window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Spacy Disulap Ala Motocompo, Hilangkan Kesan Motor Bapak-Bapak

Ilham · 4 Agu, 2022 12:00

Honda Spacy Disulap Ala Motocompo, Hilangkan Kesan Motor Bapak-Bapak 01

  • Honda Spacy hanya menyisakan mesin dan sasis.
  • Gaya anak muda pecinta skater.

Desain bodi yang gembung dan lekuk sederhana bikin tampang skuter matic Honda Spacy lebih cocok sebagai andalan bapak-bapak ketimbang anak muda. Tapi hal itu bakal sirna begitu melihat modifikasi Honda Spacy yang satu ini.

Adalah bengkel Rainbow Moto Builder asal Sukabumi, Jawa Barat yang menggarap modifikasi dari Honda Spacy berkelir putih ini. Dan bisa dilihat, nyaris tak ada tampilan yang tersisa dari matic berbagasi lapang itu.

Baca Juga: Modifikasi Honda ADV 160 2022 Melawan Kodrat! Usung Konsep Racing CBR1000RR-R

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Awalnya Buat Basis Motor Listrik

Dilihat dari bentuk eksteriornya, modifikasi ini seperti menampilkan motor-motor bertampang ringkas seperti Honda Motocompo dan motor listrik Spacebar. Ubahan ini ternyata bukan hanya mengejar unik, tapi ada cerita lain.

Honda Spacy Disulap Ala Motocompo, Hilangkan Kesan Motor Bapak-Bapak 01

Tak menyisakan bentuk asli Honda Spacy

Disebutkan oleh pihak Rainbow Moto Builder, awalnya desain bodi tersebut dibuat untuk motor listrik. Tapi permintaan dari produsen ban FDR, sebagai pemilik mau basisnya dari motor matic. Karena untuk display ban motor dari FDR. Untuk itu dipilih Honda Spacy sebagai gantinya.

Modifikasi yang dilakukan di bagian bodi cukup frontal. Mulai dari ubahan total di bodi, lalu ada lampu utama LED dari Daymaker. Panel spidometernya pun pakai tipe digital dengan setang telanjang dari Honda Beat Street. 

Honda Spacy Disulap Ala Motocompo, Hilangkan Kesan Motor Bapak-Bapak 02

Gunakan lampu LED

Aksesoris lain diantaranya master rem RCB dan spion KTC adjustable. Lalu joknya berkonsep single seat dengan bahan MB Tech sebagai lapisannya agar terlihat classy. Agar lebih praktis, posisi tutup bensin dipindah dari kolong jok ke bagian underbone seperti motor sport. 

Motor Buat Anak Skater

Karena menyasar segmen anak muda, maka kelir putih yang jadi dasar motor tersebut tak didiamkan polos. Untuk itu ada motif grafiti di bodi samping yang berkelir kontras. Warnanya kombinasi merah dengan paduan kuning dan lis hitam.

Honda Spacy Disulap Ala Motocompo, Hilangkan Kesan Motor Bapak-Bapak 03

Racknya terinspirasi motor surfer di Bali

Sedangkan pelengkap aksesoris pada Honda Spacy ini adalah dudukan skate board. Panel tersebut menempel di bagian belakang sisi kanan motor dan dirancang untuk mengangkut papan luncur.

Skate rack ini sendiri terinspirasi dari motor-motor pengangkut papan surfing di Bali. Agar unik, maka Rainbow Moto Builder membuat motor yang bisa bawa papan skate. 

Dudukannya dirancang kuat dan bisa jadi perhatian orang. Dan di bagian belakang ada peranti skate board untuk dudukan lampu sein.

Kaki-kaki Lebih Berisi

Dipesan oleh pabrikan ban FDR, Honda Spacy ini juga mengalami ubahan di bagian kaki-kaki. Bukan hanya soal lapisan bannya saja. Sebab lingkar peleknya pun kini berubah. Tak lagi 14 inci seperti standarnya.

Honda Spacy Disulap Ala Motocompo, Hilangkan Kesan Motor Bapak-Bapak 04

Sebagai gantinya ada pelek palang berdiameter 12 inci yang mengawal roda depan dan belakangnya. Pelek tersebut diambil dari matic retro, Honda Genio versi terbaru. 

Sementara bannya mengandalkan FDR tipe Velogrip yang masuk dalam varian FDR Ultimate. Ban berukuran 12 inci ini bertipe medium compound yang memiliki grip lebih baik. Sedangkan untuk penunjangnya dipilih sokbreker dari Honda Beat untuk bagian depan dan belakangnya.

Kerenkan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });