window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ducati Rilis Multistrada V2 2022, Lebih Enteng dan Canggih, Cocok Buat Keliling Indonesia

Harry · 1 Okt, 2021 14:30

Ducati akhirnya merilis motor terbarunya secara global kemarin malam, yakni Ducati Multistrada V2 2022. Motor touring ini hadir dengan 2 tipe yakni Multistrada V2 dan Multistrada V2 S.

Motor ini sendiri disebut-sebut menjadi penerus dari Ducati Multistrada 950. Dan karena ini adalah model terbaru, pabrikan bermarkas di Bologna, Italia itu menyematkan banyak hal baru.

Baca juga : Pakai Mesin Lebih Kecil, Tiruan Ducati Diavel Buatan Cina Ini Tak Kalah Keren Loh

Ducati Rilis Multistrada V2 2022, Lebih Enteng dan Canggih, Cocok Buat Keliling Indonesia 01

Ducati Multistrada V2 2022 menyapa dunia.

Salah satunya adalah perbaikan pengendalian motor dengan mengurangi bobot 5 kg lebih enteng. Dan pastinya bakal teman yang cocok untuk dipakai keliling Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor ini menggendong mesin 937 cc Testastretta V-twin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 114,5 PS pada 9.000 rpm serta torsi maksimal diangka 94 Nm pada putaran 6.750 rpm.

Baca juga : Ducati Streetfighter V4 SP Muncul Tahun Depan, Bakal Punya Spek Lebih Gahar!

Mesin tersebut menggunakan 8 kampas kopling dan gearbox yang diperbarui agar perpindahan transmisi lebih presisi. Ducati juga merevisi sejumlah komponen yang membuat mesin ini lebih ringan sekitar 1,8 kg dari mesin sebelumnya.

Ducati Rilis Multistrada V2 2022, Lebih Enteng dan Canggih, Cocok Buat Keliling Indonesia 01

Mesin 937 cc lebih ringan.

Yang menarik, Ducati Multistrada V2 juga tersedia untuk versi mesin dengan output lebih rendah, agar bisa digunakan oleh bikers pemula pemegang SIM A2. Untuk versi ini, tenaga maksimalnya dibatasi hanya 47,5 PS saja.

Paket Elektronik Lengkap

Menunjang kebutuhan touring, semua tipe Ducati Multistrada V2 dibekal perangkat elektronik canggih. Mulai dari Cornering ABS, Hill-Start Assist, Traction Control hingga 4 buah Drive Mode (Sport, Touring, Urban, Enduro) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Baca juga : Mantap! Federal Oil Bakal Ramaikan MotoGP 2022, Gabung Gresini Racing Ducati

Ducati Rilis Multistrada V2 2022, Lebih Enteng dan Canggih, Cocok Buat Keliling Indonesia 02

Kaki-kakinya lebih pas untuk jalan aspal.

Namun untuk Ducati Multistrada V2 S ada tambahan sistem suspensi elektronik yang disebut dengan Skyhook. Lalu lampu depan LED, Cruise Control, Quick Shifter, panel meter dengan layar TFT dan sejumlah kelengkapan lainnya.

Kaki-kakinya terhitung mewah, dengan penggunaan suspensi depan upside down, rem depan cakram ganda dijepit kaliper Brembo. Sementara belakang pakai suspensi monosok dengan rem cakram kaliper Brembo 1 piston.

Baca juga : Tampang Gahar Ala Ducati Panigale, Ini Sosok Skutik Taiwan Bermesin 400 Cc

Melihat pelek yang digunakan adalah model casting alias palang, lalu lapisan karet bundar yang cenderung untuk aspal, rasanya Ducati Multistrada V2 ini diperuntukkan untuk touring dengan medan jalan aspal.

Tapi tinggal ganti ban jenis dual purpose, motor ini akan lebih sip lagi. Hal ini ditunjang dengan travel kedua suspensi yang panjang, dan hadirnya opsi Drive Mode Enduro yang bisa digunakan untuk melewati kondisi jalan jelek.

Ducati Rilis Multistrada V2 2022, Lebih Enteng dan Canggih, Cocok Buat Keliling Indonesia 03

Panel meter digital TFT hanya untuk Ducati Multistrada V2 S.

Untuk membuat motor ini lebih mudah digunakan oleh siapa pun, Ducati mengurangi ketinggian jok menjadi 830 mm dan mendesain ulang lekuk jok agar lebih ramping dan ringkas, agar kaki pengendara lebih mudah untuk menapak tanah.

Kesimpulan

Ducati Multistrada sendiri merupakan salah satu model yang banyak peminatnya di Indonesia. Motor touring ini cocok untuk melewati beragam kondisi jalan yang bervariatif, dari aspal mulus hingga off-road ringan.

Baca juga : Tunda Elektrifikasi, Ducati justru Bocorkan Rencana Produksi Motor Bermesin Kecil

Ducati Rilis Multistrada V2 2022, Lebih Enteng dan Canggih, Cocok Buat Keliling Indonesia 04

Ducati Multistrada V2 lebih ringan dari model sebelumnya.

Tapi apakah Ducati Multistrada V2 2022 ini akan hadir juga untuk Indonesia? Peluangnya terhitung besar, apalagi ada juga Ducati Panigale V2 yang lebih dulu mengaspal dengan harga Rp 739 juta off the road.

Tentunya pihak Ducati Indonesia akan dengan hati mendatangkan model terbaru ini, untuk menggantikan model Ducati Multistrada 950S yang juga telah mengaspal sebelumnya.

Spesifikasi Ducati Multistrada V2 2022
Dimensi
Sumbu Roda 1.594 mm
Tinggi Tempat Duduk 830 mm
Berat Isi 225 kg
Kapasitas Tangki 20 liter
Mesin
Tipe 4-tak, L-twin, DOHC 4 katup, Desmodromic
Kapasitas 937 cc
Diameter x Langkah 94 x 67,5 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 114,5 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimal 94 Nm @ 6.750 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Trallis
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 120/70-19
Ban Belakang 170/60-17
Rem Depan Cakram ganda, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });