window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh!

Adit · 13 Agu, 2021 17:01

Selain fitur-fitur yang terpampang di website dan brosur, skutik Yamaha Nmax 155 2022 ternyata juga punya ragam fitur tersembunyi loh. Bagi calon pemilik atau yang baru beli wajib tahu nih, apa saja fitur yang dimaksud. 

Ini dilakukan tentunya supaya penggunanya lebih dimudahkan dalam pengoperasian motor yang diluncurkan Yamaha pada akhir 2019 lalu itu. Berikut ini fitur yang dimaksud, khususnya pada varian Yamaha Nmax 155 ABS Connected.

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh! 01

Sederetan fitur tersembunyi Yamaha Nmax 155 2021 yang perlu kamu pahami.

Baca juga: Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen?

1. Tempat Meletakkan Tutup Tangki

Sadar atau tidak, ada yang baru dari area tutup bensin Yamaha NMax generasi kedua. Mekanisme bukaan tutup tangkinya berbeda dan sudah lebih modern, tak lagi pakai anak kunci seperti motor sport, melainkan lewat tombol pembuka di rumah kuncinya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh! 01

Yamaha Nmax terbaru sekarang punya fitur untuk meletakkan tutup tangki bensin.

Tapi bukan itu poinnya. Saat sedang isi bensin, perhatikan di bagian depan tutup tangkinya ada dua plastik yang menonjol. Bagi yang belum tahu, itu bukan moulding sisa cetakan. Yamaha sengaja merancangnya untuk tempat meletakkan tutup tangki bensin. 

Jadi para penggunanya tak perlu repot lagi menaruh tutup tangki ketika isi bahan bakar di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Beda dari Yamaha Nmax lama yang belum memilikinya, sehingga kerap meletakkan tutup tangki di sandaran kaki yang kotor.  

2. Pengaturan Preload Suspensi Belakang

Sebenarnya yang satu ini sudah terkuak di brosur, suspensi belakang bisa diatur karakter bantingannya. Tapi sayangnya tidak dijelaskan cara mengatur preload suspensi Yamaha Nmax 155 anyar ini. 

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh! 02

Jarang yang tahu, preload shocbreaker Yamaha Nmax 155 ternyata bisa diatur sendiri lho.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya caranya mudah. Siapkan obeng, kemudian tancapkan pada lubang di atas per yang letaknya di dekat tabung suspensi. Untuk membuat suspensinya nyaman saat berboncengan, maka putar searah jarum jam sampai bunyi 'jegluk'. 

Manakala riding sendiri, posisikan lagi lubang tadi sama persis dengan garis yang tersedia di sana. Jangan lupa pengaturan ini juga dilakukan pada suspensi sebelahnya. 

Baca juga: Antara Honda ADV 150 atau Yamaha Nmax 155 Bekas, Harga Setara Mau Pilih Mana?

3. Obeng dan Kunci Busi Tersembunyi

Ketika baru mendapati Yamaha Nmax baru turun dari diler, kemudian mendapati di balik joknya tidak disematkan tool kit berupa obeng dan kunci busi, maka Anda salah besar, kemungkinan belum teliti. Yamaha bukannya tidak memberikan peralatan tersebut. Bukan juga diberikan dalam keadaan terpisah. 

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh! 03

Toolkit yang ada di jok Yamaha Nmax 2021.

Apabila ditelisik lagi, posisi tool kit Yamaha Nmax tetap berada di balik jok, namun sedikit tersembunyi dekat engsel joknya. Di sana disematkan dua model peralatan, satu berupa obeng minus atau plus, serta kunci busi sekaligus sebagai gagang obeng. 

4. Ubah Hitungan Konsumsi BBM

Tak kalah menarik, satuan konsumsi bahan bakar Yamaha Nmax 155 juga bisa diubah. Secara bawaan pabrik menunjukkan satuan km/liter dapat diganti menjadi L/100 km yang biasa digunakan oleh kendaraan di Eropa. Maklum, Nmax buatan pabrik Yamaha di Pulogadung ini juga diekspor ke benua biru, makanya ada dua opsi akan hal tersebut. 

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh! 04

Satuan konsumsi bahan bakar Yamaha Nmax ternyata bisa diganti seperti motor di Eropa.

Untuk menggantinya pencet tuas pengatur spidometer, lalu putar kontak ke ON. Kemudian tunggu layar spidometer menghilang hingga menyisakan satuan konsumsi bahan bakar, lalu lepas tuas tadi. Berikutnya pilih mode satuan yang disukai lewat pencetan tuas yang sama. Kalau sudah oke, pencet yang lama sampai semua informasi pada spidometer kembali seperti semula. 

5. Kunci Rahasia Untuk Buka Jok

Keempat fitur yang telah disebutkan sebenarnya menjadi kelengkapan standar Yamaha Nmax 155. Khusus tipe Nmax yang sudah keyless, ada fitur tambahan untuk membuka joknya. 

Belum Banyak Yang Tahu, Yamaha Nmax 155 2022 Punya Fitur Rahasia Loh! 05

Letak pembuka kunci jok manual Yamaha Nmax 155 terbaru.

Ini dibutuhkan saat kondisi aki sudah soak dan tak bisa lagi memutar kontak ke OPEN guna membuka jok. Oleh karena itu aki perlu diganti. Tapi sayangnya aki berada di dalam bagasi, sehingga jok harus dibuka secara manual. 

Jangan khawatir, Yamaha sebenarnya sudah memikirkan skenario ini. Untuk itu pabrikan menambahkan kunci tambahan untuk membuka jok. Posisi rumah kuncinya di kolong motor dekat suspensi sebelah kanan. Kalau sudah ketemu, masukkan kunci, putar ke kanan, dan voila, jok terbuka. Aki motor pun bisa diganti.

Baca juga: Punya Rp 17 Juta, Pilih Honda BeAT Baru atau Yamaha Nmax Bekas?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });