window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium!

Fariz · 13 Mei, 2022 16:30

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 01

Modifikasi Honda Scoopy 2022
  • Pakai konsep warna terang pada bodi dan gelap di kaki-kaki
  • Aksesoris dipilih yang lebih sederhana sesuai dengan market Scoopy
  • Pelek langka dengan sedikit custom pada palangnya

Sebuah Honda Scoopy lansiran 2022 dipilih Rian Anggriawan menjadi kado pernikahannya yang kelima. Dipilihnya motor ini dengan tujuan sebagai motor pengganti untuk antar jemput istri tercintanya.

Namun karena hasrat modifikasi yang kuat, akhirnya Honda Scoopy ini malah kena sentuh mofikasi juga, sama seperti Honda Vario 150 yang sudah dimiliki Rian sebelumnya. Konsep modifikasi pun dibuat seragam, namun dengan part yang lebih terjangkau.

“Akhirnya jadi etalase berjalan lagi, hahaha… Karena kadangkan orang harus ngeliat terpasang dulu, baru tertarik buat beli. Konsep warna dan kaki-kaki dibuat seragam sama Honda Vario.”

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Tapi pemilihan part dibuat lebih sederhana saja, beda sama part yang nempel di Honda Vario. Karena kan emang market keduanya berbeda, contohnya beberapa part pakai water printing motif carbon fiber aja, bukan lapis carbon fiber,” buka juragan aksesoris online dengan nama Ala-Ala Shop ini.

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 01

Air duct waterprinting motif carbon fiber dikombinasi cover CVT dengan motif unik

Baca juga: Adu Fitur Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Siapa Lebih Kekinian?

Water printing motif carbon fiber ini menjalar mulai dari behel pembonceng, air duct CVT, tutup kipas, dan detail kecil pada spion yang dikombinasi warna hijau senada dengan bodi.

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 02

Saklar KTC dikombinasi gas spontan Domini bikin tampilannya lebih racy

Pelek Langka

Honda Scoopy 2022 aslinya menggunakan lingkar pelek 12 inci, namun Rian menggantinya dengan produk Racing Boy atau RCB. Istimewanya, RCB yang digunakan merupakan produk lawas dengan populasi yang sudah sangat langka.

“Tadinya mau pakai X-Mode, tapi kayanya kurang worth it cuma buat Honda Scoopy. Akhirnya ketemu lah RCB lawas ini, nyarinya sudah cukup susah dan akhirnya dapet dari Lampung,” tambahnya.

Agar terlihat lebih menarik, sisi luar palangnya kena sentuh pisau bubut. Hasilnya dari yang polos berwarna hitam, kini pelek RCB milik Rian tampil beda dengan kombinasi warna polished.

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 03

Pelek Racing Boy lawas yang sudah cukup sulit ditemui

Baca juga: Kenali Beda Karakter Mesin Yamaha Fazzio 2022 dan Honda Scoopy 2022, Mau Gesit atau Nafas Panjang?

“Karena dia kan model palangnya gak rata ya, jadi bagian pinggirnya masih ada ‘daging’ yang bisa dimilling. Jadi tampilannya kaya X-Mode,” tunjuknya. Berhubung peleknya tidak terlalu lebar, maka ban yang digunakan juga punya profil yang kecil

Pelek depan lebar 1.40 inci dibalut dengan ban Corsa R46 ukuran 80/80-14, sedangkan belakang pakai merek sama namun dengan ukuran 90/80-14 yang sedikit lebih besar.

Rem Sederhana

Di sektor pengereman, komponen yang digunakan juga tidak terlalu ‘hedon’. Cuma pakai kombinasi master rem RCB S1, slang rem Hel, dan kaliper Nissin Samurai. Cakramnya pakai RCB untuk Honda Winner dengan adaptor aluminium CNC dari Vietnam.

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 04

Cakram diberi adaptor tambahan agar sejajar dengan kaliper

“Lebih enak aja pake master rem RCB dibanding Nissin, pake di Honda Vario juga enak dan awet. Cakram dikasih adaptor dan kaliper pakai bushing, tujuannya biar cakram sama kalipernya center,” sebut pria asli Tanjung Priok, Jakut ini.

Baca juga: Jangan Panik, Idling Stop System Honda Scoopy 2022 Gak Aktif Bisa Jadi Karena Ini

Suspensi Öhlins Andalan

Peredam kejut di depan tetap pakai konstruksi teleskopik, hanya saja tabung atau bottom shock diganti pakai Tupaknam asal Thailand. Wana hitam dipakai demi menyesuaikan konsep kaki-kaki yang bernuansa gelap.

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 05

Öhlins tabung bawah dipilih agar lebih terlihat

Sedangkan yang belakang tetap setia dengan Öhlins versi tabung bawah. “Sengaja pilih tabung bawah biar lebih keliatan. Soalnya kalau pakai tabung atas separonya kecelup bodi,” sebut Rian kepada AutoFun Indonesia.

Knalpot Titanium

Mesin yang digunakan saat ini masih dalam kondisi standar, namun nantinya Rian berencana untuk menggunakan piggyback Black Box dan pulley custom dari Sinthink Garage.

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 06

Cover filter udara dilubangi untuk velocity yang dilabur warna senada bodi

Ubahan minim untuk sektor mesin saat ini baru sebatas membuat velocity custom sewarna bodi pada cover filter udaranya. Lalu saluran gas buang digantikan produk TZM Project berbahan titanium.

Baca juga: Cek Biaya Servis Honda Scoopy Tahun Pertama, Asli Murah Banget!

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 07

Knalpot titanium dari TZM Project, suara senyap dan ringan!

“Tadinya knalpot mau pakai bahan silencer yang biasa aja, lehernya baru pakai titanium. Tapi setelah kontekan dengan owner TZM katanya nanggung. Akhirnya bikinlah titanium full system,” tutup pria yang menghabiskan waktu satu setengah bulan untuk menggarap modifikasi ini.

Cakep!

Honda Scoopy 2022 Jadi Etalase Berjalan, Aksesorisnya Sederhana Tapi Knalpot Full Titanium! 08

Tampilan Scoopy jadi lebih eye catching dengan warna hijau cerah

Ala-Ala Shop 0856-9702-9529

Data Modifikasi Honda Scoopy 2022
Master rem RCB S1 14 mm black + handle kopling
Kaliper Nissin Samurai 2 piston
Slang rem HEL
Cakram RCB Honda Winner 260 mm + adaptor CNC made in Vietnam
Pelek RCB SP522
Ban depan Corsa R46 80/80-14
Ban belakang Corsa R46 90/80-14
Bottom shock Tupaknam Thailand
Suspensi belakang Öhlins HO545
Saklar KTC
Gas spontan Domino
Handgrip Kawasaki Ninja 250 Jepang
Jalu setang Custom
Keyless Honda PCX150
Kulit jok Custom model Honda PCX
Stoplamp JPA 
Mika sein Custom smoke
Knalpot TZM project titanuim
Baut Full stainless steel

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });