window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Harga Paketan Yamaha R15 Buat Balap, Rp 20 Jutaan Dapat Apa Aja?

Ary · 24 Des, 2021 13:30

Selain dipakai harian atau Sunmori (Sunday morning ride), Yamaha YZF-R15 Anda bisa dirancang untuk mengikuti ajang balapan. Tentu dengan beberapa modifikasi, di mana ada bagian-bagian yang mesti diganti bahkan mendapatkan penambahan.

  • Spare parts bawaan motor harus diganti dengan item peruntukkan balap.
  • Biaya modifikasi Yamaha R15 bisa disesuaikan dengan budget. 

Yamaha R15 Balap

Yamaha R15 balap milik Yamaha Indonesia ini bisa jadi referensi Anda yang gemar track day atau balapan resmi.

Baca juga: Yamaha Endurance Festival 2021 Dimeriahkan 52 Tim, Obat Rindu di Penghujung Tahun

Misalnya saja pada kuda besi racikan pihak Yamaha Indonesia ini. Kedua hal tadi pun terlihat pada Yamaha R15 yang hadir di Yamaha Endurance Festival 2021 lalu. 

Substitusi Spare parts Bawaan Yamaha R15

Ubahan pertama merujuk kepada cover bodi. Sebagaimana yang terlihat, Yamaha R15 balap versi pabrikan ini tidak menggunakan bodi bawaan motor. Bagian, terutama cover bodi depan hingga fairing disubstitusi dengan item berbahan fiber. Tentu saja diikuti pengaplikasian seat cover pada sisi penumpang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pencopotan parts asli Yamaha R15 pun tampak pada foot step. Tak lagi memakai spare part standar, pijakan kakinya pun telah diganti dengan foot step peruntukkan balap. 

Foot step Yamaha R15 RCB

Foot step asli Yamaha R15 harus diganti dengan produk khusus balap.

Baca juga: Jajal Yamaha R15M 2022 di Sirkuit, Quick Shifter-nya Asyik!

Sebagai contoh pada produk kepunyaan RCB ini. Selain adjustable alias bisa disetel sesuai pereferensi pengendara, foot step ini juga menggunakan mekanisme perpindahan gigi ala MotoGP. 

Modifikasi Yamaha R15 untuk balap juga terjadi pada area kaki-kaki. Pada bagian peredam kejut, fork motor ini sudah memakai spring kit keluaran KYB. Item ini juga punya fitur penyetelan terpisah. Pada fork kanan dilengkapi setelan rebound, sementara yang kiri punya pengaturan compression. 

Baca juga: Cek Estimasi Biaya Perawatan Tiga Tahun Yamaha R15M Connected ABS 2022, Murah?

Anda juga bisa meningkatkan handling dengan mengganti suspensi belakang seperti kepunyaan KYB ini. Masih pada bagian bawah, pastikan Anda mengganti ban peruntukkan balap. Ban IRC RMC 830 ini salah satu opsi yang layak untuk digunakan pada Yamaha R15 Anda. 

Supaya saluran buang lebih optimal, baiknya pula ganti knalpot asli motor dengan produk khusus kompetisi. Misalnya saja knalpot racing dari Sakura berikut ini. 

Kemudian (untuk memaksimalkan pengendalian), tambahkan juga steering damper atau stabilizer pada bagian setang. Penggunaannya cukup penting, terlebih untuk mendapatkan kestabilan saat motor ketika melaju kencang di lintasan lurus. 

Yamaha R15 Yamaha Endurance Festival 2021

Saat di trek lurus dengan kecepatan tinggi, motor membutuhkan stabilitas yang maksimal.

Baca juga: Timang-Timang Honda CBR150R 2022 atau Yamaha R15 Connected 2022, Mau Pilih Mana?

Untuk diketahui pula, pengereman memegang peranan penting. Anda dapat meningkatkan kinerja area tersebut dengan menggantikan selang rem standar motor. Untuk mendapatkannya di pasaran pun tidak sulit karena sudah banyak pilihan. Sebagai contoh, hose brake lansiran RCB yang teraplikasi di Yamaha R15 balap dari Yamaha Indonesia ini.  

Jangan lupa pula melengkapinya dengan lever guard. Fungsi melindungi agar bagian kopling maupun rem depan tidak langsung terbentur saat terjadi crash. Selain itu khususnya pada lever guard sebelah kanan, dapat mencegah tuas rem tertekan bilamana terjadi benturan dengan pembalap lain. 

Untuk diketahui, umumnya balapan one make race memiliki aturan tidak boleh memodifikasi mesin atau mengganti ECU. Tapi, Anda bisa mengoptimalkan sisi pengapian lewat pemakaian busi racing atau oli mesin khusus balap. Dengan begitu, biaya modifikasi Yamaha R15 untuk balap masih lebih terjangkau.   

Modifikasi Yamaha R15 Balap

Jika spring kit after market terlalu mahal, Anda masih bisa mengandalkan steering damper.

Baca juga: Cek Daftar Perubahan Yamaha R15 2022, Makin Berteknologi Tak Cuma Ganti Bodi

Berdasarkan pengaplikasian Yamaha R15 kepunyaan Yamaha Indonesia, total biaya untuk paket Yamaha R15 siap balap ini kurang lebih mencapai Rp20 jutaan. Tentu saja tidak berlaku mutlak dan dapat disesuaikan dengan bujet. Contoh, Anda tak perlu mengganti area suspensi jika merasa spare parts bawaan R15 masih memadai.

Estimasi Harga Paketan Yamaha R15 Buat Balap: 

  • Cover bodi: Rp 3 juta
  • Lever guard: Rp 400 ribuan
  • Front suspension: Rp 9 jutaan
  • Footstep racing: Rp 1 jutaan
  • Steering damper/Stabilizer: Rp 2,5 juta
  • Exhaust: Rp 2 jutaan
  • Tire: Rp 2 jutaan
  • Hose brake: Rp 300 ribuan 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });