Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level

Harry · 24 Nov, 2021 17:30

Kawasaki Ninja 250R alias Ninja 250 Karbu, banyak disebut menjadi pelopor motor sport 250 cc di Indonesia, setelah kemunculannya pertama kali tahun 2008, dengan nama asli EX 250. Motor ini disebut Ninja 250 yang paling membekas dihati konsumen Indonesia.

Kala itu pabrikan motor masih belum berani menjual motor sport full fairing, dan lebih fokus pada motor sport naked yang nyaman dipakai harian, seperti Yamaha Scorpio atau Honda Tiger. Padahal peluang sport 250 cc terbuka lebar.

Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level 01

Harga murah bisa punya sport 250 cc dua silinder.

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun berani membuka jalan, dengan merilis motor ini kepasaran dan langsung meledak. Penjualannya sukses, harga jual yang kala itu diangka Rp 40 jutaan, membuat banyak orang tertarik dan membelinya.

Suara khas mesin dua silinder segaris, seakan-akan menjadi pelepas dahaga penggemar motor Tanah Air yang rindu motor bermesin besar, dan dijual resmi. Maklum, kala itu jika ingin memiliki motor yang agak besar, sangat sulit dan harus membeli lewat importir umum.

Baca juga : Suzuki Gixxer SF 250 2022 Lebih Mahal Dari Kawasaki Ninja 250SL, Apa Saja Keunggulannya?

Harga Kawasaki Ninja 250 Karburator Dari Rp 18 Jutaan

Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level 01

Penjualannya meledak kala rilis tahun 2008 lalu.

Kiprahnya pun harus digantikan model terbaru pada tahun 2013, yang menawarkan mesin lebih kuat dengan sistem bahan bakar injeksi. Meski begitu, Kawasaki Ninja 250 generasi pertama tak begitu saja dilupakan, unit bekasnya masih dicari meski sudah ada versi barunya.

Kini dengan usia produksi yang lebih dari 10 tahun, harga bekas Kawasaki Ninja 250 generasi awal ini sudah sangat terjangkau. Bahkan ada yang hanya melepas dengan nominal belasan juta saja. Ya kini harganya setara motor matic entry level macam Honda Genio 2022 atau Yamaha Gear 125 nih.

Baca juga : Adu Performa CF Moto 250 SR 2022 VS Kawasaki Ninja RR Mono, Pemain Lama Masih Unggul!

Dari pantauan kami pada situs jual beli online, harganya berada direntang Rp 18 jutaan sampai Rp 25 jutaan. Itu tergantung kondisi dan lokasi penjual pastinya. Tahun produksi tak lagi berpengaruh pada harga jual yang ditawarkan.

Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level 02

Posisi berkendara relatif aman untuk rata-rata postur orang Indonesia.

Hanya saja populasi motor ini di kota-kota besar mulai berkurang, banyak yang tergeser ke wilayah-wilayah kota kecil. Ada pula yang sudah dimodifikasi total menjadi bergaya cruiser atau bahkan jap's style. Jadi kalian harus sabar jika berburu unit bekasnya.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 Karburator

Secara bentuk, Kawasaki Ninja 250R menawarkan desain bodi sporty, dengan lekukan bodi yang khas. Meski begitu, sosoknya pun nampak berisi terutama pada bagian fairing dan bodi depannya. Fascianya pun masih ringkas karena pakai lampu tunggal dengan dua bohlam.

Baca juga : Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Merah-Putih Siap Dikirim, Sambut HUT Kemerdekaan RI

Panel meternya analog dengan tiga buah konsol terpisah dengan latar putih, dan jarum orange. Buritannya pun meninggi dengan jok model terpisah yang memberikan kesan sporty.

Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level 03

Panel meter analog dengan latar putih.

Secara feeling mengendarai motor ini memang terasa lebar pada bagian depannnya. Ukuran panjangnya 2.085 mm, lebar 715 mm dan tinggi 1.115 mm. Tinggi jok 775 mm bukan perkara sulit untuk rata-rata postur orang Indonesia.

Area kaki-kaki bisa dikatakan masih tradisional, suspensi depan teleskopik dan belakang monosok. Rem sudah pakai cakram pada kedua roda, tapi tanpda sokongan teknologi ABS. Ukuran ban depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17.

Baca juga : Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap

Spesifikasi mesinnya 4-tak, dua silinder inline, DOHC 8 katup pendingin cairan, 249 cc. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 31,8 PS di 11.000 rpm serta torsi sebesar 20 Nm tersaji pada putaran mesin 9.500 rpm.

Penyakit Khas Kawasaki Ninja 250 Karburator

Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level 04

Mesin masih pakai karburator rawan bensin banjir.

Sebelum berburu Kawasaki Ninja 250R impian, baiknya ketahui dulu ragam penyakit khasnya. Tenang, kerusakaan yang dialaminya pun terhitung wajar dan tergantung perawatan pemilik sebelumnnya, dan pastinya bisa diatasi dengan mudah.

Misalnya bensin yang boros diikuti suara letupan pada knalpot, ini menandakan suplai bahan bakar tak normal. Maklum masih pakai karburator, jadi semuanya diatur secara mekanis, bukan elektronik seperti halnya injeksi.

Baca juga : Kawasaki Ninja 250 2021 Lebih Responsif Hanya Ganti Busi, Kok Bisa?

Solusinya bisa diservis dan setel tingkat kevakuman karburator kiri dan kanan agar seimbang. Gejala ini juga bisa terjadi akibat sering memutar tuas gas saat motor dalam kondisi mati. Busi yang kebanjiran juga bisa jadi sebab lainnya. Ini diakibatkan jarum pelampung karburator sudah afkir.

Intip Harga Bekas Kawasaki Ninja 250 Karburator, Pelopor Sport 250 Seharga Matic Entry Level 05

Modal Rp 20 jutaan bisa dapat sport 250 cc dua silinder.

Berikutnya ada air yang menerobos masuk tangki bahan bakar, ya sudah jadi penyakit khas motor sport. Ini karena karet sil penutup tangki sudah getas sehingga tak mampu lagi menyekat air dengan baik.

Sport 250 Cc Low Budget

Dengan harga bekas yang sudah setara matic entry level keluaran baru, kalian bisa bergaya dengan motor sport 250 cc meski keluaran lawas. Ingat, motor ini tetaplah sebuah Ninja yang punya nama kuat dan disukai siapa pun.

Kalian bisa merasakan kinerja mesin dua silinder segaris dengan suaranya yang khas, dan juga performa yang memuaskan untuk ukuran motor seusianya. Tapi jangan lupa perhatikan kondisi dan siapkan budget cadangan untuk melakukan servis supaya aman saat dipakai ya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

Komentar