window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Daftar Pembalap MotoGP 2021 Perusak Mesin Paling Banyak

Ary · 12 Des, 2021 18:00

Dorna Sports memberikan jatah mesin kepada masing-masing tim balap yang berkompetisi di MotoGP 2021. Di mana sebanyak 7 mesin diberikan kepada tim non-konsesi, sementara 9 unit didapat oleh tim konsesi.

  • Beberapa pembalap tercatat merusak mesin selama MotoGP 2021.
  • Valentino Rossi tidak satu pun mengalami kerusakan mesin. 

Daftar Pembalap MotoGP 2021 Perusak Mesin Paling Banyak

Sejumlah pembalap diketahui merusak mesin motornya selama MotoGP 2021.

Baca juga: Melihat Teknologi Pengereman MotoGP, Tahan Panas Tapi Umur Pakai Singkat

Sepanjang musim itu, hampir semua tim menggunakan jatah mesin yang boleh dipakai. Namun, beberapa tim terpaksa menarik mesin tersebut karena mesin motor yang dipakai sang joki mengalami kerusakan. Berikut ini daftar pembalap dengan status perusak mesin terbanyak di MotoGP 2021.

Sebanyak Empat Pembalap Merusak Tiga Mesin di MotoGP 2021

Mengutip dari rangkuman Crash.net, para pembalap ini tercatat sama-sama menarik tiga mesin. Dimulai dari Johann Zarco. Sepanjang musim itu, dirinya menggunakan 7 mesin. Namun, tiga diantaranya tidak bisa dipakai lagi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Demikian halnya Takaaki Nakagami. Pembalap Jepang dari kubu LCR Honda terpaksa "mempesiunkan" tiga mesin Honda RC213V di MotoGP 2021. Lantas disusul pula oleh Miguel Oliveira yang tak lain pembalap tim Red Bull KTM. 

Pembalap Perusak Mesin MotoGP 2021

Takaaki Nakagami menjadi salah satu pembalap yang mengalami kerusakan mesin paling banyak.

Baca juga: Cerai dari Aprilia, Tim Gresini Pacu Motor Ducati di MotoGP 2022

Perusak mesin paling banyak juga datang dari pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro. Dari 9 unit mesin yang dipakai -  jatah untuk tim konsesi, kerusakan mesin darinya juga serupa dengan para pembalap di atas. 

Secara keseluruhan, setiap tim dan pembalap menggunakan jatah mesin yang diperbolehkan. Akan tetapi tidak dengan tim pabrikan Repsol Honda. Lantaran para pembalapnya absen di putaran terakhir MotoGP Valencia, baik Marc Marquez maupun Pol Espargaro hanya memakai 6 unit mesin saja. 

Mesin dari motor mereka pun tak luput dari penarikan. mesin Honda RC213V Marquez terhitung rusak sebanyak dua unit. Sementara kepunyaan Espargaro hanya satu unit saja. 

Catatan Positif Buat Yamaha

Meski demikian, ada pula tim maupun pembalap yang sama sekali tidak mengalami kerusakan mesin di MotoGP 2021. Franco Morbidelli, pembalap tim Monster Energy Yamaha memperbaiki catatan tim pabrikan lantaran tak ada satu pun  mesin yang rusak. 

Valentino Rossi Tidak Merusak Mesin

Valentino Rossi tidak satupun merusak mesin di musim ini.

Baca juga: Andalkan Motor tua, Bastianini Sukses Finish Ketiga dan Asapi Marquez di San Marino

Ini bertolak belakang dengan pemandangan di musim sebelumnya. Di mana pada MotoGP 2020 lalu, Yamaha terpaksa harus membuka mesin tambahan, padahal saat itu jatahnya hanyalah 5 mesin. 

Atas dasar itulah Dorna melakukan pemotongan poin terhadap Yamaha untuk kategori constructors maupun tim. Tidak cuma itu. Karena menggunakan mesin keenam, pembalapnya saat itu yakni Maverick Vinales harus memulai balapan dari pitlane di seri Valencia.   
 
Pencapaian positif pun dilakukan oleh Valentino Rossi. Pembalap Petronas Yamaha, tak satu pun merusak mesin Yamaha YZR-M1. Serupa pula dengan Enea Bastianini yang kali itu menggunakan motor Ducati Desmosedici GP19. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });