window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Harga si Imut Piaggio Zip Bekas Tembus Rp27 Juta, Layak jadi Collector Item?

Ary · 12 Agu, 2021 19:00

Beberapa tahun belakangan, motor-motor lawas justru dicari para motoris di Tanah Air. Bahkan, tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai motor koleksi. Setelah 'digoreng' sana-sini, alhasil melambunglah harga motor tersebut di pasaran.

Fenomena demikian pun sejatinya terlihat pada pasaran Piaggio Zip di bilangan Jakarta. Seorang rekan kami buktinya berhasil menjual Piaggio Zip miliknya dengan harga Rp8 juta. Padahal, unit keluaran 2011 yang jua dibelinya secara seken kala itu juga dipatok selevel. Bisa dibilang si pemilik bernama Deky ini untung pakai. 

Harga Piaggio Zip Bekas

Harga Piaggio Zip bekas tinggi.

Baca juga: Skuter Listrik Piaggio One Hadir, Tampangnya Mirip Piaggio Zip

Pemandangan serupa pun kami temui saat menilik keberadaan Piaggio Zip di situs jual-beli motor bekas. Untuk harga termurah ditetapkan Rp8 juta dengan kelengkapan berupa BPKB saja. Sementara untuk unit yang siap pakai, dilabeli bervariasi antara Rp10 juta sampai Rp17 jutaan. Sedangkan mengenai VIN mulai dari 2011 sampai 2013.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Piaggio Zip Bekas Termahal Dilepas Rp27 Juta! 

Hal mengejutkan justru terlihat di kota-kota lain. Ada loh pemilik yang menjual Piaggio Zip miliknya dengan harga Rp27 juta. Berdasarkan keterangan si penjual, odometernya baru 23.000 km. Tergolong rendah untuk motor keluaran 2012. Tak cuma itu. Ia juga mengaku bahwa Piaggio Zip tersebut merupakan hasil restorasi total.

Selain menggunakan spare part orisinal, sang pemilik juga tampak melakukan substitusi terhadap sistem pengapiannya. Sebagaiman tertulis dalam keterangan produk, perangkat tersebut sudah diganti dengan spare part kepunyaan merek Jepang. "Demi keamanan dan kenyamanan di jalan biar gak mogok," tulisnya. 

Piaggio Zip Bekas

Dalam kondisi istimewa, Piaggio Zip bisa dijual Rp27 juta.

Baca juga: Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan?

Penyakit Piaggio Zip

Ketika kami selisik, ternyata pengapian ini memang menjadi salah satu kelemahan dari Piaggio Zip. Rekan kami bernama Deky tadi pun mengamini hal tersebut. "Iya, salah satu kelemahan Piaggio Zip ini memang ada di CDI. Saya saja selama pegang motor ini sudah ganti tiga kali. Buat DCI-nya sendiri waktu itu saya ganti pakai Suzuki Shogun," terangnya kepada Autofun.co.id

Deky juga menjelaskan, harga CDI Suzuki Shogun untuk pengganti CDI Piaggio Zip dibelinya dengan harga sekitar Rp1 jutaan. Berarti Deky sudah keluar Rp3 jutaan hanya untuk CDI saja. "Lumayan mahal sih. Tapi, lebih "PR" lagi itu nyari barangnya. Susah," seru Deky lagi.

Tentu saja, penyakit seperti CDI tadi menjadi hal yang mesti ditoleransi jika Anda memutuskan untuk memelihara Piaggio Zip. Kendati begitu, Piaggio Zip memang unik dengan tubuh nan mungilnya itu. Bodi demikian lantas diselaraskan dengan pemasok daya berupa mesin 4-tak berkapasitas 96 cc.

Harga Piaggio Zip Bekas 2021

CDI menjadi salah satu penyakit dari Piaggio Zip.

Baca juga: Intip Cicilan Terbaru Vespa LX 125 2021, Per Bulan mulai Rp1,2 Jutaan

Sedikit cerita. Piaggio Zip pertama kali hadir Indonesia pada 2010. Saat itu, Sun Motor selaku pemegang lisensi merek Piaggio mendatangkan sang skutik yang masih diproduksi di Cina. Penyebarannya pun tetap berlanjut setelah produk Piaggio Zip beralih ke Vietnam dan dipegang oleh PT Piaggio Indonesia. 

Kendati begitu, jumlah Piaggio Zip sendiri disebut-sebut terbatas. Dan, ini pula yang menjadi alasan harga Piaggio Zip tetap tinggi dipasaran. Minat beli? 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });