window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bukan Guyonan, Ini Alasan Motor Tanpa Tutup Pentil Ban Bisa Ditilang

Ilham · 6 Jun, 2023 13:00

Tutup pentil ban

Tutup pentil ban
  • Fungsinya penting di ban.
  • Ada efek negatif jika dicopot.

Sebelum adanya ETLE (tilang elektronik) seperti saat ini, pengguna motor yang tak memakai tutup pentil ban bisa ditilang. 

Saat ini, pelanggaran tersebut sudah tidak berlaku, meski tilang manual kembali berlaku.

Memang terdengar mengada-ada dan konyol. Namun sebenarnya part kecil tersebut punya fungsi yang cukup penting pada ban motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sehingga walaupun sudah tidak ada tilang untuk yang tak memakai pentil ban, namun peranti kecil itu tetap wajib terpasang dan diperhatikan kondisinya.

Baca Juga: Vespa GTS 2023 Rilis Besok, Pakai Keyless dan Panel Meter Digital!

Lindungi Part Kecil

Seperti disampaikan oleh Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban motor IRC dan Zeneos saat Autofun hubungi pekan ini. 

Menurutnya di bagian dalam pentil ban, terdapat beragam komponen kecil yang sensitif, sehingga wajib dilindungi dengan tutup pentil.

Bukan Guyonan, Ini Alasan Motor Tanpa Tutup Pentil Ban Bisa Ditilang 01

Wajib dijaga kebersihannya

"Bagian dalam pentil ban, baik tubeless atau yang pakai ban dalam itu sensitif. Karena ada komponen teknikal seperti drat kecil dan jarum."

"Komponen tersebut sensitif karena bisa terpengaruh oleh kotoran dan debu. Ini alasannya dibutuhkan tutup pentil, yakni untuk menjaga kondisi bagian dalamnya agar tidak masuk kotoran dan debu," urainya.

Baca Juga: Kawasaki Athlete Pro Bekas Tembus Rp 15 Juta, Cek Lima Fakta Menariknya

Jaga Kondisi Tutup Pentil

Nah, agar kondisi ban tetap terjaga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya pemasangannya yang jangan sembarangan. 

Biasanya tutup pentil dipasang asal setelah isi angin, atau mengecek angin ban. Kondisi ini membuat debu dan kotoran tetap berpotensi masuk ke celah pentil ban.

Bukan Guyonan, Ini Alasan Motor Tanpa Tutup Pentil Ban Bisa Ditilang 02

Dulu bisa ditilang

Sehingga untuk merawatnya, cukup diperiksa kebersihan area tutup pentil. Serta memastikan posisinya sudah benar.

"Apalagi kalau ban nggak pakai tutup pentil, pas parkir bisa masuk kotorannya," jelas pemukim daerah Ciledug tersebut.

Efek Tak Memakai Tutup Pentil

Karena komponen yang langsung terefek pada absennya tutup pentil adalah drat dan jarum. Jika komponen itu bermasalah, udara di dalam bisa keluar yang menyebabkan ban kurang angin.

Bukan Guyonan, Ini Alasan Motor Tanpa Tutup Pentil Ban Bisa Ditilang 03

Efeknya akan seperti bocor halus

"Nanti efeknya seperti bocor halus. Jangka waktunya bisa seminggu atau dua minggu, lalu ban seperti kurang angin," wanti pria ramah ini.

Tentu ban yang kurang angin punya banyak efek negatif, mulai dari tarikan motor lemot hingga boros BBM.

Penting juga kan...

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });