window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang!

Harry · 3 Jul, 2021 13:37

Ketika Anda memiliki dana Rp 80 jutaan, mengincar motor bermesin 250 cc, nyaman dikendarai dan canggih, baiknya Honda Forza 250 2021 jangan lupa untuk dimasukkan dalam daftar incaran.

Apalagi skutik ini juga baru awal tahun ini mendapatkan update yang terhitung signifikan, mulai dari desain, mesin dan teknologi yang diusungnya. Menarik?

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 01

Honda Forza 250 2021

Nah, mari ketahui lebih dulu fakta-fakta menarik dan pertanyaan yang sering ditanyakan terkait skutik satu ini. Supaya yakin kalau rekomendasi kami ini layak diperhitungkan.

Baca juga : Channel Youtube MotoFun Punya Video Baru, Bahas Detail Ubahan Honda Forza 250 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Mesinnya Baru?

Yes, Honda Forza 250 2021 menggunakan mesin baru berteknologi eSP+ sama seperti Honda PCX 160 2021. Mesin ini menggunakan tensioner rantai keteng hidrolis, ada piston oil jet, terdapat balancer juga untuk membuat kinerjanya halus.

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 01

Mesin eSP+ baru.

Karakter mesinnya juga berubah, dibuat over stroke dengan konfigurasi piston 67 mm dan langkah piston 70,7 mm. Beda jauh dari mesin model sebelumnya yang andalkan piston 68 mm dan langkah 68,5 mm.

Baca juga : Banderol Honda Forza 250 2021 Naik Rp 800 Ribuan, Fitur Ditingkatkan Demi Sikat Yamaha Xmax 250 2021!

Pendinginan mesin juga diklaim lebih baik karena posisi radiator yang tadinya berada tepat di depan mesin, kini dipindah di belakang roda depan. Pastinya supaya lebih mudah menangkap udara.

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 02

Tensioner rantai keteng hidrolis.

Windshield Otomatis!

Ini termasuk fitur yang banyak disukai orang-orang, naik-turun windshield cukup pencet tombol saja. Berasa punya Honda Goldwing yang harganya Rp 1 milyar lebih!

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 03

Windshield bisa naik lebih tinggi.

Pada update terakhir pergerakan windshield dibuat lebih tinggi 40 mm, supaya bisa menghalau angin lebih baik, saat melaju kencang. Pinion gear yang digunakan sebagai penggerak dibuat lebih panjang.

Baca juga : Intip Ubahan Mesin Honda Forza 250 2021, Ampuh Ungguli Yamaha Xmax 250 2021?

Tangkinya Kok Cuma Dikit Berubahnya?

Iya, sebenarnya ini imbas dari pindahnya radiator tadi. Karena posisi radiator pindah, ada celah kosong yang dimanfaatkan oleh Honda untuk menambah kapasitas tangki bahan bakarnya.

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 04

Beda tangki lama dan baru.

Kapasitas tangki hanya bertambah 0,2 liter saja, sehingga kapasitas total tangki bahan bakarnya kini menjadi 11,7 liter. Cukup besar, terlebih untuk penyuka touring, jadi tak sering-sering mampir SPBU.

Ada Fitur Emergency Stop Signal

Ini termasuk fitur keselamatan baru dari Honda Forza 250 2021. Emergency Stop Signal (ESS) berupa kedipan lampu sein dengan cepat, jika pengendara melakukan pengereman mendadak.

Baca juga : Tangki Bensin Tambah Besar, Honda Forza 250 2021 makin Irit?

Fitur ESS ini akan aktif ketika mendeteksi deselerasi lebih dari 6 meter / detik dan laju motor lebih dari 50 km/jam. Cara kerjanya terhubung dengan sensor ABS dan kecepatan.

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 05

Warna Honda Forza 250 2021.

Siapa Saja Kompetitornya?

Skutik 250 cc di Indonesia termasuk banyak pemainnya, dan persaingannya cukup ketat. Ada Yamaha Xmax 250 2021, Kymco X-Town 250i 2021, Kymco Downtown 250i 2021.

Baca juga : Honda Forza 250 2021 Kena Update, Teknologi Makin Canggih Harga Masih Rp 80 Jutaan

Jangan lupakan juga SYM GTS 250i 2021 dan Benelli Zafferano 2021. Rata-rata kompetitornya dirakit lokal dan ada pula yang CKD, namun Honda Forza 250 sendiri full CBU dari Thailand.

Kok Harganya Paling Mahal?

Ya memang faktanya seperti itu. Pertama karena motor ini berstatus CBU dari Thailand, tentu pajak yang dikenakan untuk skutik ini lebih mahal daripada motor yang dirakit lokal atau bahkan CKD.

Ini Fakta-Fakta Menarik Honda Forza 250 2021, Menggoda Buat Dibawa Pulang! 06

Honda Forza 250 2021 dijual Rp 80 jutaan.

Kemudian teknologinya terhitung lebih canggih dari para kompetitornya. Ingat, hanya Honda Forza 250 yang dibekali ESS dan windshield adjustable otomatis loh. Jadi harga Rp 84,645 juta on the road Jakarta rasanya wajar saja.

Spesifikasi Honda Forza 250 2021
Dimensi
P x L x T 2.142 x 750 x 1.360 mm
Sumbu Roda 1.510 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 186 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 67 x 70,7 mm
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Starter Elektrik
Tenaga Maksimal 23,1 PS @ 7.750 rpm
Torsi Maksimal 24 Nm @ 6.250 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
   
Harga Rp 84,645 juta
*harga on the road Jakarta

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });