Khusus Honda Vario 125dijual dengan tiga versi, yakni CBS dan CBS-ISS yang sekaligus mejadi seri special color.
Harga jual di versi terendah, yakni Honda Vario 125 CBS dimulai dari Rp 23,310 juta. Kemudian Rp 24,965 juta di model Vario 125 CBS-ISS yang dibekali dengan fitur Idling Stop System (ISS).
Sebelumnya ada Vario 125 Special Edition, model ini menawarkan kombinasi warna berbeda dengan julukan Advance Matte Blue.
Kelir ini mengombinasikan kelir biru doff gelap pada bodi dengan decal stiker silver dan emas. Serta velg berkelir emas.
Kini varian teratas tersebut telah hilang, dan berdasarkan website AHM, harganya dibuat sama dengan tipe CBS-ISS.
Tapi bagi yang punya budget mepet, tentu harga model barunya itu terbilang tinggi. Apalagi jika dananya tak menyentuh angka Rp 10 juta.
Kondisi ini bisa disiasati dengan membeli unit bekasnya. Terutama dari generasi pertama Honda Vario 125 yang lahir pada 2012 dan kiprahnya berakhir di tahun 2014.
Dari pantauan di situs jual-beli online, saat ini Honda Vario 125 generasi pertama tersebut sudah bisa ditebus dengan banderol di bawah Rp 10 juta.
Tentu tinggi dan rendah harga jual Honda Vario 125 itu bergantung pada kondisi, lokasi penjualan dan tahun pembuatannya.
Rata-rata Honda Vario 125 edisi 2012 dijual sekitar Rp 8 jutaan. Sedangkan versi 2014 sudah bisa didapat dengan menyetor uang Rp 8,5-9 jutaan saja.
Namun masih ada pula penjual yang melepasnya dengan harga di atas Rp 10 juta. Biasanya karena kondisinya sangat terawat dan siap jalan tanpa butuh perawatan lebih lanjut.
Belakangan malah motor ini agak terkerak harga jualnya karena banyak yang mengincar unit bekasnya.
Ini lantaran motor dengan kode mesin KZR itu lebih tahan banting, mudah untuk dioprek dan tidak rewel.
Meski telah berusia 10 tahun, namun tampilan Honda Vario 125 generasi pertama terbilang timeless alias tak lekang jaman.
Ini didapat dari desainnya yang sporty berkat headlamp model split besar bersudut tajam sebagai ciri khas Vario Series. Oleh Honda lampu tersebut dijuluki Dual Keen Eyes.
Kesan sporty merambah ke bagian samping dan belakang yang lagi-lagi diwakili dengan sudut serba tajam.
Menariknya, meski punya tampilan sporty, namun bagasinya terbilang lega dengan ukuran Helm-In atau sanggup menampung helm di dalamnya.
Mesin Dikenal Irit
Selain tampang, mesinnya pun menarik karena terbilang canggih dan irit, yang bahkan menjadi acuan dapur pacu Vario Series saat ini.
Di mana kapasitasnya 125 cc berpendingin cair yang disokong injeksi PGM-FI.
Vario 125 generasi awal ini juga yang pertama kali dilengkapi dengan teknologi Enhanced Smart Power (ESP).
Salah satunya lewat penggunaan ACG Starter yang menghilangkan bunyi 'bletak' saat menyalakan mesin seperti versi sebelumnya. Mesin tersebut diturunkan dari skuter premium PCX 125.
Solusi Tepat Budget Terbatas
Dengan tampilan sporty yang tak lekang jaman, Honda Vario 125 lawas ini masih cocok dipilih sebagai tunggangan anak muda yang ingin sunmori.
Apalagi untuk memodifikasinya cukup dengan menyegarkan tampilan bodi lewat mengganti warnanya saja ditambah pengecatan pada sektor velgnya.
Desainnya masih menarik, bahkan untuk digunakan beberapa tahun mendatang. Kala dipakai untuk kuda besi harian, kepraktisan yang ditawarkan juga sangat membantu kalian dalam berkendara sehari-hari.
Soal suku cadang dan aksesoris, tentunya tak sulit untuk mendapatkannya karena selain masih bisa dibeli di bengkel resmi, juga bisa via online.