window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah

Fariz · 27 Jan, 2023 14:30

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah 01

Suzuki Nex II 2023
  • Punya impresi yang nyaman dan lincah.
  • Bengkel resmi mulai sulit ditemui.

Saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih menjual matic untuk segmen entry level, di kelas ini Suzuki Nex II jadi tumpuan untuk bertarung dengan para kompetitornya.

Walaupun masuk di kelas entry level, tapi Suzuki Nex II punya harga jual mulai dari Rp 18,081 juta untuk tipe Standard dan Elegant, Rp 18,088 juta untuk tipe Fancy Dynamic, dan Rp 18,636 juta untuk tipe Elegant Premium.

Lantas apa saja sisi plus dan minus dari motor ini? Mari simak ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sisi Plus Suzuki Nex II

Motor Ringan & Ramping

Yang paling terasa dari Nex II adalah dimensinya yang ramping juga ringan. Di generasi kedua ini sebenarnya sudah sedikit membesar dan sedikit berat jika dibandingan dengan Nex generasi pertama.

Tapi Nex II masih tergolong ramping dengan spesifikasi panjang 1.890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1.045 mm. Kemudian berat kosongnya hanya 93 kg, artinya motor ini tidak akan terlalu melelahkan saat dikendarai.

Baca juga: Suzuki Saluto Disebut Gak Bakal Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah 01

Ruang pijakan kaki pengendara cukup luas

Ketika ingin memposisikan motor di parkiran juga bukan hal sulit, Nex II dengan bobotnya yang ringan akan mudah untuk digeser-geser. Ini juga jadi keuntungan tersendiri bagi para pengendara wanita yang mana tidak memiliki tenaga terlalu besar.

Handling Lincah Suzuki Nex II

Bentuknya yang ramping dan bobot yang ringan tentunya membuat handling Nex II jadi lincah. Sangat terasa ketika harus melewati jalur sempit seperti gang atau ketika merayap di kemacetan.

Bobotnya yang ringan membuat matic ini mudah dikendalikan dalam kondisi terbatas. Punya jarak sumbu roda 1.260 mm juga jadi salah satu faktor yang membuat Nex II lincah.

Kaki-Kaki Nyaman

Suspensi depan dan belakang milik Nex II bisa dikatakan nyaman karena minim sekali terjadi bottoming. Jarak main suspensi terasa panjang dengan karakter redaman yang lembut, ini terasa ketika diuji dengan pengendara berbobot 60 kg.

Baca juga: Kena Diskon Imlek Rp 2 Juta, Harga Motor Matik Suzuki Jadi Segini

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah 02

Karakter tenaga mesin linear di semua putaran

Pasalnya banyak matic yang membuat sensasi berkendara kurang nyaman akibat karakter suspensi yang tidak pas. Seperti suspensi depan yang kerap bottoming hingga karakter suspensi belakang yang keras.

Karakter redaman suspensi jadi hal penting untuk kontur jalan di Indonesia yang cukup beragam, tidak sepenuhnya mulus. Karena masih banyak kondisi jalan yang rusak entah berlubang atau ditambal namun tidak mulus.

Mesin Suzuki Nex II Minim Vibrasi

Ciri dari motor produksi Suzuki adalah minimnya vibrasi yang dihasilkan oleh mesin. Baik di handgrip, pijakan kaki, maupun pada jok sangat jarang sekali terasa vibrasi mesin.

Selain vibrasi yang minim, suara yang dihasilkan knalpot juga mesin juga tergolong halus. Karenanya di kecepatan tinggi akan terasa sangat senyap, hanya terdengar suara hembusan angin yang masuk dari sela-sela helm.

Harga Bekas Bersaing

Jika melihat di situs jual beli online, Suzuki Nex II untuk tahun 2022 masih dibanderol Rp 16 juta. Lalu untuk tahun 2019 ke bawah harganya berada di bawah Rp 12 juta, harga tersebut tentunya kembali pada kondisi motor tersebut.

Seperti kondisi bodi, warna bodi, kondisi kaki-kaki seperti suspensi dan ban, hingga kondisi mesin. Jika kondisi motor dalam keadaan bagus, tentu harga jualnya akan semakin tinggi.

Baca juga: Mulai Digoreng, Suzuki Shogun 110R Bekas Tembus Belasan Juta!

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah 03

Tipe Elegant sudah pakai lampu utama LED

Sisi Minus Suzuki Nex II

Minim Fitur Modern

Kekurangan yang paling terasa dari motor ini adalah minimnya fitur-fitur modern. Seperti lampu-lampu penerangan yang masih pakai bohlam, ada sih yang pakai lampu utama LED di tipe Elegant, tapi LED yang digunakan menggantikan bohlam seperti lampu aftermarket.

Lalu melihat ke area setang, spidometernya belum dilengkapi dengan sentuhan digital. Masih full analog untuk penunjuk kecepatan dan bahan bakar, kemudian ada informasi odometer, lampu jauh, MIL, dan sein saja.

Proses menyalakan mesin juga masih terdengar sedikit kasar, karena memang Nex II masih menggunakan dinamo konvensional, belum pakai starter halus yang memanfaatkan generator seperti para kompetitornya.

Ruang Bagasi Sempit

Bodinya yang ramping dan motornya yang ringan tentu memiliki konsekuensi lain, salah satunya ruang di bawah jok yang tidak terlalu besar. Bagasinya tidak bisa menampung helm, tapi masih cukup untuk menaruh jas hujan hingga lamp chamois.

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah 04

Bagasi tidak muat helm tapi cukup untuk menyimpan jas hujan dan lap

Baca juga: Berstatus CBU, Ini Beda Suzuki Avenis 125 Versi Indonesia dan India

Bagasinya yang tidak terlalu besar bersanding dengan tangki bensin yang juga kapasitasnya tidak terlalu besar. Menurut data spesifikasinya, tangki bensin Nex II bisa menampung 3,6 liter.

Mesin Kurang Responsif

Suzuki Nex II punya spesifikasi mesin overstroke dengan kombinasi diameter piston 51 mm dan panjang langkah 55,2 mm, ini membuat kapasitas mesinnya menjadi 113 cc dengan perbandingan kompresi yang dipatok 9,6:1.

Klaim tenaga maksimalnya 9,3 ps pada 8.000 rpm dengan torsi puncak 8,5 Nm di 6.000 rpm. Meski overstroke, tapi karakter tenaga yang dihasilkan oleh Nex II ini tetap terasa linear.

Efek positifnya adalah tenaga yang terasa terus mengisi di semua putaran, mulai dari putaran rendah hingga putaran tinggi. Sisi negatifnya tenaga jadi kurang responsif, terutama untuk kondisi stop and go.

Baca juga: Suzuki V-Strom SX Masih Proses Pengiriman, Bakal Hadir di IIMS 2023?

Cek Plus-Minus Suzuki Nex II, Matic Murah yang Ringan dan Lincah 05

Spidometer full analog

Bengkel Resmi Sedikit

Kalau yang ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, memang keberadaan dealer atau bengkel resmi Suzuki semakin sulit ditemui di beberapa kota. Solusinya bisa menggunakan jasa dari bengkel pinggir jalan yang memang terpercaya.

Untuk urusan sparepart untungnya sudah tidak terlalu direpotkan, di era modern ini sangat terbantu dengan adanya marketplace. Walaupun memang butuh waktu pengiriman hingga sampai part pesanan sampai ke tujuan.

Spesifikasi Suzuki Nex II 2023
P x L x T  1.890 x 675 x 1.045 mm
Sumbu Roda  1.260 mm
Tinggi Tempat Duduk  740 mm
Jarak Terendah Ke Tanah  150 mm
Bobot Kosong  93 kg
Tipe  113 cc, 4 Langkah, 1 silinder pendingin udara
Kapasitas Mesin  113 cc
Diameter x Langkah  51 x 55,2 mm
Rasio Kompresi  9,6 : 1
Tenaga Maksimal  9,3 ps @8.000
Torsi Maksimal  8,5 Nm @6.000 rpm
Transmisi  CVT
Suspensi Depan  Teleskopik
Suspensi Belakang  Monosok
Rem Depan  Cakram
Rem Belakang  Teromol
Ban Depan  80/90-14
Ban Belakang  90/90-14
Tangki Bensin  3,6 liter

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });