window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Berencana Touring Akhir Tahun? Cek Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan

Harry · 19 Des, 2022 08:30

Berencana Touring Akhir Tahun? Cek Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan 01

Touring jadi aktivitas menyenangkan.
  • Persiapan cegah kejadian tak terduga.
  • Persiapan matang, touring pun aman.

Momen akhir tahun seperti saat ini banyak dimanfaatkan untuk melakukan touring bersama teman untuk melepas penat. Tapi jangan lupa, tetap harus ada persiapan khusus nih.

Ya meski sudah biasa berkendara lama dan jarak jauh, tetap harus ada persiapan agar selama perjalanan tak terjadi kendala, utamanya pada kuda besi kesayangan.

Tentunya gak mau dong lagi asyik riding eh tetiba motor ngadat, kalau rusak ringan masih bisa diperbaiki, tapi jika ternyata rusak berat dan mesin benar-benar tak mau hidup, gagal healing urusannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat touring?

Baca juga : Cek Per CVT Secara Berkala, Bisa Hindari Deretan Kerusakan Ini

Kondisi Fisik Prima

Namanya melakukan perjalanan jauh, tentu harus menyiapkan kondisi fisik agar fit selama perjalanan. Kurangi tidur larut malam, jaga asupan makanan dan lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum berkendara.

Lantas selama perjalanan, atur ritme dan jam keberangkatan untuk menjaga fisik tak cepat drop. Misalnya istirahat setiap dua jam sekali, minum air yang cukup dan lakukan peregangan.

Berencana Touring Akhir Tahun? Cek Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan 01

Servis sebelum touring itu wajib.

Periksa Kondisi Motor

Sebelum perjalanan tentu bisa cek motor terutama komponen vital seperti kondisi ban, rem dan juga oli mesin. Disarankan servis dan ganti oli mesin agar semuanya dalam kondisi baik.

Jangan lupa perhatikan lampu-lampu motor jangan ada yang mati, karena akan merepotkan jika perjalanan malam. Periksa juga kondisi aki dan bila perlu bawa kompresor kecil jika sewaktu-waktu ban kempis.

Atur Rute Perjalanan

Dengan kondisi jalan yang beragam di Indonesia, tak ada salahnya kenali dulu rute yang akan dilewati. Bisa dengan melihat video perjalanan lewat Youtube, kenali kondisi medan jalan dan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan.

Berencana Touring Akhir Tahun? Cek Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan 02

Hindari jalanan sepi saayt malam hari.

Jangan sampai jalan yang dilewati ternyata rawan dan melintas saat malam hari. Jika memang masih 'buta' jalur yang akan dilalui, bisa browsing terlebih dulu atau bertanya dengan warga sekitar.

Baca juga : Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan

Pakai Riding Gear yang Standar

Jangan lupa kelengkapan berkendara, yang bisa menutup semua bagian badan, dari helm full face, jaket, sarung tangan, celana panjang hingga sepatu. Selain sebagai pelindung, juga mencegah dari terkena debu dan angin secara langsung.

Berencana Touring Akhir Tahun? Cek Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan 03

Helm full face wajib untuk jalan jauh.

Jangan lupa persiapkan jas hujan, cover sepatu dan sarung tangan cadangan jika basah terkena hujan. O iya, helm tentu disarakan full face karena memiliki perlindungan lebih maksimal.

Terakhir tentu saja patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan jika hendak ngobrol menepi sejenak dan jika memungkinkan bisa menggunakan interkom helm sebagai sarana komunikasi.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });