window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho

Adit · 2 Nov, 2021 09:30

Sebelum motor matic memenuhi jalanan Indonesia, motor bebek lebih dulu mendominasi. Maklum, perkembangan roda dua di tanah air tak terlepas dari bentuk motor yang menyerupai salah satu unggas dengan paruh memanjang, sehingga disebutlah motor bebek. 

Walaupun jenis motor yang satu ini mulai terpinggirkan lantaran pergeseran selera, tetapi punya tempat di hati masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, salah satu model rupanya punya umur yang cukup tua. Mungkin ada  pembaca AutoFun Indonesia yang usianya sama dan tumbuh kembangnya bersama motor yang dimaksud. 

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 01

Motor bebek fenomenal di Indonesia.

Baca Juga: Kenalan Sama Mbahnya Satria F-150, Suzuki RK-Cool yang Hampir Dilupakan

Itu baru salah satu contoh motor bebek fenomenal di nusantara. Selebihnya ada beberapa ragam produk lagi yang fantastis, mulai dari bentuk, terobosan fitur, dan harganya yang di luar nalar. Berikut ini kami sajikan 7 motor bebek fenomenal tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Honda Supra Series

Pertama ada Honda Supra X yang merupakan motor bebek yang umurnya cukup tua. Usianya pada 2021 ini mencapai 24 tahun. Sejarah mencatat, motor ini lahir pertama kali pada 1997. Honda Supra X merupakan produk yang revolusioner, diandalkan sebagai penerus eksistensi Honda Astrea.

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 01

Honda Supra X 125.

Sampai sekarang PT Astra Honda Motor (AHM) masih memproduksi dan menjualnya. Walaupun permintaannya kecil, tetap ada peminatnya. Maka dari itu dari waktu ke waktu motor ini terus diperbarui. Mulai dari mesin 97 cc hingga terbaru 125 cc berpengabut injeksi. Nomenklatur motor ini terdiri dari Honda Supra, Supra X, Supra Fit, Supra V (pakai kopling), Supra XX, dan Supra X 125.

Bahkan sempat ada varian helm in dengan bagasi super lega. Tapi model tersebut tak bertahan lama. Selain itu nama Supra juga disematkan pada varian khusus, Honda Supra GTR berupa motor bebek sporty. Kini Honda Supra X cuma menyisaKan satu varian. Fiturnya lebih bisa menjawab kebutuhan masa kini karena sudah ada power outlet.

2. Honda Supercub C125

Masih dari Honda, ada motor bebek bombastis lainnya yakni Honda Supercub C125 yang dijual di Indonesia mulai 2018 lalu. Disebut fenomenal karena yang dijual pabrikan adalah nilai historikal dari motor legendaris ini. Bagi yang berminat harus menebusnya dengan harga Rp 73,6 juta. Mahal karena bukan produk buatan Indonesia, AHM mendatangkannya langsung dari Thailand. 

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 02

Honda Supercub C125.

Walaupun berpenampilan klasik, seluruh teknologinya sudah modern. Jantung mekanisnya menggunakan mesin Honda Supra X 125, kemudian fiturnya menggunakan lampu LED, panel meter digital, sampai pengoperasian keyless. Boleh dikatakan motor ini sebagai obat rindu Honda Supercub yang dulu juga sempat mewarnai jalan di Indonesia. 

3. Suzuki Smash

Si Gesit Irit! Ingat kan jargon motor yang satu ini? Kami juga memasukkannya sebagai motor bebek Suzuki Smash fenomenal karena sampai sekarang masih tetap dipertahankan oleh Suzuki Indonesia. Produk ini hadir pertama kali pada 2003 lalu. Dulu sengaja diproduksi untuk meramaikan pasar motor bebek yang kala itu diserbu brand Cina.

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 03

Suzuki Smash si Gesit Irit!

Untuk membuatnya kompetitif, Suzuki berinovasi merilis berbagai varian Smash seperti misalnya Street Runner, Titan 115, Shooter, dan new Smash yang hingga kini dipertahankan. Sebenarnya model ini melenggang bersama Suzuki Shogun, namun produk tersebut lebih dulu diakhiri hidupnya.

Apabila ingat keunggulan motor Suzuki Smash ada pada mesinnya yang bandel dan punya durabilitas tinggi. Tanjakan berbagai jalan mudah dilibasnya. Sudah begitu irit bahan bakar pula. Oleh karena itu mesin 113 cc yang disematkan Smash boleh dikatakan merupakan terobosan terbaik dan masih digunakan pada Smash generasi terbaru.

Baca Juga: Mengenal TVS Tormax, Motor Bebek Sport yang Harusnya Bisa Ngalahin Jupiter MX 135

4. Kawasaki ZX 130

Tak kalah menarik ada Kawasaki ZX130 yang juga menggebrak pasar lewat inovasi bentuk dan fiturnya. Model ini terkenal akan posisi mulut tangki bensinnya yang ada di depan. Sebenarnya ide Kawasaki saat itu baik, agar pengendaranya tak perlu repot turun dari motor dan buka jok buat isi bensin. Sebab pengisian bisa dilakukan dengan mudah dari depan. 

