window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150

Harry · 23 Nov, 2021 18:00

Akhirnya salah satu kejutan dari Honda muncul, adalah Honda ADV 350 2022 yang akhirnya dimunculkan menjelang debut globalnya di Thailand Moto Expo 2022 tak lama lagi. Motor ini sekilas mirip dengan Honda ADV 150 2022 yang dijual di Indonesia.

Desainnya secara keseluruhan mirip dengan Honda ADV 150, karena ternyata inspirasi desainnya sama-sama berasal dari Honda X-ADV. Motor matic bergaya adventure ternyata memang digemari di Eropa, terlebih dengan kemampuannya untuk melewati jalanan aspal dan tanah.

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150 01

Honda ADV 350 2022.

Sosok Honda ADV 350 2022 pun tampil gahar, dengan lekuk garis bodi tegas dan kuat. Lampu depan ganda masih jadi andalan dengan fascia yang mirip dengan Honda X-ADV terbaru, yang uniknya tanpa paruh bebek yang jadi ciri khas motor adventure.

Baca juga : Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dilihat dari samping pun sosoknya juga tidak terlalu tinggi, namun justru terlihat panjang dan rendah. Tak seperti Honda X-ADV atau malah Honda ADV 150 yang posturnya terasa lebih tinggi.

Tampak belakangnya lagi-lagi identik dengan Honda X-ADV, dengan lampu minimalis tepat di tengah belakang buritan, namun mika lampu yang menjalar hingga sisi  kiri-kanan bodi belakang.

Fitur Modern Honda ADV 350 2022

Hadir dengan membuka segmen baru, Honda ADV 350 dibekali banyak fitur modern yang menggoda. Mulai dari panel meter full digital dengan Honda Smartphone Voice Control System, yang sudah menjadi fitur standar untuk motor besar terbaru keluaran Honda.

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150 01

Tampak samping Honda ADV 350 2022, padat  berisi.

Kemudian lampu-lampu sudah full LED diseluruh bagiannya. Windscreen berukuran besar sudah adjustable yang sayangnya masih manual. Tapi soal akomodasi jangan ditanya, bagasinya mampu menampung dua buah helm full face sekaligus.

Baca juga : Dijual Rp 77 Jutaan, Skutik Inggris Rasa Cina Ini Berani Tantang Honda Forza dan Yamaha Xmax!

Lainnya ada USB Type C dan Smart Key System sudah jadi standar untuk menghidupkan mesin. Uniknya jika membeli top box resmi, remote kunci juga bisa dipakai untuk membuka box tadi lho.

Geser ke kaki-kaki, suspensi depannya mengandalkan tipe upside down 37 mm dengan jarak main 125 mm, yang dipegang oleh segitiga atas dan bawah untuk membantu kestabilan. Jadi bukan seperti motor matic yang suspensi depannya hanya dipegang segitiga bawah.

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150 02

Upside down dengan pegangan segitiga atas - bawah.

Untuk suspensi belakang, pakai model ganda dengan tabung yang memberikan kesan padat. Jarak mainnya lumayan panjang, sampai 130 mm. Pelek Honda ADV 350 pun berukuran belang, depan pakai 15 inci dengan ban 120/70-15 dan belakang lingkar pelek 14 inci berbungkus ban 140/70-14.

Baca juga : Sosok Skutik Gambot Terbaru Suzuki Dirilis, Cocok Jadi Lawan Xmax dan Forza

Pengereman sudah pakai ABS dual channel yang dikawal pula dengan teknologi ESS (Emergency Stop Signal). Kalau begini, sudah pasti remnya pakai cakram untuk kedua roda, meski ukurannya berbeda, depan 256 mm belakang 240 mm.

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150 03

Bagasi luas, muat dua helm full face.

Mesin eSP+ Honda ADV 350 2022

Ya meski namanya ada angka 350, namun sejatinya mesin ini berkubikasi 330 cc dengan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power+), dengan empat katup pendingin cairan, yang diklaim hemat bahan bakar namun juga punya karakter yang cocok untuk perkotaan.

Tenaga maksimalnya ditaksir mencapai 29,2 PS pada putaran mesin 7.500 rpm serta torsi 31,5 Nm di 5.250 rpm. Diameter pistonnya 77 mm dengan langkah piston 70,7 mm serta rasio kompresi 10,5 : 1.

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150 04

Mesin 350 cc eSP+ halus dan minim gesekan.

Teknologi eSP+ yang diusungnya punya konsep minim gesekan, kelengkapaan bawaan mesin pun berbeda jauh dari mesin eSP biasa, seperti hadirnya roller rocker arm, piston oil jet, tensioner rantai keteng hidrolis, timing pengapian lebih advance dan penyempurnaan ruang bakar.

Baca juga : Ternyata, Skutik Cina ini Lebih Canggih dari Honda Forza dan Yamaha XMax

Honda ADV 350 2022 Hadir di Indonesia?

Dengan basis produksi yang disebut akan berada di Thailand, tentu peluang hadirnya motor ini untuk pasar Indonesia terbuka lebar. Hanya saja akan ada penyesuaian kapasitas mesin menjadi 250 cc, seperti halnya Honda Forza 350 yang menjadi 250 cc saat masuk Indonesia.

Honda ADV 350 2022 Muncul, Pakai Mesin eSP+ Tampang Mirip ADV 150 05

Honda ADV 350 2022 akan debut global di Thailand.

Tapi karena statusnya produk impor dan CBU, maka harganya dipastikan akan tinggi. Sebagai gambaran saja, Honda Forza 250 2022 saat ini dilepas dengan nominal Rp 84,645 juta dan bisa saja Honda ADV 250 2022 dilabeli harga lebih tinggi.

Masih tertarik?

Spesifikasi Honda ADV 350 2022
Dimensi
P x L x T 2.200 x 895 x 1.430 mm
Sumbu Roda 1.520 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 186 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 330 cc
Diameter x Langkah 77 x 70,8 mm
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Starter Elektrik
Tenaga Maksimal 29,2 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 31,5 Nm @ 5.250 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Ganda dengan tabung
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });