window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bodi Terbuat Dari Pelat Besi, Ini 6 Jurus Jitu Bikin Bodi Vespa Sprint Terus Mengkilap

Nussa · 5 Jan, 2021 11:30

Sesuatu yang dipakai bisa menjadi cerminan diri kita. Tak terkecuali dengan motor yang dikendarai. Contohnya, banyak orang yang menyukai sesuatu yang klasik dan retro memilih untuk mengendarai Vespa Sprint. Selain pilihan motor, tampilannya juga bisa mencerminkan pengendaranya. Jika motor kurang terawat kebersihannya, bisa jadi pemiliknya juga dikira malas melakukan perawatan.

Maka itu, agar tidak dinilai jorok oleh orang lain, Vespa Sprint harus tetap dijaga kebersihan dari tampilannya. Jangan hanya bersih, tapi usahakan juga bodinya selalu mengilap. Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membuat bodi Vespa Sprint tetap mengilap seperti baru.

Bodi Terbuat Dari Pelat Besi, Ini 6 Jurus Jitu Bikin Bodi Vespa Sprint Terus Mengkilap 01

1. Rutin Mencuci Motor

Mencuci motor merupakan suatu kewajiban setiap pemilik motor jika ingin motornya tetap bersih dan terawat. Jangan jadikan hal ini sebagai beban. Vespa Sprint perlu rajin-rajin dicuci, apalagi di saat musim hujan. Jika sedang lelah atau malas mencucinya, tak ada salahnya untuk dibawa ke tukang cuci motor. Biasanya, tarif yang dikenakan untuk Vespa Sprint berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

2. Jangan Gunakan Deterjen

Dengan fungsinya yang sama seperti sabun atau shampoo, banyak yang beranggapan mencuci motor menggunakan deterjen tak akan jadi masalah. Sebenarnya bisa saja menggunakan deterjen, tapi bukan untuk bagian bodi. Mencuci bodi Vespa Sprint menggunakan deterjen akan membuat bodi cepat kusam. Gunakan deterjen hanya untuk bagian mesin saja. Lebih baik gunakan shampoo khusus mobil, karena bodinya sama-sama berbahan logam.

Bodi Terbuat Dari Pelat Besi, Ini 6 Jurus Jitu Bikin Bodi Vespa Sprint Terus Mengkilap 01

3. Bersihkan Motor Secara Detail

Banyak pemilik Vespa Sprint yang asal-asalan saat mencuci motornya. Membersihkan bagian bodi dan part-part yang terlihat atau mudah dijangkau saja. Padahal, bagian lain seperti area mesin dan kolong motor juga perlu untuk dibersihkan secara rutin. Untuk area mesin, bisa gunakan sikat gigi bekas atau kuas agar bisa menjangkau daerah atau sudut yang sempit. Tak ada salahnya untuk menggunakan sedikit bensin guna menghilangkan noda oli yang membandel.

4. Hindari Terkena Air Hujan

Sebisa mungkin, jaga bodi Vespa Sprint jangan sampai terkena air hujan. Jika tak terhindarkan seperti saat musim hujan, rajinlah mencucinya. Kandungan pada air hujan bersifat korosif. Tak hanya membuat tampilan Vespa Sprint menjadi kusam, tapi juga berpotensi menimbulkan terjadinya korosi atau karat. Selain itu, hindari juga mengelap bodi Vespa Sprint ketika masih basah karena hujan. Sebaiknya, bilas dulu dengan air bersih, baru dilap hingga benar-benar kering. Sebab, kemungkinan masih ada debu menempel karena air hujan. Jika terburu-buru untuk dilap, berpotensi membuat bodi Vespa Sprint menjadi lecet.

Bodi Terbuat Dari Pelat Besi, Ini 6 Jurus Jitu Bikin Bodi Vespa Sprint Terus Mengkilap 02

5. Poles Secara Rutin

Jangan hanya dicuci saja, untuk membuat bodi Vespa Sprint selalu mengilap juga perlu untuk dipoles secara rutin. Gunakan wax untuk membuatnya mengilap dan terlihat basah atau wet look.

6. Cari Lokasi Parkir Yang Teduh

Saat memarkir Vespa Sprint, sebaiknya di tempat yang teduh. Lebih baik lagi jika di bawah atap. Jangan biasakan parkir motor di ruang terbuka dan membiarkan motor terpapar sinar matahari langsung serta diguyur air hujan. Jika terpaksa, beri penutup seperti sarung motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });