window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bentuk Rangka Asimetris, Yamaha Grand Filano Gak Stabil Dikendarai?

Harry · 13 Feb, 2023 17:30

Bentuk Rangka Asimetris, Yamaha Grand Filano Gak Stabil Dikendarai? 01

Rangka Yamaha Grand Filano.
  • Rangka belakang berbeda ukuran.
  • Rangka utama berbelok, bukan lurus.

Ada yang unik kala menelanjangi Yamaha Grand Filano 2023, pasalnya rangka motor ini asimetris dan berbelok-belok. Ya bentuknya tak sama antara bagian kiri dan kanan.

Misalnya pada area bawah komstir, rangka utamanya berbelok sedikit ke kanan. Lalu rangka underbone, punya diameter yang berbeda, dan mengikuti lekuk tangki bahan bakar yang agak ke kiri.

Kira-kira kenapa dibuat seperti itu ya? Apa gak malah membuat pengendalian motor jadi berantakan?

Baca juga : Ragam Fitur Unggulan Yamaha Grand Filano 2023, Menggoda Buat Dipinang?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Distribusi Bobot

Alasan utama kenapa rangka Yamaha Grang Filano banyak lekukan dan berbeda ukurannya, karena mengejar distribusi bobot motor. Hal ini disampaikan Ferry Nurul Fajar, Team Coordinator Service Education Yamaha hari ini (13/2/2023) di Jakarta.

"Desain rangka dan frame pasti menopang mesin, bagasi, cover-cover. Dan taadi secara posisi, tangki nyerong kiri dan frame besar di kanan karena distribusi bobotnya kita perhitungkan," katanya.

Bentuk Rangka Asimetris, Yamaha Grand Filano Gak Stabil Dikendarai? 01

Rangka kiri diameternya 44 mm.

Dan perbedaan diameter rangka kiri dan kanan setelah diukur pakai sigmat, yakni rangka kanan diangka 54 mm, dan rangka kiri 44 mm. Ada beda 10 mm untuk ukuran rangka kiri dan kanan.

"Kenapa begitu, karena bagian kiri motor ada CVT, makanya rangka kiri lebih kecil. Karena distribusi bobot itu gak cuma depan, tengah dan belakang, tapi juga kiri dan kanan," lanjut Ferry.

Bentuk rangkanya pun berbeda jauh dengan milik Yamaha Fazzio. Apalagi tangki Yamaha Fazzio ada di belakang, bukan kolong dek seperti halnya Yamaha Grand Filano.

Baca juga : Yamaha Grand Filano Dilengkapi Kunci Darurat, Begini Fungsi dan Cara Pakainya

Bentuk Rangka Asimetris, Yamaha Grand Filano Gak Stabil Dikendarai? 02

Diameter rangka kanan 54 mm.

Nah, karena untuk distribusi bobot, sudah tentu handlingnya tetap nyaman dan stabil, tak ada kesan motor lari kiri atau kanan. Tim Autofun.co.id sendiri sudah mencoba motornya, maka ditunggu saja video first ridenya di channel Youtube MotoFun Indonesia ya.

Mesin Yamaha Grand Filano 2023

Yamaha Grand Filano ditenagai mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, dengan teknologi Blue Core. Jantung pacu itu bertenaga 8,2 PS @ 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm @ 5.000 rpm. 

Baca juga : Kejar Produksi, Yamaha Grand Filano Sudah Distribusi Januari Ini

Bentuk Rangka Asimetris, Yamaha Grand Filano Gak Stabil Dikendarai? 03

Rangka utama belok.

Mesin ini memiliki ukuran CVT yang lebih ringkas, juga dikenal dengan efisiensi bahan bakarnya, berkat sokongan dari SMG yang membantu meringankan putaran mesin, pada saat awal berakselerasi selama tiga detik.

Berdasarkan hasil tes dengan metode WMTC (World Motorcycle Test Cycle) dengan fitur SSS aktif, bisa mencatatkan konsumsi 1,66 liter/100 km atau 60,2 km/liter. Wah irit banget ya!

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });