Bobot lebih Enteng dari Kawasaki ZX-25R, Ini Spesifikasi KTM RC 8C 2022
Ary · 21 Jul, 2021 14:00
0
0
KTM RC 8C 2022 dihadirkan untuk memenuhi hasrat pecinta balap dunia. Walau hanya diproduksi 100 unit dan bukan produk street legal, motor ini terbilang layak untuk diburu. Kepemilikan terhadapnya pun cukup prestise, lantaran mengadopsi DNA ala motor balap KTM di MotoGP.
Pabrikan asal Austria menyebut, KTM RC 8C 2022 didesain oleh tim yang sama dengan pembuat KTM RC16. Fasad, motor ini tampak senada dengan tunggangan para pembalap MotoGP KTM. Tengok saja desain fairingnya. Bahkan, material GRP dengan karbon kevlar nan ringan namun kuat, teraplikasi pula pada bagian tersebut.
Tampilannya semakin mirip berkat sematan berupa winglet karbon fiber. Bahan serupa itu pun dapat ditemui pula pada sepatbor depan. Lalu demi efektivitas bongkar-pasang, fairing maupun sepatbor sudah menggunakan sistem quick release system.
Dilengkapi Winglet dan Swingarm Scoop
Menyoal winglet pada KTM RC 8C 2022 pun sejatinya punya fungsi serupa. Bertugas memberikan stabilitas ketika dipacu pada kecepatan tinggi, serta efek down force kala masuk dan keluar tikungan.
Tak cukup sampai di situ. Aerodinamika terhadap KTM RC 8C juga dimaksimalkan lewat terapan swingarm scoop. Yap, sebuah item yang kini dipakai oleh kuda besi petarung MotoGP. Bukan semata memberikan dorongan ke bawah. item yang terletak di bagian depan-bawah roda belakang itu jua berfungsi memberikan efek pendinginan terhadap si karet bundar.
Hal menarik pada KTM RC 8C 2022 juga terletak pada sektor rancang bangun. Sasis trellis yang menjadi salah satu ciri khas KTM, tetap terlihat pada motor ini. Hanya saja, pengerjaan rangka utama berbahan Chromium-Molybdenum steel tersebut diserahkannya kepada Kramer Motorcycles.
Tak semata kuat dan ringan. Penggunaan sasis tersebut pun diklaim membuat bobot KTM RC 8C 2022 sangat ringan. Tentu saja ditunjang oleh item lain semisal pelek aluminium dan triple clamp. Alhasil, berat tubuh KTM RC 8C 2022 hanya 140 kg saja. Timbangan ini bahkan lebih enteng dari Kawasaki ZX-25R 2021 yang memiliki catatan 180 kg (non-ABS).
Sedang untuk kaki-kaki, KTM RC 8C mengandalkan usungan suspensi dari WP Suspension. Fork tipe WP APEX PRO 7543 berdiameter 43 mm dengan bahan aluminium, dipasang untuk mengawal roda depan. Garpu depan ini punya setelan compression dan rebound. Untuk menghentikan laju ban, terdapat sepasang cakram 290 mm bertemankan kaliper radial empat piston Brembo Stylema Monobloc.
Sementara di bagian belakang, bersarang suspensi tunggal merek serupa dengan pengaturan rebound dan compression. Mengenai pengereman belakang, KTM RC 8C mengandalkan kaliper model floating dua piston beserta satu buah cakram 230 mm.
Dengan rancang bangun demikian, pembeli KTM RC 8C dijamin mendapatkan impresi layaknya pembalap MotoGP. Ditambah lagi dengan bobot yang ringan tadi. Meski begitu, setelan posisi berkendara, utamanya ketinggian jok dan ground clearance-nya cukup tinggi. Masing-masing disetel 820 mm dan 150 mm.
Adopsi Mesin KTM 890 Duke R 2022
Selaras dengan pemberitaan kami sebelumnya. KTM RC 8C 2022 nyatanya mengadopsi mesin kepunyaan KTM 890 Duke R 2022. Mesin dua silinder ini berkapasitas 889 cc. Walau begitu, perbedaan output didapat dari dengan rancangan bore x stroke: 90,7 x 68,8 mm ini. KTM RC 8C 2022 mampu menorehkan tenaga 127,8 PS dan torsi maksimal 101 Nm. Sementara KTM 890 Duke R 2022 ialah 121 PS dan torsi 99 Nm.
Untuk mengoptimasi, KTM RC 8C 2022 juga sudah dilengkapi dengan assist and slipper clutch serta quick shifter dua arah. Terdapat pula data logger yang terintegrasi dengan GPS. Ditujukan bagi pembeli untuk mengetahui, menganalisa catatan waktu di setiap lap time. Hal itu bahkan dapat dilihat langsung dari panel meter TFT berukuran 5 inci.
Sesuai slogan pabrikan "Ready to Race", KTM RC 8C 2022 memang siap untuk balapan. Motor ini jua menyediakan tombol untuk wt dan dry mapping. Pendukungnya semakin lengkap dengan adanya tombol pengaturan engine brake. Pantaskah motor ini dibanderol setengah miliar lebih?
Spesifikasi KTM RC 8C 2022
Mesin
Tipe
4-tak paralel twin
Kapasitas
889 cc
Diameter x Langkah
90,7 x 68,8 mm
Suplai Bahan Bakar
Injeksi
Transmisi
Manual 6-speed
Tenaga Maksimal
127,8 PS
Torsi Maksimal
101 Nm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka
Chrome-molybdenum steel tubular space frame, powder-coated
Suspensi Depan
WP Suspension USD 43 mm WPXACTPRO7543
Suspensi Belakang
Monoshock WP Suspension WPAPEXPRO7746
Rem Depan
2 x Brembo Stylema Monobloc four piston, radially mounted caliper, disc brake 290 mm
Rem Belakang
Brembo twin-piston floating calliper, brake disc 230 mm
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!