window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bersikeras Ikut Tes Pramusim MotoGP 2022, Marquez Lakoni Uji Coba di Portimao dan Aragon

Ary · 22 Jan, 2022 17:00

Marc Marquez MotoGP 2022

Guna bisa andil di tes pramusim MotoGP 2022, Marquez harus melakukan pengujian di sirkuit GP.
  • Sirkuit Portimao menjadi lokasi pertama Marquez mengaspal pasca cedera. 
  • Marquez masih mengeluhkan penglihatannya.  

Marc Marquez bersikeras andil dalam tes pramusim MotoGP 2022. Seraya menjalani perawatan intensif seputar saraf matanya, pembalap Repsol Honda sudah mulai aktivitasnya di atas motor.

Baca juga: Intip Pengembangan Motor Petarung MotoGP 2022, Honda Paling Jelimet! 

Hal tersebut bahkan lebih dulu dilakukannya bersama motorcross. Sementara giat membesut motor di sirkuit, baru terlaksana pekan lalu. Sirkuit Algerve, Portimao (Portugal) pun menjadi lokasi pertama diinjak sang juara dunia MotoGP pasca pulih.  

Penglihatan Marquez Belum Sempurna

Memang belum menggunakan Honda RC213V tunggangannya. Pasalnya, agenda melahap lintasan Portimao kali itu dijalaninya bersama Honda RC213V-S. "Saya sangat senang, pertama karena bisa kembali mengandarai motor di trek dan juga memastikan sensasi saya meggunakan motorcross dan motor streetbike di sini," kata Marquez. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Marc Marquez Uji Coba di Portimao

Marquez menuntaskan 65 lap saat pengujian di Portimao bersama Honda RC213V-S.

Baca juga: Terbongkar! Valentino Rossi Sudah Galau Pensiun Sejak 2019

Meski mengaku merasakan hal yang luar biasa, Marquez belum nyaman dengan kondisi matanya. "Luar biasa dan lega karena bisa membalap. Tapi saya merasa tidak nyaman dengan penglihatan saya," katanya menukil dari Crash.net

"Karena saya sudah lama tidak membalap, saya melihat beberapa area fisik di mana sedikit kehilangan. Tapi, ini hanya karena saya tidak dapat menjalani pramusim seperti biasanya," papar juara dunia MotoGP enam kali.
 
Pasca melakukan uji coba bersama Honda RC213V-S, dirinya sadar banyak hal yang harus ditingkatkan. "Namun, hal positif dalam tes ini adalah untuk menegaskan kembali feeling dan menikmati kecepatan dengan baik," lanjut joki berjuluk The Baby Alien. 

Tak sampai di situ, Marquez pun kembali menjalani latihan di Sirkuit Aragon, Spanyol. Dari sini terlihat, Marquez benar-benar mempersiapkan diri untuk bisa terbang ke Sepang. Sebagaimana diketahui, tes pramusim MotoGP di Sepang akan berlangsung bulan depan (5-6 Februari 2022). 

Marquez Honda CBR600RR 2022

Saat pengujian di Aragon, Marquez menggunakan Honda CBR600RR.

Baca juga: Tim Gresini Racing MotoGP Rasa Indonesia, Sponsor Federal Oil Ikut Naik Kelas

Pengujian Kedua Bersama Honda CBR600RR

"Kami punya waktu dua minggu sampai pengujian di Sepang mulai. Jadi, saya mengambil kesempatan mengintensifkan persiapan fisik dan berlatih dengan motor," sambung Marquez. 

Bedanya kali itu, Honda CBR600RR 2022 yang kali itu ditunggangi oleh pemilik nomor 93 tersebut. Sebagai informasi pula, aktivitas ini memang menjadi syarat wajib dari pihak medis kepada Marquez. 

Dokter yang menangani Marquez bersikeras memintanya untuk melakukan serangkaian uji coba sebelum ke Sepang. Marquez harus menjalani pengujian ekstensif di sirkuit Grand Prix (GP), guna mengetahui kecepatannya. 

"Untuk memastikan hadir di Malaysia, saya mencobanya di sirkuit GP supaya 100% yakin ketika memulai pramusim dan siap menjalani musim balapan dengan normal. Sepertinya kami menuju ke arah yang baik. Tapi, perlu mencobanya lagi denga kecepatan tinggi," pungkas pembalap Spanyol. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });