Geber Yamaha Aerox Alpha di Sentul, Cocok Disebut Super Sport Matic?

Fariz · Jan 17, 2025 12:26 PM
Menguji Yamaha Aerox Alpha di sirkuit.
  • Banyak perubahan di sektor kaki-kaki.
  • Rangka tengah lebih kuat untuk memberikan rasa rigid.

Setelah resmi diluncurkan pada bulan Desember 2025, akhirnya Yamaha Aerox Alpha bisa langsung dijajal oleh para awak media.

Tepatnya di kegiatan bertajuk Yamaha Aerox Alpha Track Day yang digelar PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Kegiatan yang digelar di Sentul International Karting Circuit, Citeureup, Bogor (15/1/2025) ini bertujuan untuk menguji langsung Aerox Alpha terbaru yang memiliki beberapa perubahan.

Di area rangka sendiri ada perubahan struktur rangka tengah atau center tunnel yang kini menjadi lebih tebal (sebelumnya 11.7 mm, sekarang 20.5 mm) untuk membuat rangka lebih rigid, efeknya tentu saja berpengaruh terhadap pengendalian.

Begitu juga update di sektor kaki-kaki yang mana sekarang menggunakan suspensi depan NMax, ini membuat diameter as suspensi depannya naik dari 26 mm menjadi 30 mm.

Baca juga: Yamaha Aerox Alpha Track Day, Sensasi Super Sport Matic di Sirkuit!

yamaha aerox alpha
Rangka tengah pakai plat lebih tebal.

Selain itu ada juga perubahan sudut caster dan trail, ini karena ada perbedaan bentuk segitiga dan posisi poros roda depan, salah satu efeknya tentu ke pengendalian yang kian presisi juga agresif.

Untuk suspensi belakang ada update dari tingkat kekerasan per atau spring rate, Aerox Alpha punya spring rate yang sedikit lebih keras yang bertujuan untuk membuat karakter motor lebih racy.

Tidak ketinggalan pengujian di sirkuit ini juga bisa merasakan posisi berkendara baru, pasalnya pijakan kaki pengendara kini bisa lebih ke belakang.

Hal ini membuat posisi kaki agak jinjit layaknya menggunakan footstep underbone pada motor manual.

Rem belakang cakram yang lebih pakem.

Jangan lupa juga ada update di sektor pengereman, kali ini seluruh varian Aerox Alpha sudah menggunakan rem belakang tipe cakram,.

Feeling remnya cukup pakem tanpa perlu menekan kuat seperti tipe tromol di generasi sebelumnya.

Baca juga: Yamaha Rilis Oli Mesin Turbo, Ini Dia Spesifikasi dan Harganya

yamaha aerox alpha
Dilengkapi YECVT untuk varian Turbo.

Urusan mesin di tipe Standard dan Cyber City menggunakan mesin Maxi Yamaha 155 cc generasi ke-3.

Sedangkan untuk varian Turbo dan Turbo ultimate tentunya menggunakan fitur YECVT untuk mengatur rasio pulley utamanya.

Dengan fitur YECVT ini memungkinkan Aerox Alpha Turbo untuk mengatur rasio CVT melalui tombol Y-Shift di saklar kiri.

Dengan begitu membuat akselerasi bisa lebih terasa dan bisa juga digunakan untuk membantu momen deselerasi.

Untuk pengujian lengkapnya, bisa langsung simak di video berikut ini.

Honda
Yamaha
Vespa
Benelli
KTM
Kawasaki
Suzuki
Ducati
Cleveland CycleWerks
Aprilia
Bajaj
BF Goodrich