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 04

Kawasaki ZX130.

Hanya saja dewi fortuna berkehendak lain. Terobosan dari pabrikan geng hijau itu justru menuai kontroversi. Banyak yang beranggapan bahwa apabila mengalami tabrakan depan, motor bisa dengan mudah terbakar karena posisi tangki yang ringkih mudah sekali kena benturan kala tabrakan frontal. Tak pelak umur motor ini tak bertahan lama.

Motor yang lahir pada 2005 itu sebenarnya dirancang mewarisi DNA motor sport fairing Kawasako Ninja. Speedometer dibuat beberapa cluster seperti motor sport dan desain motor yang membulat di tengah, sehingga tak jarang disebut Baby Ninja. Tapi bagusnya motor ini punya kapasitas bagasi besar hingga 16,3 liter. 

5. TVS Rockz

Tak berhenti di situ, ada pabrikan lain yang juga coba peruntungannya merilis motor bebek unik dan punya fitur seperti motor gede. Dia adalah TVS Rockz, yang secara bawaan punya fitur speaker aktif, jadi pemiliknya bisa setel musik dalam format MP3. Bisa jadi TVS dulu melihat tren audio tengah menjamur di dunia otomotif, untuk itu pabrikan meluncurkan 'motor 2 in 1', selain bisa diajak berkendara juga dapat dijadikan media jedag jedug.

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 05

TVS Rockz.

Gebrakannya tak sampai di situ, TVS menyematkan fitur lain berupa shockbreaker belakang dengan tabung. Lalu power socket 12 volt, serta yang juga turut diunggulkan adalah sistem transmisi kopling ganda. Artinya bisa dioperasikan baik secara manual pakai kopling, atau bisa juga tanpa menarik tuas kopling, hebat kan? Tertarik beli? Tenang masih dijual kok, harganya Rp 15,6 juta!

6. Yamaha Jupiter MX 135

Kemudian Yamaha Jupiter MX 135 juga patut masuk daftar. Pasalnya model ini merupakan pionir motor bebek sporty di Indonesia. Ciri khasnya menggunakan sepakbor mepet roda depan, pakai monosok, sampai bodi fairing dan panel shroud pada sisi sampingnya. Lewat Jupiter MX 135 lah muncul beberapa kuda besi berperawakan serupa. 

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 06

Yamaha Jupiter MX 135.

Tahu bahwa produk tersebut menjadi trendsetter, Yamaha pun terus meraciknya supaya memenuhi ekspektasi para konsumennya. Utamanya dari kapasitas mesin, yang awalnya 135 cc kemudian dinaikkan menjadi 150 cc sehingga lebih berperforma tinggi dan makin asyik dikendarai. 

Selanjutnya seperti mobil, Yamaha merilis kasta tertinggi dari Yamaha MX 150, pabrikan menyebutnya Yamaha MX King. Secara keseluruhan dibangun dari platform yang sama. Namun ada beberapa estetika yang berubah lebih agresif dan dinamis. Hingga kini Yamaha MX 150 dan MX King masih dijual di Indonesia. Terbaru keluar edisi khusus livery 60 th Yamaha World GP.

7. Yamaha 125Z

Terakhir menutup daftar motor bebek fenomenal, ada Yamaha 125Z. Motor 2-tak legendaris tersebut beberapa waktu lalu viral, karena salah seorang pedagang motor bekas di  Riau menjualnya dengan harga Rp 94,2 juta ke pembeli di Makassar, Sulawesi Selatan. Siapa sangka, setelah kabar tersebut mencuat, beberapa model serupa juga memiliki nilai tinggi setelah direstorasi. Harganya mencapai Rp 300 juta! 

Daftar 7 Motor Bebek Fenomenal di Indonesia, Ada yang Umurnya 24 Tahun Lho 07

Yamaha Z125.

Sekilas mengenai Yamaha 125Z adalah motor bebek asli buatan Malaysia dan dijual di sini pada 2000 hingga 2002. Namun begitu di negara asalnya motor diproduksi mulai 1998 hingga 2017. Daya tariknya selain populasinya sedikit, karena bentuknya sporty, kaki-kaki pakai monosok, serta mesin 2-tak berpendingin udara yang menjanjikan tenaga 17,8 PS pada 8.000 rpm dan torsi 16,1 Nm di 7.500 rpm. 

Saking terkenalnya popularitas moped ini sampai pernah ditunggangi pembalap GP500 asal Jepang, Norick Abe di sirkuit Kenjeran, Surabaya. Tak heran bila kini namanya melambung dan harganya meningkat drastis.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135, Motor Bebek Sport Impian di Masanya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });