Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter?

Nussa · 6 Jan, 2022 17:00

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 01

Honda Vario 150 yang sekarang sudah masuk generasi kedua
  • Dimensi Honda Vario 150 sama dengan versi 125 cc.
  • Konsumsi bensin bisa tembus 46,9 km/liter.

Motor matic zaman sekarang pada umumnya sudah dibekali dengan teknologi injeksi. Dengan teknologi tersebut, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih efisien atau irit. Bahkan, produsen sepeda motor saat ini juga saling berlomba-lomba dalam memproduksi motor matic dengan efisiensi bahan bakar paling tinggi.

Salah satu yang diklaim memiliki konsumsi BBM yang paling irit adalah Honda Vario 150 2022. Motor ini menjadi varian yang paling tinggi dalam Vario series. Selain itu, Vario 150 juga termasuk dalam kategori high end. Sebab, banderolnya yang cukup tinggi, penampilannya yang mewah, serta fitur-fitur canggih yang disematkan.

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 02

Desain Honda Vario 150 masih khas dari generasi pertama

Honda Vario 150 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015. Desainnya yang tajam langsung membuat banyak orang tertarik. Apalagi, didukung dengan kapasitas mesin 150 cc, seperti motor sport pada umumnya.

Baca juga : Prediksi Motor Baru Honda yang Meluncur 2022, Honda Vario 160 Termasuk?

Pada 2018, Honda kembali meluncurkan Vario 150 generasi kedua. Desainnya masih khas dengan desain Vario series, tapi ada sedikit ubahan di beberapa bagian. Tampilannya semakin sporty, karena di beberapa bagian juga terlihat mengambil inspirasi desain dari superbike CBR1000RR Fireblade.

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 03

Warna matte jadi salah satu warna favorit pada Honda Vario 150

Honda Vario 1502022  dibekali dengan mesin berkapasitas 150 cc, 4 langkah, SOHC, silinder tunggal, dan berpendingin cairan. Diameter pistonnya 57,3 mm dan panjangnya 57,9 mm, dengan rasio kompresi yang dihasilkan 10,6:1. Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis CVT yang langsung mengirimkan tenaga ke roda belakang.

Mesinnya juga sudah menggunakan teknologi Enhanced Smart Power (eSP) dan ACG Starter. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 13,1 PS pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,4 Nm pada 5.000 rpm.

Soal konsumsi BBM, Vario 150 diklaim dapat mencapai 46,9 km/liter. Hasil tersebut didapatkan dengan menggunakan metode ECE R40 dengan fitur Idling Stop System (ISS) diaktifkan. Tapi, hasilnya berbeda lagi ketika diuji oleh beberapa media. Hasilnya cukup beragam, tapi jika dirata-rata bisa tembus di atas 50 km/liter.

Baca juga : Mesinnya Cuma Setara Honda Vario 125, Inilah Sosok Kawasaki Ninja Paling Kecil

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 04

Honda mengklaim konsumsi BBM Vario 150 tembus 46,9 km/liter

Hasil yang berbeda-beda ini dikarenakan postur pengendaranya juga berbeda-beda. Selain itu, banyak juga faktor lain yang dapat menentukan konsumsi BBM, seperti kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, tekanan udara pada ban, dan gaya berkendara.

Honda Vario 150 2022 bisa dikatakan sangat irit konsumsi BBM, karena sudah dibekali dengan fitur ISS. Dengan fitur ini, sistem bekerja untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat motor berhenti sejenak. Contohnya, saat berada di lampu merah. Hasilnya, teknologi ISS dapat mengurangi konsumsi BBM yang tidak perlu ketika motor dalam kondisi idle atau diam. Sehingga, dapat mengurangi juga emisi gas buang, ramah lingkungan, kinerja mesin lebih efisien, dan hemat bahan bakar.

Ketika tombol ISS diaktifkan, lampu indikator pada speedometer akan menyala. Setelah motor dijalankan, sensor akan menginformasikan kepada Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan Idling Stop System. Jika motor berhenti minimal 3 detik, maka ECM akan memerintahkan mesin untuk berhenti atau mati sejenak. Saat mesin dalam keadaan mati, lampu indikator ISS pada speedometer akan berkedip, ini menandakan bahwa fitur ISS sedang aktif dan sedang dalam keadaan digunakan.

