window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika

Adit · 5 Feb, 2022 10:00

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika 01

Seniman I Nyoman Nuarta sedang membuat patung Jokowi naiki motor. Dok: instagram/nyoman_nuarta
  • Sirkuit Mandalika akan dihiasi patung Jokowi lagi tunggangi motor
  • Seni patung tersebut dibuat oleh seniman I Nyoman Nuarta
  • I Nyoman Nuarta adalah seniman yang menggarap patung Garuda Wisnu Kencana di Bali

Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB tengah bersiap menghelat penyelenggaraan MotoGP. Berbagai persiapan terus dilakukan, termasuk akan menghiasi lintasan balap tersebut dengan patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat naik motor. 

Kabar ini terkuak dari unggahan I Nyoman Nuarta, seniman yang membuat patung Jokowi di Mandalika. Desain patungnya serupa saat Jokowi menjajal sirkuit Mandalika sambil mengendarai motor kustom Kawasaki W175 yang digarap Katros Garage beberapa waktu lalu. 

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika 02

Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika dengan motor kustom Kawasaki W175. Dok: detik

Baca Juga: Aksi Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Tunggangi Motor Kustom Kawasaki W175

Semula dalam unggahannya seniman yang membuat patung Garuda Wisnu Kencana itu membentuk kepala yang mengenakan helm openface. Wajahnya tak lain tak bukan serupa Jokowi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Beberapa unggahan selanjutnya menampilkan para seniman patung yang tengah merancang roda sepeda motor. Lengkap dengan desain pelek jari-jari, profil ban gambot, dan cakram si roda yang persis dengan motor kustom mirip RI1. 

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika 01

Seniman I Nyoman Nuarta sedang membuat kepala patung Jokowi. Dok: instagram/nyoman_nuarta

Di dalam video juga tampak rangka motor yang masih dirancang. Terpisah ada seniman lainnya yang tengah menggarap bentuk tangki motor, kemudian berturut-turut seluruh komponen yang telah dibuat disatukan menjadi sebuah sepeda motor. 

Pada unggahan selanjutnya, bagian kaki patung Jokowi telah terpasang. Terbaru dari unggahan dua hari lalu, sosok sang presiden sudah jadi telah lengkap mengendarai sepeda motor. Gayanya persis saat dirinya menunggangi kuda besi, ditambah detail kaca helm yang terbuka ke atas.

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika 02

Pekerja seniman yang tengah menggarap patung Jokowi naik motor. Dok: instagram/nyoman_nuarta

Baca Juga: Jokowi Cuma Punya Motor Yamaha Vega, ke Mana Motor Chopper Emas?

Desain motor apabila dilihat seksama juga seperti tidak ada bedanya dari hasil kreasi Katros Garage. Gayanya gado-gado chopper dan cafe racer. Ukuran motor dibuat ringkas tidak besar dan tidak terlalu kecil untuk menyesuaikan postur Jokowi. 

I Nyoman Nuarta terus mendapat dukungan dari interaksi di media sosialnya. "Terima kasih semua, pekerjaan 4 bulan dikerjakan dalam waktu 1 bulan," tulisnya. 

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika 03

Bentuk patung motor yang ditunggangi Jokowi. Dok: instagram/nyoman_nuarta

Bakal Dipajang di Gerbang Sirkuit Mandalika

Sang seniman juga menampilkan bentuk foto jadi dalam unggahannya beberapa waktu lalu. Jokowi sedang mengendarai motor dan didominasi warna hijau kebiruan. "Jadinya akan seperti ini," lanjutnya di kolom interaksi. 

Dirinya kemudian membocorkan letak patung karyanya akan diletakkan. "Rencana patung ini akan diletakkan di pintu gerbang," sebutnya. Hal ini pun diamini Direktur PT Siluet Nyoman Nuarta, Djuki Ridwan. 

Digarap Seniman Bali, Patung Jokowi Naik Motor Custom Akan Menghiasi Gerbang Sirkuit Mandalika 04

Sketsa hasil akhir patung Jokowi naik motor yang akan dipajang di Sirkuit Mandalika. Dok: instagram/nyoman_nuarta

"Rencananya patung Pak Jokowi ini akan dipasang di pintu gerbang utama Sirkuit Mandalika, kemungkinan tanggal 28 Februari nanti sudah harus dipasang, tapi apakah ada peresmiannya atau bersamaan MotoGP di pertengahan Maret, itu panitia MotoGP yang tahu," katanya. 

Diketahui pengerjaan patung Jokowi lagi menunggang motor itu dikerjakan di Bandung, di galeri NuArt Sculpture Park, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat. Bagaimana bentuknya, keren kan? 

Baca Juga: Intip Apparel yang Dipakai Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika, Semua Made In Indonesia!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });