Bikin Yamaha Lexi Lebih Pakem dan Padat Modal Cakram R25, Segini Biayanya
Fariz · 30 Mei, 2022 12:00
0
0
Harus bikin adaptor agar cakram R25 bisa terpasang di Lexi
Bracket kaliper menyesuaikan dengan kaliper yang digunakan
Pengereman jadi salah satu sektor penting dan jadi komponen favorit untuk dimodifikasi. Pasalnya banyak sekali produsen aftermarket yang membuat ragam part pengereman.
Dari mulai master rem, selang rem, kaliper, hingga cakram. Selain membuat tampilan lebih apik, penggantian tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan performa rem.
Untuk cakram sendiri misalnya, sudah banyak merek aftermarket yang menyediakan model serta warna yang beragam, salah satu contohnya untuk Yamaha Lexi.
Buat yang ingin tampil beda dan tetap terlihat OEM (Original Equipment Manufacturer) bisa tengok modifikasi yang dilakukan oleh Fat Motorsport yang menggunakan cakram orisinal milik Yamaha R25.
Hasilnya pengereman akan lebih menggigit karena diameter cakram yang membesar, juga membuat tampilan roda depan lebih padat berisi. Tapi memang bisa dipasang ke Yamaha Lexi?
Bisa tapi tentunya ada modifikasi yang dilakukan, karena lubang baut cakram Lexi hanya tiga sedangkan Yamaha R25 pakai lima baut, tentu perlu ada penyesuaian agar bisa terpasang.
“Makanya perlu pakai adaptor. Adaptornya dibuat pakai aluminium seri enam yang merupakan satu tingkat di bawah seri tertinggi, makanya dijamin kuat,” urai Wiryawan, owner Fat Motorsport yang ada di Jl. Jendral Ahmad Yani, Matraman, Jaktim.
Adaptornya dibuat menggunakan mesin milling agar dapat terpasang secara presisi, karenanya butuh waktu lebih dalam pengerjaannya. “Tebal adaptor 12 mm dan dibuat nat untuk cakramnya sedalam 1 mm agar lurus dengan kaliper,” sahut Heri salah satu mekanik di Fat Motorsport.
Penyesuaian juga perlu dilakukan pada braket kalipernya, ini karena cakram Yamaha R25 lebih lebar dibanding milik Lexi. Dari yang awalnya berkisan 230 mm, menjadi 295 mm.
“Braket kaliper dibuat pakai bahan aluminium yang sama. Untuk braket kaliper monoblock Rp 800 ribuan, kalau kaliper biasa Rp 400 ribuan. Kalau adaptor cakramnya Rp 700 ribu belum termasuk cakramnya,” tutup Wiryawan.
Mau cakram lebar namun tetap OEM look? Langsung meluncur deh.