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 05

Cara kerja Idling Stop System pada Honda Vario 150

Ketika tuas gas dipelintir atau throttle dibuka, maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberikan sinyal ke ECM untuk memerintahkan alternator untuk menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter. Jadi, mesin akan secara otomatis menyala. Jika tombol ISS tidak diaktifkan, maka fitur ini tidak akan bekerja dan mesin akan tetap menyala meski motor berhenti sejenak atau lama.

Baca juga : Gak Sangka Iritnya Yamaha MT-15 2022 Bikin Kagum, Setara Honda Vario 150 Lho!

Ada beberapa kondisi agar fitur ISS ini dapat bekerja. Pertama, tekan atau aktifkan tombol ISS. Setelah itu, putaran mesin standar ada di angka kisaran 1.700 rpm. Temperatur mesin juga melebihi 60 derajat Celcius. Posisi tuas gas atau throttle dalam keadaan tertutup. Selain itu, motor dalam kondisi berhenti, minimal 3 detik. Lampu indikator akan otomatis berkedip dan mesin akan mati secara otomatis.

Honda mengklaim dengan adanya fitur ISS ini, emisi bahan bakar pada Vario 150 2022 yang berhasil dikurangi dapat mencapai sekitar 7 persen dibandingkan dengan Honda Vario Techno keluaran awal yang belum dilengkapi dengan fitur ISS. Hasil tersebut didapat melalui pengujian internal Honda dengan metode ECE R40.

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 06

Honda Vario 150 generasi kedua tampil lebih sporty

Meski termasuk sebagai salah satu skutik 150 cc yang sangat irit, tapi Honda Vario 150 bukan bebas dari masalah. Salah satu masalah khas yang sering kali ditemukan pada Vario adalah getaran atau gredek pada bagian bagian CVT. Gredek ini biasanya terjadi saat motor berakselerasi dari posisi berhenti.

Beberapa mekanik berpengalaman menyebutkan bahwa penyebabnya adalah kampas kopling dan mangkok kopling yang cepat aus. Sehingga, terjadi selip yang menyebabkan getaran pada akselerasi awal. Untuk itu, banyak yang mengganti kampas kopling Vario 150 dengan yang sudah dimodifikasi menjadi lebih tebal dan panjang. Bagian mangkok kopling standar atau bawaan Vario 150 2022 juga perlu disesuaikan.

Baca juga : Tabrakan Vario dan Ferrari Viral, Cek Lagi Efek Buruk Berkendara Dalam Pengaruh Alkohol

Sehingga, kampas kopling memiliki gaya gesek yang lebih baik. Selain itu, untuk menghindari selip karena sudah memiliki lubang pada sudut-sudut mangkok untuk membuang tumpukan kotoran yang dihasilkan kampas kopling tersebut. Bagian lainnya yang perlu diganti adalah per CVT menjadi lebih panjang sekitar 1 cm dan karet damper yang sudah ditambahkan bushing di bagian tengahnya.

Cek Lagi Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 150 2022, Bisa Tembus 50 Km/liter? 07

Khusus Honda Vario 150 dengan warna Exclusive Matte Black hadir dengan pelek berkelir emas

Honda Vario 150 saat ini hadir dengan satu tipe saja, yakni CBS-ISS. Tapi, ada enam pilihan warna yang ditawarkan, mulai dari Sporty Black Red, Sporty White Red, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Silver, Exclusive Matte Brown, dan Exclusive Matte Red.

Saat ini, Honda Vario 150 2022 dibanderol Rp 24,565 juta untuk varian warna Exclusice, kecuali Exclusive Matte Black dibanderol Rp 24,715 juta. Sedangkan untuk pilihan warna Sporty, dipasarkan dengan harga Rp 24,715 juta (on the road Jakarta). Pada Exclusive Matte Black memang berbeda sendiri, karena pelek yang digunakan berwarna gold.

Komentar