Ini Calon Lawan Honda CB150X 2022 dari Suzuki, Pakai Basis GSX-150 Bandit?

Harry · 26 Nov, 2021 09:30

PT Astra Honda Motor (AHM) membuka segmen baru dengan menghadirkan motor sport touring adventure pertama dengan mesin 150 cc lewat kehadiran Honda CB150X 2022. Motor ini dibangun menggunakan basis dari Honda CB150R Streetfire.

Membuka segmen baru, artinya akan ada kemungkinan pemain serupa dari merek lain. Meski terlalu dini untuk pabrikan lain mengikuti jejak Honda, tapi artisan David Aradea coba membuat gambar render yang cocok untuk menjadi calon lawan Honda CB150X 2022.

Ini Calon Lawan Honda CB150X 2022 dari Suzuki, Pakai Basis GSX-150 Bandit? 01

Apakah Suzuki Indonesia akan membuat V-Strom 150 ini?

David menggarap Suzuki V-Strom 150, dengan mengusung konsep yang sama dengan gacoan Honda itu yakni sport touring adventure 150 cc. Suzuki V-Strom sendiri merupakan motor adventure dari Suzuki yang terdiri dari beberapa kapasitas mesin.

Baca juga : Gagahnya Suzuki GSX-150 Bandit Jadi Motor Dinas Korps Marinir, Spesifikasinya Tak Main-Main

Basis Suzuki GSX 150 Series

Tentu saja David memanfatkan basis motor yang sudah ada di Indonesia yakni Suzuki GSX 150 Series. Dan dari tiga produknya, paling tepat dijadikan sebagai basis adalah Suzuki GSX-150 Bandit, yang merupakan motor naked bike.

Ini Calon Lawan Honda CB150X 2022 dari Suzuki, Pakai Basis GSX-150 Bandit? 01

Suzuki GSX-150 Bandit pas jadi basis untuk Suzuki V-Strom 150.

David sukses merancang Suzuki V-Strom 150 dengan sangat baik, dimensi motor menjulang tinggi. Memiliki garis bodi yang menyatu pada bagian shroud tangki hingga bawah lampu yang menjadi paruh bebek, sebagai ciri khas motor adventure.

Kemudian panel bodi samping menempel pada bagian bawah shroud untuk menutupi rangkanya, sekaligus memberikan kesan padat. Tak ketinggalan under cowl besar untuk melindungi bagian bawah mesin.

Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Bodi belakang Suzuki GSX-150 Bandit yang menyatu memang pas untuk dijadikan basis motor touring adventure. Sebagai pelengkap, behel belakang terintegrasi dengan dudukan untuk boks sudah langsung terpasang.

Kaki-kaki pun ditingkatkan kastanya dengan menggunakan suspensi depan upside down. Sementara suspensi belakang, desain pelek dan sistem pengereman masih mengandalkan spesifikasi yang sama dengan Suzuki GSX 150 Series lainnya.

Mesin 150 Cc DOHC Bertenaga

Ini Calon Lawan Honda CB150X 2022 dari Suzuki, Pakai Basis GSX-150 Bandit? 02

Mesin 150 cc DOHC Suzuki dikenal kuat.

Suzuki GSX 150 Series menggunakan basis mesin yang sama, yakni berkubikasi 147,3 cc, piston tunggal, DOHC 4 katup pendingin cairan. Yang andalkan piston berukuran 62 mm dan langkah piston 48,8 mm. Mesin berkarater over bore ini memiliki ciri khas putaran menengah sampai atas yang lebih kuat.

Output yang mampu dihasilkan mesin ini mencapai 19,1 PS @ 10.500 rpm, dengan torsi maksimal 14 Nm @ 9.000 rpm. Nafas mesin terasa tak ada putusnya, untuk riding jarak jauh dengan jalanan sepi motor ini sangat mengasyikkan.

Baca juga : Cocok Buat Sunmori, Harga Suzuki GSX-R150 Bekas lagi Terjun Bebas!

Desain Suzuki V-Strom 1050 XT 2022

Ini Calon Lawan Honda CB150X 2022 dari Suzuki, Pakai Basis GSX-150 Bandit? 03

Suzuki V-Strom 1050 dan V-Strom 1050 XT.

Sejatinya pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri sempat menjual Suzuki V-Strom 650 beberapa tahun lalu. Namun model terbarunya baik yang bermesin 650 cc atau 1050 cc tak dihadirkan oleh SIS untuk konsumen Indonesia.

Dari render Suzuki V-Strom 150 karya David bisa diambil kesimpulan, jika dirinya memanfaatkan desain dari Suzuki V-Strom 1050 XT. Cirinya adalah lampu depan persegi yang sudah menggunakan LED yang memberikan kesan tegas.

Baca juga : 3 Alasan Suzuki GSX-150 Bandit Bekas Lebih Layak Dipilih Ketimbang Yamaha Vixion

Ini Calon Lawan Honda CB150X 2022 dari Suzuki, Pakai Basis GSX-150 Bandit? 04

Suzuki V-Strom 250 dengan lampu bulatnya.

Kemudian di atas lampu diberikan windscreen berukuran tinggi untuk melindungi badan pengendara dari terpaan angin saat melaju cepat. Sebuah langkah yang tepat ketimbang mencomot desain dari Suzuki V-Strom 250 yang justru terlihat aneh, karena menggunakan lampu bulat.

Hanya saja apakah desain karya David ini akan menggugah Suzuki untuk meracik motor untuk berkompetisi dengan Honda CB150X 2022? Rasanya akan lama, karena Suzuki seperti bermain aman dengan hanya fokus menjual produk-produknya yang ada saat ini.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

Komentar