Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022

Harry · 20 Sep, 2021 14:00

Meski sudah dikenalkan sejak awal tahun 2020 lalu, masih ada saja yang bingung kala tertarik Honda BeAT Series. Salah satunya warganet yang bertanya di kolom komentar channel Youtube MotoFun Indonesia.

Ia menanyakan perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022, pasalnya dirinya tertarik dengan skutik Honda tersebut namun masih bingung menentukan pilihan.

Baca juga : Mesin Honda BeAT, Scoopy dan Genio Sama, Siapa Paling Irit?

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 01

Honda BeAT Street dan Honda BeAT, mirip tapi beda konsep.

Sebelum membahas pada saja bedanya, kita bahas dulu persamaannya. Skutik ini sejatinya menggunakan platform yang sama, lihat saja bentuk bodi, mesin dan juga rangkanya, identik!

Aslinya basis yang digunakan adalah dari Honda Genio 2022, rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) pertama kali disematkan untuk Honda Genio. Kemudian mesin eSP (Enhanced Smart Power) generasi baru juga dari Honda Genio.

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 01

Rangka eSAF yang dipakai Honda BeAT 2022.

Hal inilah yang akhirnya membuat Honda BeAT dan Honda BeAT Street punya bobot yang ringan. Berat isinya maksimal hanya 90 kg saja, sangat ringan dan memudahkan penggunanya untuk bermanuver.

Mesin eSP generasi terbaru juga membuat konsumsi bahan bakarnya semakin efisien. Dari hasil pengetesan Honda BeAT CBS-ISS yang kami lakukan, bisa sampai 52,9 km/liter loh! Dengan mesin yang sama, rasanya hasil pada Honda BeAT Street tak jauh berbeda.

Baca juga : Iritnya Tak Ada Lawan, Konsumsi Bahan Bakar Skutik Ini Bisa Bikin Malu Honda BeAT!

Perkara mesin, spesifikasinya 109,5 cc, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara. Tenaga maksimalnya mencapai 9 PS di 7.500 rpm serta torsi hingga 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Nah, sekarang kita bahas perbedaan kedua skutik ini, apa saja?

1. Setang

Paling terlihat jelas memang bagian setang ini. Honda BeAT menggunakan setang yang terbungkus dengan cover bodi, dengan lekuk tajam menyesuaikan garis desain motor keseluruhan.

Baca juga : Adu Fitur Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022, Harga Beda Tipis Dapat Apa?

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 02

Setang tanpa cover jadi ciri khas Honda BeAT Street.

Sementara Honda BeAT Street pakai model setang telanjang, yang memberikan kesan macho. Dengan setang yang lebar, juga memberikan kesan gagah karena membuat posisi tangan cenderung membuka.

2. Panel Meter

Ini juga langsung terlihat kok, panel meter Honda BeAT nampak besar dengan mengandalkan paduan digital dan analog. Kalau Honda BeAT Street nampak lebih modern karena panel meternya sudah full digital.

Baca juga : Mesin Honda BeAT 2022 Dianggap Lemot? Begini Catatan Akselerasinya

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 03

Cover setang Honda BeAT berdesain sporty.

Meski begitu, informasi yang ditampilkan tetap sama kok. Ada spidometer, fuel meter, odometer, indikator lampu jauh, indikator lampu sein, indikator check engine dan indikator EO.

3. Grafis dan Warna

Honda BeAT tampil dengan banyak pilihan warna yang terdiri dari 3 tipe, seperti tipe CBS (Combi Brake System) yang punya funk red black, techno blue black, dance white black dan hard rock black.

Baca juga : Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara!

Lantas tipe CBS-ISS (Idling Sop System) ada electro matte blue dan garage matte black. Tipe Deluxe ada opsi warna deluxe silver, deluxe blue deluxe brown dan deluxe black. Total ada 10 warna dari 3 tipe.

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 04

Honda BeAT Street cuma punya 2 warna.

Kalau Honda BeAT Street hanya punya 1 tipe saja yang terdiri dari 2 opsi warna, yakni street silver dan street black. Selain itu, grafis Honda BeAT Street lebih atraktif dengan gambar tribal yang mengesankan motor lelaki remaja.

4. Fitur

Kelengkapan standar skutik Honda seperti Parking Brake Lock, Side Stand Switch, Combi Brake System tersedia untuk keduanya. Begitu pula dengan lampu depan LED, bagasi 12 liter dan rem depan menggunakan cakram.

Baca juga : Honda Beat Street vs Honda Genio CBS, Banderol Mahal belum Tentu Menguntungkan!

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 05

Fitur Idling Sop System tak tersedia untuk Honda BeAT Street.

Tapi Honda BeAT Street tak memiliki konsol depan tertutup serta Power Outlet, seperti yang tersedia pada Honda BeAT tipe CBS-ISS. Kemudian tak ada fitur ISS pada Honda BeAT Street.

5. Harga

Meski fiturnya kalah lengkap dari Honda BeAT CBS-ISS, nyatanya harga jual Honda BeAT Street setara dengan tipe tersebut. Yakni sama-sama dijual Rp 17,365 juta on the road Jakarta.

Baca juga : Ketahui Lebih Lengkap Terkait Honda BeaT Street, Motornya Anak Muda

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 06

Honda BeAT tetap  jadi favorit masyarakat Indonesia.

Harga BeAT Street pun hanya Rp 100 ribu lebih murah dari Honda BeAT tipe Deluxe, yang dilepas Rp 17,465 juta. Berikut harga Honda BeAT Series selengkapnya berdasarkan situs resmi PT Astra Honda Motor (AHM).

Harga Honda BeAT 2022
BeAT CBS Rp 16,665 juta
BeAT CBS-ISS Rp 17,365 juta
BeAT Deluxe Rp 17,465 juta
BeAT Street Rp 17,365 juta
*harga on the road Jakarta

Kesimpulan

Honda BeAT Street 2022 merupakan skutik entry level, yang dibuat sedemikian rupa agar menyesuaikan target konsumennya, yakni remaja laki-laki. Tampilannya dibuat lebih macho dengan setang telanjang dan grafis bodi atraktif.

Baca juga : Ada Potongan Rp 300 Ribu, Angsuran Termurah Honda BeAT Street 2021 Cuma Rp 700 Ribuan Saja

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Perbedaan Honda BeAT 2022 dan Honda BeAT Street 2022 07

Honda BeAT tampil dengan bodi ramping.

Namun fiturnya tak selengkap jika kalian membeli Honda BeAT tipe CBS-ISS, kalian tak akan mendapatkan Power Outlet untuk mengisi daya smartphone, kemudian tak ada fitur ISS yang bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

Jadi kalau suka yang fiturnya lebih lengkap, silahkan ambil Honda BeAT. Tapi jika kalian suka dengan tampilan skutik macho, maka Honda BeAT Street yang cocok untuk kalian.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

Komentar