Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan!

Harry · 29 Jul, 2021 14:30

Kala dikenalkan akhir tahun 2020 lalu, Triumph Trident 660 2021 diklaim punya harga yang kompetitif. Bahkan rekan kami di Thailand yang telah menguji motor ini, mengatakan harganya memang terhitung terjangkau.

Di negeri gajah putih itu, motor roadster ini dilepas 313 ribu bath atau sekitar Rp 138,5 jutaan saja. Wajar jika harganya 'murah' karena motor ini diproduksi di Thailand untuk pasar global.

Baca juga : Asyik, Triumph Bakal Bikin Motor Murah, Harga Rp 30 Jutaan Mesin 200 Cc!

Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan! 01

Triumph Trident 660 2021 masih menunggu hadir di Indonesia.

Jika hadir di Indonesia motor ini akan bebas pajak impor berkat skema AFTA (Asean Free Trade Area). Wah menarik ya? Eits walau bebas pajak impor tapi tetap kena PPnBM kalau masuk Indonesia loh!

"Besarannya 125%, itu yang bikin kita masih atur strategi supaya motor ini bisa punya harga yang pas, karena bersinggungan sama merek Jepang langsung," ujar Yudi Yulianto, Director PT Garda Andalan Selaras, distributor Triumph di Indonesia beberapa waktu lalu.

Wah kalau sampai Indonesia harganya bisa dua kali lipat lebih dong? Hmmm...Daripada pusing-pusing, mending simak dulu deh apa yang ditawarkan Triumph Trident 660 ini, jadi kalian bisa kira-kira, harganya pantas atau kemahalan.

Ragam Teknologi Unggulan

Pada sesi peluncuran yang dilakukan secara online, berkali-kali pihak Triumph menyebut jika motor ini dijejali teknologi yang belum pernah ada atau juga lebih unggul dikelasnya saat ini. Maka mari kita absenin satu per satu.

Baca juga : Kupas Spesifikasi Triumph Street Twin 2021, Moge Yang Pas Buat Harian

Panel Meter

Walau ukurannya ringkas, informasi yang ditampilkan pada komponen berbentuk bulat itu sangat lengkap. Panel meternya sendiri udah full digital dengan layar TFT dan berwarna.

Isinya ada odometer, tripmeter, kecepatan rata-rata, jam digital, takometer, posisi gigi, spidometer, riding mode yang digunakan dan beragam pengaturan riding mode, bike setup, trip setup, display setup yang semuanya diatur lewat kontrol di setang kiri.

Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan! 01

Panel meter kecil tapi sudah digital dan informasinya lengkap.

Malah jika kalian mau nambah uang sedikit, tersedia piranti Bluetooth yang bisa menghubungkan motor dengan smartphone untuk menerima panggilan telepon, notifikasi hingga navigasi turn by turn.

Fungsi yang terakhir tadi memang sudah mulai banyak diterapkan oleh produsen-produsen motor, namun untuk kelas naked bike medium rasanya baru Triumph Trident 660 2021 ini yang memilikinya.

Baca juga : Bangun Pabrik Baru, Bajaj Siap Rakit KTM, Triumph dan Husqvarna Sekaligus

Lampu LED

Nampaknya sekarang ini kalau motor keluaran baru belum pakai lampu LED rasanya aneh. Maka Triumph membekali Trident 660 ini dengan lampu LED diseluruh bagiannya, lampu depan, lampu belakang dan lampu sein.

Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan! 02

Lampu-lampu sudah full LED.

Meski teknologi ini sudah umum digunakan, namun nyatanya dikelasnya masih ada yang belum pakai. Contohnya Yamaha MT-07 yang dijual di Indonesia, masih pakai lampu depan bohlam biasa.

Teknologi Mesin

Selain menggunakan mesin tiga silinder segaris yang jadi satu-satunya untuk kelas big bike medium, jantung mekanisnya juga dijejali sejumlah teknologi canggih. Apa saja ya?

Baca juga : Kenalkan Ini Triumph Rocket 3 GT, Motor Yang Punya Mesin Lebih Besar Dari Honda CR-V!

Tentunya ada fitur Assist & Slipper Clutch yang berfungsi membantu pengendara supaya tangan tak cepat pegal kala berkendara di dalam kota. Lalu komponen ini juga mampu mereduksi roda belakang terkunci karena efek engine brake yang terlalu kuat.

Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan! 03

Mesin tiga silinder inline jadi andalan motor ini.

Fitur Quick Shifter pun juga tersedia untuk Trident 660 ini meski sebagai opsional. Fungsinya sendiri membantu naik-turun gigi lebih cepat dan tanpa harus menarik tuas kopling.

Untuk mengatur buka tutup gas pun sudah menerapkan teknologi Ride by Wire. Tak heran jika motor ini bisa memiliki Riding Mode (Road & Rain) karena memang ada hubungannya dengan teknologi gas tanpa kabel tadi.

Baca juga : Triumph Indonesia Masih Pikir-Pikir Boyong Trident 660 2021, Kenapa?

Kaki-Kaki Istimewa

Triumph mengklaim kalau semua komponen yang terpasang itu yang terbaik, termasuk komponen kaki-kaki yang digunakan. Suspensi depan mengandalkan Showa SFF (Separate Function Fork) dengan diameter tabung 41 mm.

Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan! 04

Suspensi mendukung kelincahan manuver Triumph Trident 660.

Kemudian suspensi belakang monosok Showa RSU dengan setelan preload. Pengereman sudah cakram dikawal kaliper Nissin dan dilengkapi teknologi ABS (Anti-lock Braking System).

Kesimpulan

Kehadirannya telah ditunggu merek-merek asal Jepang seperti Yamaha MT-07 dan Honda CB650R Neo Sport Cafe. Melihat kelengkapan yang dimilikinya, Triumph Trident 660 ini masih bejaban dengan keduanya.

Baca juga : Triumph Trident 660 2021 Pakai Mesin 3 Silinder, Apa Hebatnya?

Intip Daftar Teknologi Canggih Triumph Trident 660 2021, Moge Rp 130 Jutaan! 05

Triumph Trident pendatang baru kelas big bike medium.

Hanya saja persoalan harga menjadi kendala utama, pasalnya pada segmen ini jika harganya tidak kompetitif maka akan sulit mendapatkan volume penjualan. Ya semoga saja kehadirannya tak akan lama lagi di Indonesia.

Spesifikasi Triumph Trident 660 2021
Mesin
Tipe 4-tak, 3 silinder inline
Kapasitas 660 cc
Diameter x Langkah 724 x 51,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi 
Transmisi Manual 6-speed
Tenaga Maksimal 81 PS @12.500 rpm
Torsi Maksimal 64 Nm @6.250 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Tubular steel
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Monosok
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Tinggi jok  805 mm
Sumbu Roda 1.407 mm
Berat 189 kg

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

Komentar