window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Begini Cara Pakai dan Rawat Smart Key System Honda PCX 160 2022

Harry · 8 Okt, 2021 12:45

Kalian baru beli Honda PCX 160 2022? Salah satu fitur canggih yang ada di motor matic satu ini adalah penggunaan kunci keyless, atau disebut juga dengan Smart Key System.

Untuk yang belum pernah menggunakannya tentu harus belajar terlebih dulu, dari cara pakai dan juga merawatnya. Tentunya supaya kunci pintar ini bisa digunakan dan berfungsi dengan semestinya.

Begini Cara Pakai dan Rawat Smart Key System Honda PCX 160 2022 01

Dengan keyless cukup kantongi remote untuk hidupkan motor.

Selain Honda PCX 160, sejumlah motor matic lainnya juga sudah dibekali kunci jenis ini, sebut saja Honda ADV 150 2022, Honda Scoopy 2022, Honda Vario 150 2022, Honda Forza 250 2022, sampai Honda X-ADV 2022.

Baca juga : Awas, Shockbreaker Honda PCX 160 bisa Bocor karena Hal Sepele ini

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Penyematan fitur canggih Smart Key System meningkatkan rasa aman dan nyaman pengguna motor. Tentunya, pengendara perlu mengetahui cara penggunaan dan perawatan yang tepat untuk dapat menggunakannya secara optimal", ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM.

Endro memaparkan setidaknya ada 7 langkah yang bisa diikuti untuk menggunakan dan merawat Smart Key System ini. Apa saja ya?

1. Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan yang berlebih pada remote smart key dapat menimbulkan kerusakan. Simpan remote pada tempat yang aman seperti kantung samping celana atau kantung baju.

Tekan tombol pada remote sewajarnya, saat mengaktifkan atau menggunakan fitur yang tersedia pada Honda Smart Key System. Hindari remote jatuh dari ketinggian. Penggunaan casing karet yang sudah banyak dijual, rasanya bisa membantu.

2. Jangan Basah

Meski terlihat rapat, yang namanya air bisa saja menyelinap masuk lewat sela-sela remote, dan bisa menyebabkan konsleting. Bila sudah terlanjur basah, baiknya keringkan terlebih dulu sebelum digunakan.

Baca juga : Murah, Biaya Servis Tahun Pertama Honda PCX 160 2021 Tak Sampai Rp 150 Ribu!

Hindari juga menggantung remote Smart Key System pada celah ikat pinggang pada celana kalian. Selain rawan kena hujan, juga terpapar panas matahari yang bisa merusak komponen di dalamnya.

3. Jangan Letakkan di Bagasi

Begini Cara Pakai dan Rawat Smart Key System Honda PCX 160 2022 01

Pastikan kenop kontak di posisi OFF saat tak digunakan.

Sering terjadi kala motor terparkir di rumah teman atau saat sedang kumpul-kumpul, maksudnya supaya kalau ada yang mau pakai lebih gampang. Tapi justru hal ini berbahaya, motor bisa digunakan orang asing karena remote ada di dalam bagasi.

Hindari menaruh smart key di dalam bagasi motor, konsol depan atau di tempat-tempat yang dapat berpotensi tertinggal. Pastikan remote selalu melekat dengan diri kalian.

4. Hindari Radiasi Elektromagnet

Jauhkan remote Smart Key System dari benda-benda yang menghasilkan gelombang radio seperti televisi, komputer/laptop, handphone, tower pemancar karena berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remote Smart Key System.

Baca juga : Ingin Suspensi Honda PCX 160 Awet, Ini 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Ketika motor baru datang, simpan ID Tag dan jangan memberitahukan kodenya kepada orang lain. ID tag berfungsi untuk mengoperasikan sepeda motor dalam kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua remote Smart Key System hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control Unit diganti.

Begini Cara Pakai dan Rawat Smart Key System Honda PCX 160 2022 02

Remote jangan sampai basah dan terkena panas langsung.

6. Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Cukup membawa 1 remote smart key saja saat berkendara, sehingga apabila kalian mengalami kehilangan remote smart key ketika berkendara, masih ada cadangan remote smart key lainnya di rumah.

Baca juga : MIL Menyala Setelah Honda PCX 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!

7. Posisikan Remote Off Saat Tidak Digunakan

Pada saat Anda sudah sampai di tempat tujuan, pastikan posisi sepeda motor di kunci setang dan remote posisi Off, agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus. Indikator Honda Smart Key System ada di posisi OFF adalah lampu berwarna merah pada remote dan akan menyala saat ditekan.

Begini Cara Pakai dan Rawat Smart Key System Honda PCX 160 2022 03

Simpan remote cadangan di rumah dengan aman.

Baca juga : Pemilik Yamaha Nmax 155 sampai Honda PCX 160 Wajib Tahu, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan

Smart Key System Bikin Motor Aman

Selain lebih praktis digunakan, Smart Key System juga merupakan perlindungan yang paling ampuh saat ini, dari pelaku pencurian kendaraan bermotor. Kontak tidak bisa dijebol kunci T yang jadi andalan pencuri.

Kemudian pada remote smart key juga terdapat fitur keamanan tambahan, seperti alarm dan juga Answer Back System. Jadi selain lebih praktis dan memudahkan, juga membuat motor lebih aman saat di parkir di tempat umum.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });