window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cara Instan Bikin Motor Nampak Futuristik, Pakai Saklar Bajaj Pulsar!

Ilham · 28 Des, 2021 09:00

Cara Instan Bikin Motor Nampak Futuristik, Pakai Saklar Bajaj Pulsar! 01

Saklar Bajaj Pulsar punya lampu LED di bagian dalamnya
  • Saklar Bajaj Pulsar punya fitur glow in the dark
  • Masih banyak yang jual saklar Bajaj Pulsar

Komponen modifikasi pada motor tidak melulu harus datang dari produsen aftermarket, atau keluaran resmi pabrikan sebagai peranti aksesoris resmi. Parts standar pun bisa dipakai untuk menunjang tampilan motor makin keren. Seperti saklar Bajaj Pulsar.

Bukan tanpa sebab saklar Bajaj Pulsar digemari oleh para pecinta modifikasi. Pasalnya, saklar tersebut bisa mendongkrak tampilan motor dengan kesan canggih setelah memakainya.

Hal tersebut karena saklar Bajaj Pulsar sudah dilengkapi dengan lampu LED di bagian dalamnya. Sehingga bisa memancarkan cahaya iluminasi yang terlihat futuristik.

Cahaya lampu berwarna biru tersebut makin keren saat menyala di malam hari. Istilah kerennya, glow in the dark. Sehingga meski bukan peranti aftermarket, namun saklar Bajaj Pulsar selalu digemari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Fungsi Dan Tombol Saklar Bajaj Pulsar

Secara umum, saklar Bajaj Pulsar punya fungsi dan tombol yang persis dengan kebanyakan motor. Kecuali di sektor lampu LED iluminasinya, saklar tersebut memiliki fungsi starter elektrik, lampu senja dan lampu utama, serta lampu dim atau passing lamp.

Cara Instan Bikin Motor Nampak Futuristik, Pakai Saklar Bajaj Pulsar! 01

Punya fungsi standar, plus engine cut off

Kemudian ada fungsi klakson, sein juga ada pula fungsi engine cut off untuk mematikan mesin. Serta adanya fitur lampu hazard. Menariknya, Bajaj Pulsar yang dikenal tahan banting dan banjir juga termasuk di peranti ini. Tombol elektrik starter dari saklar Bajaj Pulsar terbilang jarang korslet karena sering terkena hujan.

Baca Juga: Lupa Ganti Oli Gardan Skutik, Siap-siap Keluar Duit Ratusan Ribu!

Cara Pasang Tak Bisa Plug And Play

Seperti disebut sebelumnya, saklar Bajaj Pulsar diincar oleh penggemar modifikasi untuk dipakai di berbagai jenis motor. Mulai dari sesama motor sport seperi Yamaha Vixion dan Honda Tiger, juga ke tipe lain.

Cara Instan Bikin Motor Nampak Futuristik, Pakai Saklar Bajaj Pulsar! 02

Bisa dipakai di bermacam motor, termasuk Yamaha Nouvo lawas

Seperti jenis motor matic seperti Honda Vario, Yamaha Nmax hingga Yamaha Nouvo. Serta pelengkap modifikasi motor bebek seperti Yamaha MX-King 150 atau Suzuki Satria FU 150.

Meski bisa digunakan ke bermacam tipe dan merek motor, ternyata saklar Bajaj Pulsar tidak bersifat plug and play, alias langsung pasang ke motor lho, karena ada beberapa penyesuaian yang dibutuhkan untuk memasangnya.

Diantaranya butuh penyesuaian pada bagian kabel soket saklar Pulsar agar mengikuti jalur kabel bawaan motor yang akan dipasang. Begitu juga penyesuaian posisi kabel gas, seperti di Yamaha Nouvo yang butuh membuatkan lubang pengunci lagi, karena lokasinya yang berbeda.

Sebaiknya, jika ragu untuk memasangnya sendiri lebih baik di pasang pada tempat yang mengenal jelas mengenai soal kelistrikan. Selain agar pemasangan rapi, juga untuk mencegah gagal fungsi karena kesalahan pemasangan.

Baca Juga: Kawasaki Ninja 250 2021 Lebih Responsif Hanya Ganti Busi, Kok Bisa?

Harga Saklar Bajaj Pulsar

Memang Bajaj Pulsar sudah lama tidak dijual di Indonesia. Namun bukan berarti peranti tersebut sulit didapat. Karena beberapa gerai modifikasi motor atau speed shop masih kerap menawarkan saklar Bajaj Pulsar plus pemasangannya.

Cara Instan Bikin Motor Nampak Futuristik, Pakai Saklar Bajaj Pulsar! 03

Mudah ditemui di online shop

Rata-rata harga yang ditawarkan sekitar Rp 300-410 ribu. Tergantung basisnya, ada yang diambil dari Bajaj Pulsar 135, atau Kawasaki Bajaj Pulsar NS200.

Sayangnya karena permintaan yang masih juga tinggi, kondisi ini dimanfaatkan juga oleh banyak pihak tak bertanggung jawab dengan menjual versi KW atau palsunya. Komponen KW tersebut tidak terjamin kualitasnya. Jadi mending beli yang asli sekalian ya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });