window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini

Nussa · 14 Mar, 2021 14:00

Kawasaki berhasil membuat gebrakan dengan menghadirkan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Di saat pasar motor sport 250 cc sedang lesu karena kalah dengan tren skuter matik (skutik), Kawasaki justru memasarkan motor sport 250 cc 4 silinder yang direspon positif pasar.

Sebab, selama ini pabrikan yang memasarkan motor sport 250 cc hanya menggunakan mesin 1 silinder dan 2 silinder. Sementara mesin 4 silinder, lebih banyak digunakan untuk motor-motor besar alias moge (moge) dengan kapasitas mesin yang besar juga. 

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 01

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021.

Tak heran jika banyak konsumen yang penasaran dengan performa dan fitur dari Kawasaki Ninja ZX-25R ini. Ditambah lagi, peluncurannya juga beberapa kali tertunda karena terkendala pandemi, sehingga semakin membuat penasaran para pencinta roda dua. 

Dari tingginya rasa penasaran para konsumen, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan terhadap Kawasaki Ninja ZX-25R tersebut. Berikut ini beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 Sport 250 Paling Fenomenal, Simak Detail Motor Ini Lebih Jauh

1. Berapa Top Speed Kawasaki Ninja ZX-25R?

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 01

Kawasaki Ninja ZX-25R punya performa luar biasa untuk sebuah motor sport 250 cc.

Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali dengan mesin DOHC, 16 katup, 4 tak, 4 silinder sejajar, berpendingin cairan, dan berkapasitas 250 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 51 PS pada 15.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 22,9 Nm pada 14.500 rpm. 

Berdasarkan hasil pengetesan saat sesi test ride, top speed yang diraih Kawasaki Ninja ZX-25R bisa tembus hingga 192 km/jam. Sementara dari video yang diunggah oleh Trick Star di YouTube, top speed Kawasaki Ninja ZX-25R di speedometer tercatat 202 km/jam. Tapi, pada datalogger Qstarz, tercatat top speed tembus 197 km/jam.

2. Berapa Konsumsi Bahan Bakar Kawasaki Ninja ZX-25R?

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 02

Jonathan Rea menjajal Kawasaki Ninja ZX-25R.

Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali mesin dengan performa tinggi. Sistem pembakarannya juga sudah canggih, yaknik mengadopsi teknologi injeksi. Dari hasil pengetesan, konsumsi bahan bakar Kawasaki Ninja ZX-25R diklaim dapat meraih 24 km/liter.

Torehan tersebut termasuk irit, dan tak jauh beda dari motor sport 250 cc dua silinder lainnya. Tapi jika ada yang menganggapnya terlalu boros, ya memang konsumsi bahan bakar yang irit bukan tujuan dari motor ini diciptakan.

Baca juga : Mengenal Quick Shifter, Honda CBR250RR dan Kawasaki ZX-25R Benar-benar Butuh Ini? 

3. Apa Saja Fitur Unggulan Kawasaki Ninja ZX-25R?

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 03

Panel meter full digital Kawasaki Ninja ZX-25R.

Kawasaki Ninja ZX-25R tak hanya memamerkan mesin berperforma tinggi. Soal fitur, motor sport 250 cc 4 silinder ini juga tak kalah lengkap dan modern.  Berikut sejumlah fitur andalannya:

Kawasaki Traction Control (KTRC)

Untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang, Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi dengan` Kawasaki Traction Control (KTRC). Ada tiga mode yang dapat dipilih pengendara sesuai dengan selera atau kondisi jalan yang dihadapi.

Ketika putaran roda yang berlebihan terdeteksi, output engine berkurang untuk mengembalikan traksi roda. Sehingga, pengendara dapat tetap mengontrol laju sepeda motor.

Power Mode Selection

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 04

Grafik power mode.

Dengan adanya fitur Power Mode, pengendaranya dapat mengatur output power mesin Kawasaki Ninja ZX-25R sesuai dengan keinginan. Terdapat dua pilihan yang bisa dipilih, yaitu Full dan Low.

Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Motor Sport 250 Paling Istimewa Saat Ini

Saat memilih Full, maka semua potensi kemampuan tenaga motor akan dikeluarkan. Artinya, Kawasaki Ninja ZX-25R akan menghasilkan 51 PS.  Sementara untuk pilihan mode berkendara Low, tenaga yang disemburkan hanya 32,6 PS saja alias hanya 65 persen. 

Kawasaki Quick Shifter (KQS)

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 05

Quick Shifter mempercepat perpindahan gigi transmisi.

Fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS) membuat pengendara dapat merasakan sensasi berkendara yang maksimal. Dengan fitur ini, pengendara Kawasaki Ninja ZX-25R dapat mengganti persneling atau gigi (upshift/downshift) tanpa perlu menarik tuas kopling lagi. KQS hanya akan berfungsi saat putaran mesin di atas 2.500 rpm. 

KQS dirancang untuk membantu pengendara memaksimalkan akselerasi mereka di lintasan dengan peningkatan gigi tanpa kopling. Dengan throttle terbuka penuh, KQS mendeteksi bahwa tuas shift telah digerakkan dan mengirimkan sinyal ke ECU untuk memotong kunci kontak. Sehingga, gigi roda berikutnya dapat diaktifkan tanpa harus menggunakan kopling.  

Immobilizer

Kawasaki Ninja ZX-25R masih mengandalkan anak kunci atau kunci konvensional. Namun, sistem keamanannya cukup terjamin. Sebab, sudah disematkan fitur immobilizer.  Kunci motor yang menggunakan immobilizer tersebut sudah ditanamkan sebuah chip. Nantinya, chip itu akan mengirimkan sinyal ke ECU jika sudah berada dalam jarak tertentu. 

Setelah ECU membaca chip di kunci, baru motor bisa dihidupkan. Mesin motor tidak akan bisa dihidupkan, meski dipaksa sekalipun. Jika dipaksa dinyalakan menggunakan kunci duplikat atau kunci T yang kerap digunakan para maling untuk beraksi pun tetap tidak akan menyala mesinnya. 

Assist and Slipper Clutch

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 06

Assist & Slipper Clutch.

Kawasaki Ninja ZX-25R juga telah dilengkapi dengan Assist and Slipper Clutch. Fitur ini turut membantu meningkatkan performa motor dan kenyamanan berkendara. Assist Clutch berguna untuk membuat tuas kopling menjadi lebih ringan. Sementara Slipper Clutch, fungsinya untuk meredam efek dari engine brake menjadi lebih halus saat pengendara menurunkan gigi secara ekstrem. 

Baca juga : Tertarik Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Siapkan Dana Minimal Rp 25 Juta Untuk Memilikinya

Dalam operasi normal, assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo, menarik hub kopling dan mengoperasikan pelat bersamaan untuk mengompresi pelat kopling. Hal ini membuat total beban pegas kopling berkurang, menghasilkan tuas kopling lebih ringan saat mengoperasikan kopling. 

Ketika pengereman engine yang berlebihan terjadi, slipper cam ikut berperan sebagai akibat dari penurunan gigi secara cepat (atau penurunan gigi yang tidak disengaja), memaksa hub kopling dan plat beroperasi terpisah. 

Hal Ini mengurangi tekanan pada pelat kopling untuk mengurangi torsi-belakang dan membantu mencegah ban belakang meloncat dan tergelincir. Fitur balap ini sangat berguna saat sport riding atau mengendarai di trek. 

4. Berapa Harga Kawasaki Ninja ZX-25R?

Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dengan dua tipe, yakni standar dan Special Edition (SE). Tipe standar hadir dengan satu warna, yakni Metallic Spark Black, yang dibanderol Rp 97,9 juta. Sedangkan tipe SE yang dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), tersedia tiga pilihan warna, yakni Red Black, Candy Plasma Blue, dan Lime Green. Tipe ini dibanderol Rp 114,9 juta on the road Jakarta.

5. Siapa Kompetitor Kawasaki Ninja ZX-25R?

Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini 07

Tiga opsi warna tipe ABS.

Untuk saat ini, Kawasaki Ninja ZX-25R masih bermain sendirian di kelas motor sport 250 cc yang mengandalkan  mesin empat silinder. Sementara motor sport 250 cc lainnya, seperti Yamaha YZF-R25 dan Honda CBR250RR, masih menggunakan mesin dua silinder.

Selain dari konfigurasi mesin, harga jualnya juga berada pada level berbeda dengan motor sport 250 cc lainnya. Sehingga bisa dikatakan Kawasaki membuka kembali segmen motor sport 250 cc empat silinder.

Kesimpulan

Biar pun dijual dengan harga yang cukup tinggi, kemunculan Kawasaki Ninja ZX-25R memang sudah sangat ditunggu. Kapan lagi bisa mendapatkan mesin empat silinder inline dengan kubikasi mesin yang tak terlalu besar.

Lengkingan mesin khas empat silinder yang merdu dan mampu melengking tinggi mampu memberikan sensasi berbeda dari motor 250 cc lainnya. Semuanya itu dibungkus dengan ragam fitur dan teknologi canggih yang dimilikinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });