window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Daftar Motor Besar yang Ramah untuk Orang Berpostur Pendek, Ada Banyak Nih!

Nussa · 9 Jan, 2022 13:00

Harley-Davidson Street Bob

Motor jenis cruiser rata-rata posisi duduknya rendah.
  • Motornya adalah unit yang dijual di Indonesia.
  • Tinggi jok rendah dan bentuknya tak terlalu lebar jadi pilihan.

Pada umumnya, motor besar mendapat sebutan seperti itu bukan hanya karena kapasitas mesinnya saja yang besar. Tapi, dari segi dimensi juga terlihat besarnya. Sebagian besar motor ini diperuntukkan bagi orang-orang dengan tinggi badan di atas rata-rata orang Asia.

Meskipun, ada saja pencinta roda dua yang memiliki postur yang tidak terlalu tinggi, tapi tetap mengendarai motor besar. Hal itu bisa dilakukan, tapi tentu tidak senyaman jika kaki dapat menapak sempurna ke tanah.

Ada juga beberapa motor besar yang tinggi tempat duduknya cukup bersahabat dengan orang Asia pada umumnya. Sebagai referensi, kami mematok tinggi orang Indonesia 155 cm hingga 165 cm atau yang memiliki rentang kaki (inseam) 65 cm hingga 75 cm.

Jika tinggi badan Anda di bawah kisaran itu, jangan khawatir, karena sekarang ini sudah tersedia suspension lowering kit untuk sebagian besar motor modern. Sedikit jinjit tidak masalah, yang penting motor bisa ditegakkan. Sebab, saat sudah melaju, maka motor akan terasa ringan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kami sudah membuat pilihan motor yang cocok bagi para pengendara dengan tinggi badan tidak terlalu jangkung. Beberapa kriteria yang kami pilih adalah tinggi jok masih cukup terjangkau dan lebar jok juga cukup ramping agar kaki tidak terlalu mengangkang. Bobot motor tidak terlalu berat untuk ditahan dengan satu kaki. Tentunya, motornya juga harus tersedia di Indonesia.
 
Berikut ini kami pilihkan 9 motor besar yang cocok bagi para pencinta roda dua yang postur tubuhnya tidak jangkung. 

Honda CBR500R 2022

Honda CBR500R

Selain nyaman, karakter mesinnya masih ramah.

Honda CBR500R bisa dibilang merupakan motor sport yang cukup bersahabat. Meski kapasitas mesinnya besar, tapi hanya 2-silinder. Sehingga, mudah dikendalikan dari segi tenaga.

Bobotnya mencapai 192 kg, tapi tinggi tempat duduknya hanya 789 mm. Untuk pengendara dengan tinggi di bawah 165 cm, diyakini masih bisa menguasai motor ini.

Ducati Monster 797

Ducati Monster 797

Tampil gagah tapi ramah dipakai.

Ducati merupakan salah satu motor Italia yang banyak digemari. Desainnya yang agresif cukup menggoda dan performa mesinnya juga ganas. Dengan model naked bike dan setang yang lebar, membuat pengendalian motor jadi lebih mudah.

Monster 797 memiliki bobot cukup ringan, yakni 175 kg. Tinggi tempat duduknya 805 mm, sedikit tinggi karena memang disesuaikan dengan postur tubuh orang Eropa. Meskipun jinjit, tapi joknya cukup ramping.

Yamaha MT-07

Yamaha MT-07

Naked bike yang ringan untuk harian.

Naked bike bergaya streetfighter ini memiliki desain yang agresif. Begitu pula dengan performanya, karena motor ini dijuluki sebagai Master of Torque.

Motor pabrikan Jepang ini masih lebih bersahabat dengan postur tubuh orang Asia. MT-07 memiliki bobot 183 kg dengan tinggi tempat duduk mencapai 805 mm.

Honda Rebel 500 2022

Honda Rebel 500

Jadi salah satu moge terlaris Honda di Indonesia.

Motor besar dengan gaya cruiser pada umumnya memiliki tinggi tempat duduk yang cukup rendah. Salah satunya seperti Honda Rebel 500 yang disukai penggemar moge Tanah Air.

Dengan menggendong mesin 2-silinder berkapasitas 500 cc, bobotnya mencapai 191 kg. Tapi, tinggi tempat duduknya hanya 690 mm. Tempat duduknya juga cukup ramping, sehingga kedua kaki masih bisa menapak dengan sempurna.

Harley-Davidson Street Bob

Cek Daftar Motor Besar yang Ramah untuk Orang Berpostur Pendek, Ada Banyak Nih! 05

Harley-Davidson yang ramah dengan jok rendah.

Motor Harley-Davidson rata-rata memiliki tinggi tempat duduk yang cukup terjangkau. Sebab, banyak yang mengusung gaya cruiser. Salah satunya adalah Street Bob ini.

Tinggi tempat duduknya hanya 655 mm dan bobotnya tembus 297 kg. Jadi, meskipun motornya cukup berat, tapi pengendara bisa cukup menguasainya karena kedua kaki dapat menapak dengan sempurna ke tanah.

Ducati Scrambler

Cek Daftar Motor Besar yang Ramah untuk Orang Berpostur Pendek, Ada Banyak Nih! 06

Cocok untuk yang suka merek Eropa.

Ducati menawarkan motor bergaya retro yang cukup bersahabat dengan pengendara pemula atau pengendara yang baru menggunakan motor besar. Tinggi tempat duduknya juga cukup terjangkau.

Bobot motor bergaya scrambler ini hanya 189 kg. Sedangkan tinggi tempat duduknya, mencapai 798 mm. Ducati juga menawarkan jok pilihan yang membuat tingginya turun menjadi 778 mm.

Kawasaki Vulcan S

Cek Daftar Motor Besar yang Ramah untuk Orang Berpostur Pendek, Ada Banyak Nih! 07

Musuh berat Honda Rebel 500.

Satu lagi motor Jepang bergaya cruiser, yakni Kawasaki Vulcan S. Meski kapasitas mesinnya lebih besar, tapi secara kelas, motor ini jadi pesaing Honda Rebel.

Bagi pengendara yang postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, Vulcan S tentu bisa jadi salah satu pilihan. Motor besar ini dibekali mesin 650 cc 2-silinder. Bobotnya mencapai 228 kg, tapi tinggi tempat duduknya hanya 705 mm.

Nah mana yang cocok untuk kalian nih?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });