window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan

Harry · 9 Jul, 2021 16:30

Meluncur tahun 2015 Yamaha Nmax 155 langsung mendapatkan respon positif dari konsumen. Terlebih setelah varian non ABS juga mengaspal beberapa bulan setelah varian ABS terlebih dulu dikenalkan.

Diposisikan sebagai skutik premium, nyatanya produk ini banyak digunakan semua kalangan, bahkan untuk ojek online. Kemunculan generasi terbaru akhir 2019 juga mendapat respon positif.

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 01

Yamaha Nmax 155 2021 dikenalkan sejak akhir 2019.

Tapi karena umurnya masih relatif baru, masih banyak hal yang ingin diketahui calon konsumen. Kami merangkumnya dan setidaknya ada delapan hal yang sering ditanyakan terkait skutik satu ini. Apa saja?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Suspensi Belakang Masih Keras?

Sudah tidak lagi. Yamaha Nmax 155 2021 mengandalkan suspensi belakang tipe sub-tank dengan karakter lebih empuk. Bahkan untuk varian teratas, Connected/ABS, juga dibekali dengan setelan keras lembut.

Baca juga : Harga Yamaha NMax 2021 di Malaysia Rp31 Jutaan, Warnanya Beda Sendiri

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 01

Seluruh varian Yamaha Nmax 155 2021 sudah menggunakan suspensi sub-tank.

Meski lebih empuk, secara handling masih tetap lincah dengan sedikit gejala mengayun. Berbeda dengan karakter suspensi Yamaha Nmax 155 generasi sebelumnya yang memang terasa kaku.

2. Mesinnya Baru?

Spesifikasinya sih masih sama, 4-tak, SOHC 4 katup VVA dengan pendingin cairan. Tapi jeroan mesinnya benar-benar baru, bahkan kode mesin pun berganti dari 2DP menjadi B6H.

Bedanya seperti diameter klep masuk diperbesar dari sebelumnya 19,5 mm sekarang menjadi 20,5 mm. Lalu piston pun comot milik Yamaha YZF-R15 V3 yang kepala pistonnya lebih rata.

Baca juga : Fantastis, Yamaha Nmax 'Telmax' Yang Sedang Viral Habis Biaya Rp 4 Juta Lebih!

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 02

Mesin Yamaha Nmax 155 benar-benar baru.

Dengan kepala piston yang lebih rata, rasio kompresi pun terkoreksi dari 10,5 : 1 menjadi 11,6 : 1. Belum lagi volume box filter udara yang kini menjadi 4,3 liter dari sebelumnya hanya 3,7 liter saja.

Tenaganya menjadi 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Tenaga naik tipis 0,3 PS namun torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm. Dan mesin ini juga sudah disematkan teknologi Smart Motor Generator.

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

3. Apa Saja Fitur Barunya?

Ini banyak perubahannya. Misal panel meter full digital, dengan pengaturan informasi lewat handle bar switch. Isinya ada tambahan volt meter.

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 03

Konsol dengan power outlet, penutup dan Smart Key System.

Kemudian Terdapat power outlet di konsol depan, serta konsol kecil dengan penutup. Bagasi tetap tersedia, namun ukurannya sedikit lebih sempit. Suspensi belakang sudah tipe sub-tank untuk semua varian.

Pada varian teratas sudah dibekali Smart Key System, Traction Control System (TCS) dan rem ABS. Varian Connected punya fitur konektivitas dan Smart Key System. Varian Standard fiturnya paling umum.

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 04

Tangki bahan bakar membesar jadi 7,1 liter.

Mulai dari lampu depan LED, tangki bahan bakar 7,1 liter lebih besar dari model sebelumnya, rem cakram pada kedua roda, hingga ban tubeless. Ukuran lingkar pelek tetap 13 inci.

4. Cara Pakai Connected Bagaimana?

Untuk bisa menghubungkan motor dengan smartphone, Anda harus mengunduh lebih dulu aplikasi Y-Connect. Setelahnya hidupkan bluetooth dan scan barcode atau masukkan nomor rangka motor pada aplikasi.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX 2020, Skutik Terbaik Dikelasnya?

Registrasi akun, hidupkan kontak dan mesin motor. Jika sudah terhubung akan ada logo APP pada layar panel meter. Jika terhubung, Anda bisa memanfaatkan beragam fitur di dalamnya.

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 05

Fitur Y-Connecct bisa mmeberi beragam informasi.

Contohnya pengingat servis, mencari lokasi parkir terakhir, notifikasi pesan dan telepon masuk, membaca kondisi aki, konsumsi bahan bakar, revs dashboard dan lain-lain.

5. Seberapa Besar Model Barunya?

Ukuran panjang Yamaha Nmax 155 2021 ini 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm. Dibanding model sebelumnya, lebih pendek 20 mm, lebar tetap sama tapi lebih tinggi 10 mm.

Baca juga : Telisik Bedanya Mesin Yamaha Nmax 155 2021 Dengan Model Lama, Banyak Yang Belum Tahu Loh!

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 06

Dimensi Yamaha Nmax 155 2021 lebih pendek dari model sebelumnya.

Untuk lewat jalan yang padat, menggunakan Yamaha Nmax 155 terbaru akan lebih lincah, berkat sumbu roda yang lebih pendek dengan 1.340 mm. Lantas model Yamaha Nmax 155 sebelumnya punya jarak sumbu roda 1.350 mm.

6. Nyaman Untuk Boncengan?

Bodi belakangnya memang lebih lebar, apalagi ada bagian yang sedikit menyudut. Dibonceng pakai skutik ini memang akan terlalu ngangkang, apalagi untuk postur kurang dari 170 cm.

Baca juga : Ini Sebab Yamaha Nmax 155 2021 Lebih Mudah Dikendarai Dibandingkan Model Lamanya

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 07

Posisi boncengan dengan Yamaha Nmax 155 2021.

Yang berpostur 170 cm pun tetap harus ngangkang, dan betis akan terganjal oleh bagian bodi. Untungnya jok lebar jadi tetap nyaman untuk dipakai jarak jauh.

7. Ada Berapa Varian?

Ada tiga setelah sebelumnya hanya ada dua varian saat dikenalkan pertama kali. Kala peluncuran, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hanya menawarkan varian Standard dan Connected/ABS saja.

Setelahnya varian tengah-tengah yakni Connected menyusul beberapa bulan setelahnya, sekaligus membawa opsi warna baru yang disebut prestige silver.

Baca juga : Bodi Belakang Terlihat Lebar, Seberapa Nyaman Yamaha Nmax 155 2021 Dipakai Boncengan?

Ini 8 Hal Yang Sering Ditanyakan Soal Yamaha Nmax 155 2021, Dari Mesin Sampai Kenyamanan 08

Yamaha Nmax 155 Connected/ABS kini dilepas Rp 34,3 juta.

Varian Standard menawarkan fitur standar seperti yang telah disebut dipoin ketiga tadi. Lalu varian Connected sudah punya fitur konektivitas dan Smart Key System. Teratas ada Connected/ABS dengan tambahan rem ABS dan TCS.

8. Harganya Berapa Sih?

Yamaha baru saja melakukan penyesuaian harga nih, untuk varian Standard kini dilepas Rp 30,2 juta dari sebelumnya 29,85 juta. Lalu varian Connected Rp 31,45 juta dari Rp 31,1 juta. Dan Connected/ABS dari Rp 33,85 juta menjadi Rp 34,3 juta. Harga on the road Jakarta.

Spesifikasi Yamaha Nmax 155 2021
Dimensi
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm
Sumbu Roda 1.340 mm
Jarak Terendah 124 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 132 kg
Kapasitas Tangki 7,1 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimum 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/70-13
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });