Honda Genio Pakai Suspensi Ganda, Bikin Kaki-Kaki Belakang Padat Berisi!
Harry · 16 Jan, 2022 13:00
0
0
Honda Genio bergaya Air Blade dengan suspensi belakang ganda
Ubahan memakan biaya yang cukup banyak
Tampilan Honda Genio lebih padat
Para pecinta modifikasi sepeda motor selalu mempunyai ide-ide unik dan menarik yang dapat diterapkan pada tunggangannya. Tidak jarang ubahannya membutuhkan usaha lebih saat melakukan modifikasinya.
Seperti Honda Genio milik salah satu customer rumah modifikasi DJ Custom yang melakukan ubahan di sektor kaki-kaki, lebih tepatnya suspensi belakang. Di mana pada kondisi standar, Honda Genio hanya memiliki suspensi belakang tunggal di sisi kiri.
Sedangkan Honda Genio yang dimodifikasi ini dimodifikasi menjadi suspensi ganda pada bagian belakang. Padahal seharusnya matic Honda yang menggunakan suspensi belakang ganda di Indonesia baru ditemui pada Honda PCX 160, ADV 150, dan Forza.
Ubahan Sentuh Rangka
Untuk membuat Honda Genio menjadi suspensi ganda, langkah pertama dengan membuat mounting atau dudukan suspensi atas pada rangka eSAF yang dianut Honda Genio. “Harus ketok tangki bensin.”
“Ini karena tangka bensin mentok dengan dudukan sok atas, makanya tangka bensin harus sedikit diketok,” ujar Deddy Dermawanto punggawa DJ Custom. Rampung membuat dudukan suspensi atas, berikutnya perlu merakit komponen baru sebagai dudukan suspensi kanan.
Part yang dibutuhkan antara lain swing arm dan as roda baru yang lebih Panjang agar sesuai dengan swing arm barunya. “Untuk harga swing arm Rp 1,3 juta udah berikut as roda, bushing roda, dan gear,” sambung pria yang bengkelnya ada di Jl. Raya Cikunir No. 20B, Bekasi, Jabar.
Swing arm yang digunakan ternyata milik Honda Air Blade yang merupakan matic Honda asal Thailand. Basicnya Air Blade punya desain yang mirip dengan Yamaha Nouvo yang dijual di Indonesa, punya desain bongsor dan suspensi belakang ganda.
“Ongkos pengerjaan Rp 1,5 juta udah berikut ubah dudukan shock, ubah dudukan swing arm, ganti as roda, ketok tangki bensin plus cat. Pengerjaan kurang lebih 3 sampai 4 hari. Harga ini belum termasuk sok ya,” rinci Deddy.
Dengan berubahnya konstruksi suspensi belakang yang tadinya tunggal menjadi ganda, tentu memiliki efek. Yang pertama motor akan lebih stabil karena ditopang oleh sepasang suspensi dibandingkan hanya sebuah di sisi kiri.
Yang tidak kalah ketinggalan tentu saja motor menjadi lebih kuat ketika harus berboncengan atau membawa barang yang dengan bobot yang cukup berat. Sehingga cocok untuk mereka yang rutin membawa barang bawaan berat.
Namun saat mengubah suspensi belakang menjadi ganda jangan lupa untuk menggunakan suspensi belakang yang memang ditunjukan untuk suspensi ganda. Pasalnya antara suspensi ganda dan tunggal memiliki tingkat kekerasan per yang berbeda.
Artinya suspensi tunggal memiliki karakter per yang lebih keras dibanding suspensi ganda, karenanya jika memasang suspensi tunggal menjadi ganda, akan membuat redamannya sangat keras.
Keunggulan lainnya tentu membuat tampilan beda dari yang lain. Seperti Honda Genio yang tadinya suspensi tunggal di belakang menjadi suspensi ganda, sisi belakang pun terlihat lebih padat berisi.
Kekurangan Suspensi Ganda
Kekurangan mengubah suspensi belakang tunggal menjadi ganda tentu harus mengorbankan rangka untuk diubah sebagai dudukan suspensi baru di sisi kanan. Caranya bisa dengan sistem las atau knock down, tergantung model rangkanya.
Biaya yang dibutuhkan untuk mengubah suspensi belakang ganda juga terbilang mahal. Seperti harus membeli sepaket swing arm, membeli suspensi baru, dan tentunya membayar jasa ongkos pasang.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil