window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gandeng Kymco, Motor Listrik MV Agusta Bakal Bergaya Skuter Jadul

Ilham · 21 Nov, 2022 17:00

Gandeng Kymco, Motor Listrik MV Agusta Bakal Bergaya Skuter Jadul 01

MV Agusta Ampelio (kiri) punya tampang klasik
  • Inspirasinya dari skuter tahun 50-an.
  • Klaim jarak tempuhnya mencapai 85 km.

Jenama MV Agusta lebih dikenal sebagai produsen motor sport dengan desain eksotis yang agresif dan futuristik. Namun belum lama ini, pabrikan asal Italia itu bersiap memproduksi motor listrik bergenre skuter matic.

Motor tersebut dijuluki MV Agusta Ampelio. Menariknya, meski terkesan futuristis dengan sistem penggerak listrik, tapi dari segi tampilan, MV Agusta Ampelio malah terlihat jadul karena terinspirasi matic era 50-an.

Dalam membangun dan mengembangkan motor listrik ini, MV Agusta tidak bekerja sendirian, melainkan berkolaborasi dengan pabrikan skuter kenamaan asal Taiwan, Kymco. Pengumuman kolaborasi keduanya berlangsung belum lama ini di Milan, Italia.

Baca Juga: Viral Video Musik Lawas, Buka Memori Kejayaan Motor Suzuki di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Terinspirasi Desain Skuter Tahun 50-an

Motor ini didesain oleh Maksim Ponomarev, desainer MV Agusta asal Rusia. Sebelum dikenalkan kepublik, desain ini wajib disahkan oleh CEO MV Agusta, Timur Sardarov terlebih dahulu.

Gandeng Kymco, Motor Listrik MV Agusta Bakal Bergaya Skuter Jadul 01

Desainnya unik.

Desain membulat dengan tepong gembung yang jamak ditemui pada skuter-skuter Eropa lawas coba kembali hadir di MV Agusta Ampelio. Tak salah, karena inspirasi desainnya diambil dari skuter klasik MV Agusta Ovunque dan CGT keluaran 50-an.

Ciri khas yang tampak di kedua skuter itu seperti headlamp bulat dan bodi yang tampak gembung, tapi memanjang ke belakang ini tetap bertahan. Bedanya, mesin bensin konvensional di bagian tak lagi terekspos, karena tertutup tepong rapat.

Gandeng Kymco, Motor Listrik MV Agusta Bakal Bergaya Skuter Jadul 02

Sketsa MV Agusta Ampelio

Namun tentu ada aksen modern yang terdapat pada MV Agusta Ampelio. Diantaranya lewat penggunaan rem cakram dan suspensi teleskopik di depan.

Baca Juga: Barunya Tembus Rp 66 Juta, Yamaha XMax 250 Bekas Cuma Rp 30 Jutaan Nih!

Sumber Penggerak Listrik Berbasis Kymco S7

Meski punya desain yang dikembangkan sendiri namun dari area platform dan teknologi motor listriknya diambil dari Kymco. Motor listrik yang dipakai berbasis Kymco S7.

Gandeng Kymco, Motor Listrik MV Agusta Bakal Bergaya Skuter Jadul 03

MV Agusta Ampelio mengusung motor listrik dengan keluaran daya rata-rata 4,1 kW dan tenaga maksimal 7,2 kW. Besaran tenaganya diatur via riding mode yang terbagi dari tipe Normal dan Sport. 

Sedangkan sumber tenaganya didapat dari dua buah baterai portable 1,7 kWh bertipe Ionex. Daya jelajahnya diklaim mencapai 85 km dalam kondisi dua baterai tersebut terisi penuh.

Fitur lainnya adalah keyless ignition. Lalu ada sistem pengereman combi brake dengan tambahan ABS yang masih dalam tahap evaluasi untuk pengaplikasiannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });