window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gak Banyak yang Tahu, Ini Motor Korea yang Pernah Eksis di Indonesia

Harry · 11 Jan, 2023 16:00

Gak Banyak yang Tahu, Ini Motor Korea yang Pernah Eksis di Indonesia 01

Modelnya terhitung keren.
  • Motor Korea tak banyak tapi pernah ada di Indonesia.
  • Sempat jadi idola pada medio 2010-an.
  • Hadir bersamaan dengan brand asal Cina.

Melihat merek motor yang ada di Indonesia, tentunya tak asing dengan brand Jepang atau Cina yang saat ini kembali menginvasi dalam wujud motor listrik. Lalu ada juga merek India, Eropa dan merek motor Korea.

Nah yang disebut terakhir ini mungkin bikin kalian banyak bertanya-tanya. Memangnya ada merek motor Korea di Indonesia? Ada kok dan mereka pernah eksis di Indonesia meski seperti tak terdengar gaungnya.

Baca juga : CARSOME Gandeng Electrum, Siap Kembangkan Ekosistem Motor Listrik

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Memang jika dibandingkan merek mobil Korea macam Hyundai dan Kia, produk motor dari negeri gingseng tersebut kalah tenar jauh. Dan ada apa saja merek motor Korea yang eksis di Indonesia?

Hyosung

Gak Banyak yang Tahu, Ini Motor Korea yang Pernah Eksis di Indonesia 01

trail Hyosung sempat mambanjiri pasaran.

Ketika medio 2010-an banyak produk motor trail dan supermoto yang beredar. Bahkan demam supermoto sangat hype kala itu, dan salah satu merek yang disukai adalah Hyosung lewat produknya Hyosung Monstrac.

Pakai mesin 200 cc, motor ini banyak dimodifikasi dengan kaki-kaki limbah moge. Bahkan bengkel modifikasi supermoto, kebanjiran merek motor ini. Salah satu alasan banyak peminatnya karena harga yang terjangkau.

Baca juga : Berstatus CBU, Ini Beda Suzuki Avenis 125 Versi Indonesia dan India

Gak Banyak yang Tahu, Ini Motor Korea yang Pernah Eksis di Indonesia 02

Moge Hyosung GT650R.

Kemudian ada pula big bike Hyosung GT650R yang merupakan motor sport full fairing dan Hyosung GT650N yang jadi versi naked bikenya. Kantor pusatnya berada di Semarang, Jawa Tengah.

Dan saat ditilik ternyata masih ada website-nya, dengan alamat di Jl. Imam Bonjol 202, Semarang. Bahkan ada tiga dealernya di Jakarta, Bali dan Semarang. Namun saat ini website tersebut seperti mati suri.

Bosowa-Hyosung

Gak Banyak yang Tahu, Ini Motor Korea yang Pernah Eksis di Indonesia 03

Hyosung GV250 Aquila.

Kalau ini merupakan kolaborasi dengan perusahaan lokal, Bosowa dan terkenal medio 2000-an yang diageni PT Bosowa Nusantara Motor. Produk mereka pun terhitung banyak.

Mulai dari motor dual sport RX125, motor bebek FX110 dan dua model motor cruiser yakni GA 125 dan GV250 Aquila yang pakai mesin V-twin. Dan penjualannya kala itu terhitung bagus.

Baca juga : Mocin Bajakan Masih Eksis, Ada Versi KW Honda PCX sampai Ducati Panigale!

Brand Asli Korea

Mungkin banyak yang mengira ini adalah motor asal Tiongkok, maklum saja, merek ini hadir berbarengan dengan banyaknya merek motor Cina yang masuk ke pasar Indonesia.

Gak Banyak yang Tahu, Ini Motor Korea yang Pernah Eksis di Indonesia 04

Maxi scooter gambot dari brand Daelim.

Dan meski tak terdengar lagi kiprah bisnisnya di Indonesia, merek motor Korea masih eksis di tanah kelahirannya. Hyosung misalnya yang masih aktif sampai saat ini dan telah ada sejak 1978. Kemudian ada pula Daelim.

Ya meski masih eksis, tapi pasar mereka masih kalah dari brand Jepang yang ada di Korea Selatan sana. Penguasa pasar motor negara tersebut adalah Yamaha dengan pangsa pasar 96,9%!
 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });