window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic

Harry · 13 Nov, 2021 13:30

Pasar motor sport nasional harus diakui sudah tergerus oleh penjualan motor matic yang sangat dominan. Sekarang ini pabrikan motor justru berlomba-lomba merilis motor tanpa gigi dengan beragam model untuk menarik konsumen.

Tapi PT Astra Honda Motor (AHM) justru merilis Honda CB150X 2022 kemarin (12/11/2021). Ini merupakan keputusan yang terbilang nekat, mengingat pasar sedang menyukai segmen motor matic.

Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic 01

Kehadiran Honda CB150X tak ada yang menyangka.

Dan harus diakui, banyak yang kecele dengan kehadiran motor ini alih-alih Honda Vario 160 2022 atau malah Honda ADV 160 2022. Thomas Wijaya, Marketing Director AHM menjelaskan setidaknya ada tiga alasan kenapa AHM merilis motor ini.

1. Penjualan Stabil

Memang secara porsi kue penjualan motor nasional, segmen sport ini hanya tersisa enam persenan saja. Tapi menurutnya, kondisi dari tahun ke tahun sport ini secara volume relatif stabil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Kalo kita lihat, sport ini pasarnya jauh lebih luas. Ada di enry level, mid level dan high level. Penggunaannya juga berbeda, ada yang suka off road, naked, full fairing jadi differensiasi motor sport ini beragam," katanya.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), distribusi motor sport periode Januari-Oktober 2021 ini sebanyak 6,17 persen, dari total 3.761.407 unit yang terdistribusi secara nasional.

Baca juga : Honda CB150X 2022 Resmi Dirilis, Harga Mulai Rp 32 Juta Asyik Buat Touring

Malah jika dibandingkan data sepanjang tahun 2020, penjualan motor sport hanya enam persen saja. Melihat kenaikan ini, tak heran jika AHM berani melepas Honda CB150X 2022.

Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic 01

Tampak samping Honda CB150X.

2. Ada Konsumen Potensial

Sekarang ini untuk bisa memiliki motor sport touring adventure, paling kecil pasti bermesin 250 cc. Sebut saja beberapa diantaranya ada Honda CRF250 Rally, Benelli TRK251, Kawasaki Versys-X 250 dan pemain baru KTM 250 Adventure.

Semua motor tadi harganya Rp 50 juta lebih, mereka yang memiliki budget terbatas tentu akan mencari alternatif. Salah satunya dengan memodifikasi motor naked 150 cc menjadi bergaya-gaya touring adventure.

Baca juga : Ini Bedanya Honda CB150X 2022 Dengan CB150R Streetfire 2022, Suka yang Mana?

"Banyak konsumen yang modifikasi naked bike jadi bergaya adventure. Dari sini kita lihat ada potensi baru motor sport. Mereka ingin motor bergaya adventure tapi nyaman dan tangguh untuk eksplorasi jarak jauh," sambung Thomas.

3. Membuka Segmen Baru

Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic 02

Honda CB150X 2022 berbasikan Honda CB150R Streetfire.

Seperti yang sudah disebutkan, pasar motor sport touring adventure bermesin 150 cc belum ada yang bermain. Dan AHM akhirnya memberanikan diri membuka segmen baru ini.

Padahal banyak kata-kata orang di luar sana yang menyebut kalau Honda sukanya ikut-ikutan. Dalam artian, meramaikan segmen yang sudah diramaikan kompetitor terlebih dulu.

Namun dengan hasil seperti sosok Honda CB150X yang akhirnya muncul ini, rasanya tak salah jika berani membuka segmen baru. Bisa dikatakan, kompetitor juga akan berpikir dua kali sebelum ikutan meramaikan segmen ini.

Baca juga : Simak 5 Alasan Kenapa All New Honda CB150R Streetfire 2021 Layak Jadi Penghuni Garasi

Harga Masih Estimasi

Ini Tiga Alasan Honda Nekat Rilis CB150X 2022 Saat Pasar Sport Tergerus Matic 03

Distribusi akhir tahun dan sudah dipesan sejak sekarang.

Saat peluncuran, AHM menyebut harga jualnya Rp 32 sampai Rp 35 juta on the road Jakarta. Harga tersebut masih estimasi dan akan diumumkan pada bulan November mendatang.

"Konsumen yang berminat sudah bisa memesan mulai hari ini, dan distribusi konsumen akhir tahun. Harga pastinya akan kami umumkan segera bulan depan," pungkas Thomas.

Spesifikasi Honda CB150X 2022
DIMENSI
Dimensi (P x L x T) 2.031 x 796 x 1.309 mm
Jarak sumbu Roda 1.315 mm
Jarak terendah ke tanah 181 mm
Ketinggian tempat duduk 817 mm
Berat kosong 139 kg
RANGKA
Rangka Diamond Type, Steel
Suspensi depan Upside down, SFF-BP
Suspensi belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)
Ukuran Ban depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P (Tubeless)
Rem depan Cakram Hidrolik
Rem belakang Cakram Hidrolik
MESIN
Tipe mesin 4 Langkah, DOHC, 4 Katup
Tipe transmisi Manual, 6 Kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5-6
Sistem pendingin mesin Liquid Cooled with Auto fan
Diameter x langkah 57.3x 57.8 mm
Kapasitas Mesin 149.16 cc
Perbandingan kompresi 11.3 : 1
Daya maksimum TBC
Torsi maksimum TBC
Kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem pelumasan Wet
Starter Elektrik
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar 12 liter
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Pelumas Mesin 1.1 liter
KELISTRIKAN
Tipe Baterai MF Wet 12V 5Ah
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });