window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini

Ilham · 9 Agu, 2022 16:30

Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini 01

  • Bisa buat touring dan harian.
  • Pemasangannya khusus agar lebih awet.

Melakukan perjalanan bermotor jarak jauh seperti touring atau untuk kebutuhan mobilitas harian, kenyamanan berkendara mutlak dibutuhkan. Banyak cara untuk menambah kenyamanan di motor. Salah satunya menambah bahan latex di jok.

Penggunaannya dikenal luas di kalangan pecinta touring dan pemotor harian karena banyak hal positif yang didapatkannya. Mulai dari menambah empuk jok hingga membuat awet busa, karena lapisan karet tersebut terbilang awet.

Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini 02

Lapisan latex (berpori)

Seperti dikatakan oleh Andre dari bengkel jok motor Black Sweet di Kampung Makassar, Jakarta Timur. Menurutnya penggunaan bahan latex banyak dipilih oleh penggemar touring dengan matic gambot seperti Yamaha NMax dan Honda PCX.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi tak sedikit juga pengguna harian yang menambah bahan latex untuk tunggangannya. "Kebanyakan pengguna skuter matic Honda seperti Beat atau Vario yang pasang latex. Karena busa jok bawaannya tipis dan keras," paparnya.

Baca Juga: Kejutan, Kawasaki Pamer Motor Hybrid dan Listrik di Suzuki 8 Hours

Cara Pasang Khusus 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan awet, Andre mengatakan jika ada cara pasang yang berbeda dari penambahan busa biasa. Di mana lapisan latexnya ditanam di bagian tengah jok.

Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini 01

Bagian latex ditanam di tengah busa

Jadi lapisan latex tersebut nantinya akan dipasang busa lagi di atasnya. Hal ini dilakukan supaya empuknya lebih awet dan bentuk jok masih terjaga. 

"Kalau latex dipasang langsung bagian atas, jadinya sulit dibentuk karena tekstur jok akan kayak bantal. Selain itu, jok juga cepat kempes, karena latex langsung ketemu lapisan kulit dan ikut tertarik ke bawah," urai Andre.

Biaya Mulai Rp 400 Ribuan

Soal biaya pasang latex, Andre mematoknya berdasarkan jenis motor. Karena berpengaruh pada banyak atau tidaknya bahan yang dipakai. Semisal untuk motor kecil seperti Honda Beat atau Yamaha Mio banderolnya Rp 400 ribu. Sedangkan Yamaha NMax dan Honda PCX kena Rp 450 ribu. 

Baca juga : Bikers Pemula Jangan Anggap Sepele Motor Matic, Salah-Salah Bisa Celaka!

Bikin Nyaman Jok Motor Bisa Tambahkan Busa Latex, Siapkan Biaya Segini 02

Bisa dikombinasikan dengan motif jok custom

Bisa juga dikreasikan dengan lapisan kulit model custom yang menghadirkan tampilan unik. Banderolnya pun berbeda, contohnya untuk bahan kulitnya saja, Yamaha NMax kena Rp 650 ribu untuk bahan busa biasa dengan lapisan MB Tech. 

Sedangkan penambahan latex dibanderol Rp 250 ribu. Jadi totalnya Rp 900 ribu. Waktu pengerjaannya pun berbeda. "Untuk jok custom paling cepat pengerjaannya 5 hari. Kalau request versi warna, bisa sampai seminggu dengan biaya lapisan kulit jok saja Rp 800 ribuan," pungkas pria berkacamata ini.

Berminat?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });