window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Dulu Efek Positif Servis Rutin Motor, Bukan Cuma Buang Uang!

Ilham · 7 Des, 2022 14:00

servis motor

Servis motor wajib rutin
  • Jarang melakukan servis rutin berefek fatal ke motor.
  • Bisa mencegah biaya perbaikan lebih besar.

Mungkin bagi sebagian pemilik motor, perawatan rutin cukup dilakukan dengan mengganti oli saja. Sehingga tak jarang, motor tetap digunakan meski tanpa pernah melakukan servis rutin.

Bahkan dari kalangan kaum hawa, servis motor kerap disebut sebagai akal-akalan pabrikan dan mekanik motor untuk mengurangi budget skincare mereka. Duh, salah kaprah tuh!

Padahal servis rutin punya peranan penting untuk menjaga kondisi motor tetap optimal. Selain itu, dengan servis rutin juga bisa mendeteksi potensi kerusakan fatal yang bisa dihindari. Seperti deretan alasan ini.

Baca Juga: Motor Matic Habis Terobos Banjir, Langsung Cek Bagian Ini!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Jaga Performa dan Efisiensi Motor

Salah satu efek positif dari servis berkala secara rutin adalah performa sepeda motor yang tetap terjaga. Sehingga berpengaruh pada konsumsi BBM dan kenyamanan berkendara tetap di kondisi yang optimal. 

Cek Dulu Efek Positif Servis Rutin Motor, Bukan Cuma Buang Uang! 01

Komponen dalam dicek dan dibersihkan

Pasalnya, akan ada pemeriksaan pada seluruh komponen ketika servis rutin. Komponen yang dicek meliputi mesin, CVT, pelumas dan oli, filter udara, rem hingga ban sepeda motor dan peranti lainnya turut diperiksa dan dibersihkan.

Dengan fungsi komponen mesin yang bekerja dengan baik dan terawat. Misalnya saja kondisi filter udara yang bersih dan pembakaran yang sempurna, akan berdampak pada efisiensi bahan bakar yang semakin meningkat.

Baca Juga: Ada Honda Vario 160 Rp 35 Juta dan Yamaha Mio Sporty Baru Dalam Artikel Favorit

Mencegah Bengkaknya Biaya Perbaikan

Nah, buat sebagian orang jika servis mungkin terlihat buang waktu dan uang, karena ada anggapan motor yang masuk bengkel hanya saat rusak atau bermasalah saja. Padahal kondisi yang didapat sebaliknya. 

Cek Dulu Efek Positif Servis Rutin Motor, Bukan Cuma Buang Uang! 02

Komponen yang rusak bisa segera diganti sebelum merambat ke sistem lain

Karena dengan servis berkala dan seluruh kondisi sepeda motor tetap normal, justru memperpanjang usia pakai komponen motor. Sebab gejala permasalahan bisa dideteksi sejak awal.

Memang jika diperlukan, akan ada pergantian parts. Tapi hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih luas. Sehingga kerusakan tak merambat dan mempengaruhi komponen lain.

Menjaga Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Dengan motor yang terawat, berkendara juga akan jadi semakin nyaman. Hal ini karena keseluruhan komponen bisa berfungsi dengan baik. 

Cek Dulu Efek Positif Servis Rutin Motor, Bukan Cuma Buang Uang! 03

Seperti suspensi dan ban yang langsung mempengaruhi kenyamanan berkendara. Selain itu, keamanan berkendara pun didapat ketika peranti seperti pengereman dan lampu-lampu terjaga kondisinya.

Nah, bukan sekadar sugesti ya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });