window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam

Ilham · 30 Mar, 2023 15:30

Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam 01

Tentara Vietnam mengandalkan Honda Supra Fit.
  • Diandalkan untuk latihan tembak.
  • Modelnya masih dijual dalam kondisi baru di Vietnam.

Motor bebek Honda Supra Fit mungkin jamak ditemui untuk kendaraan harian. Mulai dari di perkantoran atau pasar, juga fleet untuk delivery order. Namun di Vietnam justru buat perang.

Yup, jangan kaget dulu. Honda Supra Fit yang punya nama Wave Alpha di sana tentu bukan langsung jadi armada perang seperti tank atau alutsista umumnya. Akan tetapi sebagai sarana latih tembak para prajurit di sana.

Seperti dilansir akun Twitter @RandomWorldWar, Honda Wave Alpha dipakai oleh pasukan khusus Vietnam untuk melakukan latihan tembak belum lama ini. Hal ini pun viral dengan lebih dari 9.000 loves oleh pengguna Twitter.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tentu aksi bersama Honda Wave Alpha bukan tanpa tujuan. Sebab kegiatan ini dilakukan justru untuk melatih skil penembak saat kendaraan berjalan, atau metode drive-by. 

Dalam pengoperasiannya, posisi pengguna motor berboncengan. Pengendara motor fokus ke jalan. Sementara pembonceng menembak dengan senjata berupa senapan Micro Uzi submachine gun. Sangar!

Baca Juga: Wow! Honda Supra Fit Baru Dijual Rp19 Jutaan, Apa Istimewanya?

Masih Dijual Versi Barunya

Seperti diketahui, Honda Supra Fit sudah lama hadir di Indonesia, yakni sejak tahun 2005 silam. Sosoknya pun tergantikan Honda Revo (Spesifikasi | Berita) Fit pada tahun 2011.

Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam 01

Menariknya di Vietnam bebek entry level ini masih dijual dalam versi barunya. Tampilannya sama seperti Honda Supra Fit lawas di Indonesia. Tapi Honda Vietnam sempat melakukan penyegaran pada Oktober 2022 lalu.

Pembaruan yang dilakukan pun minim, yakni pada piliha warna dan grafisnya saja. Termasuk pada grafis di bagian dalam panel spidometer.

Baca Juga: Makin Marak, Aksi Viral Ugal-Ugalan Remaja Belasan Tahun Berujung Kecelakaan Maut

Detail Fitur Masih Jadul

Meski grafisnya disegarkan, tapi soal fiturnya masih sama seperti Honda Supra Fit yang kita kenal sejak 2005 silam. Seperti lampu-lampunya yang masih memakai model bohlam.

Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam 02

Spidometer full analog

Lalu panel spidometernya pun masih full analog dengan informasi terbatas. Seperti pemantau kecepatan, odometer, fuel meter, indikator sein dan high beam. Lalu ada gear position dan Neutral.

Bukan hanya itu, bahkan rem di kedua rodanya pun masih tromol. Rem tersebut mengawal pelek jari-jari dengan ban berukuran 17 inci. Lalu rumah kuncinya bertipe magnetic key shuttered.

Mesin Sedikit Berbeda

Beralih ke mesin, di sini letak perbedaan antara versi di Indonesia dan Vietnam. Di sana bukan memakai tipe 100 cc seperti Supra Fit di Indonesia. 

Busyet! Honda Supra Fit Jadul Jadi Armada Perang di Vietnam 03

Namun Wave Alpha justru mengandalkan mesin yang mirip dengan Honda Revo Fit di sini. Volumenya 109 cc berpendingin udara, SOHC dan bertransmisi semi-otomatik 4-speed. Tenaganya diklaim menyentuh 8,2 PS dan torsi 8,4 Nm.

Di Vietnam, motor ini dijual 17,8 juta Dong yang setara Rp 11,1 jutaan. Masih murah ya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });