window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini

Fariz · 24 Jan, 2022 17:30

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 01

Honda Vario jadi salah satu matic favorite untuk dibore up
  • Cegah overheat dengan extra fan dengan putaran rpm tinggi
  • Perlu modul tambahan untuk mengatur kapan nyala dan mati extra fan

Sejatinya Honda Vario series sudah dibekali dengan pendingin cairan alias radiator untuk mendinginkan mesinnya. Untuk kondisi standar, mungkin performa radiatornya sudah cukup mumpuni.

Namun bagi pengguna Vario yang sudah mengupgrade mesinnya tentu membutuhkan upgrade pula di sektor pendinginan agar terhindar dari overheat yang bisa membuat mesin jebol!

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 02

Extra fan yang siap menjaga suhu radiator dengan putaran 4.716 rpm ini dibanderol Rp 500 ribuan

Selain membypass jalur radiator, memasang electric water pump, hingga mengganti radiator yang lebih besar, ada acara lain untuk menjaga suhu radiator tetap stabil. Yaitu dengan menambahkan extra fan.

Seperti Vario 125 milik Febriyan Alfiano Ramadhan yang sudah menjadi 155 cc dengan power 20,2 PS garapan Duta Motor Sport (DMS) yang akhirnya ditambahi kipas pendingin tambahan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Extra Fan

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 01

Cover sisi bawah harus sedikit dicoak untuk menyesuaikan ruang di balik radiator Vario

Baca juga: Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter?

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 02

Modul temperatur harus dipasangkan untuk mengatur waktu nyala dan mati extra fan

“Kipas tambahan ini menyedot udara panas dari radiator, dipasangnya di sisi dalam radiator. Jadi memang posisi radiator jadi sedikit keluar karena harus dipasangi bushing di baut dudukannya,” sebut Ryan Fasha dari DMS.

Jelas semburan kipas tambahan tersebut lebih kencang dibanding extra fan aftermarket yang sudah banyak dijual untuk Vario, karena spesifikasi extra fan yang dipasang DMS punya kitiran mencapan 4.716 rpm.

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 03

Sensor panas dari modul temperatur ditempel di blok atau kepala silinder yang merupakan sumber panas terbesar

“Udah gitu di balik kipasnya ada cover yang ngarahin angin panas yang disedot dari radiator nyembur ke bawah, jadi hawa panasnya gak menghembus ke mesin yang malah bisa bikin mesin panas lagi,” tunjuknya.

Modul Temperatur

Untuk mengaktifkannya tentu membutuhkan modul baru, karena itu sebuah modul temperatur ikut dipasang agar bisa mengatur nyala dan hidupnya sesuka hati. “Ini buat nentuin di suhu berapa derajat kipas nyala dan di suhu berapa derajat kipas mati.”

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 04

Baut dudukan radiator harus dibuatkan bushing baru agar terdapat ruang lega untuk extra fan

Baca juga: Honda Vario 150 2021 Kena Diskon Jutaan, Cuma Sampai Besok!

Bikin Honda Vario Bore Up Anti Kepanasan, Cukup Tambah Extra Fan Ini 05

Radiator Vario yang sudah disematkan extra fan posisinya jadi lebih keluar

“Sensor suhu baiknya ditempel di blok atau head, karena kan sumber panas terbesar dari situ, jadi lebih akurat. Extra fan harganya Rp 500 ribuan, belum termasuk modul dan jasa pasang. Bisa juga dipasang di matic lain,” tambah pria yang bengkelnya ada di Jl. Mayor Hasibuan No.60, Bekasi, Jabar.

Selain bisa menjaga suhu radiator dengan baik, ternyata ada keunggulan lain dari extra fan ini. “Karena dia gak nempel ke mesin, jadi kinerjanya gak membebani mesin. Kipas bawaan motor yang nempel di magnet juga dilepas, jadi putaran mesin lebih ringan,” tutupnya.

Adeeeemm…

Duta Motor Sport: 0896-4735-7460

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });